Proses pencarian IT developer terbaik yang dapat mengembangkan sektor digital banking dalam Finhacks 2017 akan dilakukan dengan berbagai cara. Mini Finhacks adalah salah satunya, di mana BCA dan DailySocial akan mampir ke empat kota di Indonesia, agar dapat secara langsung bertatap muka dengan talenta-talenta IT terbaik Tanah Air.

Menariknya, Mini Finhacks lebih dari ajang ‘silaturahmi’ dengan pelaku dunia fintech dan pengembangan aplikasi saja; kegiatan ‘pemanasan’ Finhacks ini juga menjadi tempat berbagi insight, pembuktian kemampuan inovasi, dan wadah untuk mendapatkan tiket emas menuju Finhacks 2017 dengan tema #Codescape.

Seperti apa keseruan yang akan terjadi? Here you go!

Sprint Coding

Seperti namanya, Mini Finhacks adalah versi ‘kecil’ dari hackathon; Mini Finhacks menyambangi tiga kota Indonesia dengan konsep sprint coding yang berlangsung selama tiga jam.

Secara prinsip, sprint coding hampir mirip dengan hackathon, yakni menjadi ajang kompetisi untuk mengembangkan aplikasi. Yang membedakan ialah, di sprint coding, kecepatan menjadi salah satu poin penilaian.

Tapi yang cepat belum tentu yang dapat, karena kemampuan aplikasi menjadi solusi permasalahan juga merupakan salah satu poin nilai lainnya.

Dibuka dengan talkshow

Biarpun konsepnya perlombaan coding, tapi Mini Finhacks tetap memberikan insight-insight menarik kepada para pesertanya. Ilmu ini disajikan di dalam talkshow yang menjadi ‘appetizer‘ dari acara sprint coding.

Membuka pertandingan di Mini Finhacks, talkshow tersebut akan diisi oleh para pakar di dunia perbankan, teknologi, dan local heroes dari kancah startup di setiap kota.

Mereka semua akan mengajak para atlet sprint coding untuk ‘pemanasan’ dengan berbincang santai mengenai isu-isu digital banking melalui tema-tema “Practical Approach on Favorable Digital Banking Product” untuk Mini Finhacks Surabaya, “Developing Favoured Digital Banking Product” untuk Mini Finhacks Yogyakarta, dan “Create Your Own Digital Bank” untuk Mini Finhacks Bandung.

Golden ticket

Di setiap Mini Finhacks, para peserta ditantang memecahkan masalah yang telah disiapkan panitia sebelumnya, selain berpeluang bawa pulang hadiah dengan nilai total Rp 20 juta – lima tim terbaik secara otomatis akan menerima golden ticket ajang utama Finhacks 2017, sehingga berkesempatan meraih jumlah hadiah yang lebih besar lagi.

Beda kota, beda inovasi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, saat sprint coding, peserta akan diminta menghadirkan inovasi yang menjawab sebuah permasalahan. Menariknya, setiap kota punya permasalahannya masing-masing untuk dipecahkan.

Nah, seperti apa tantangan Mini Finhacks yang ada di kotamu? Siapkah kamu menjawabnya?

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial hasil kerja sama BCA dan DailySocial sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Finhacks 2017.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.