5 Bahaya Pinjaman Online Ilegal

Kamu sedang kesulitan finansial? Jangan mudah tergiur dengan pinjaman online digital. Berikut informasinya.

Saat kamu merasa terdesak dan membutuhkan uang dalam waktu cepat, pasti terbesit sekilas dalam pikiranmu untuk meminjam uang melalui aplikasi pinjaman online.

Walau prosesnya mudah dan cepat, kamu harus berhati-hati dan selektif dalam memilih jasa pinjaman online, paling tidak kamu pastikan bahwa penyedia layanan pinjaman uang online sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar terjamin aman.

Jangan sampai kamu terbelit utang dan terjebak dengan mudah oleh pinjaman online ilegal. Berikut informasi bahaya pinjaman online ilegal.

Bunga Pinjaman Besar

Berbeda dengan pinjaman online terpercaya dan diawasi oleh OJK, pinjaman online ilegal cenderung menawarkan bunga yang besar dalam waktu singkat. Padahal, Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPBI) sudah menetapkan besaran bunga yaitu sebesar 0,8% per hari. Namun, pinjaman online ilegal bisa menetapkan bunga yang terbilang tinggi tanpa adanya transparansi yang jelas. Jika kamu terpaksa memilih untuk mengajukan pinjaman uang melalui aplikasi online, pertimbangkan besaran bunga dengan kemampuanmu membayar utang, agar tidak terjerat bunga tersebut. Belum lagi kamu diharuskan membayar biaya denda apabila terjadi keterlambatan dalam melakukan pembayaran utang.

Bahaya Teror

Kalau kamu tidak melakukan pembayaran pinjaman online ilegal ini dengan lancar, dampak yang kamu terima biasanya akan diteror oleh debt-collector untuk menagih utangmu. Bahkan, kerabat dekat seperti, keluarga dan temanmu bisa diteror agar kamu melunasi utang pinjaman online. Mengingat, bukan tidak mungkin segala cara akan dilakukan oleh pinjaman online ilegal ini.

Kebocoran Data

Biasanya, peminjam uang harus memberikan akses data pribadinya kepada aplikasi pinjaman ilegal. Nah, di sinilah data pribadimu dapat diakses. Informasi serta data pribadimu bisa diretas oleh aplikasi pinjaman online ilegal ini. Termasuk informasi data seseorang yang kamu jadikan jaminan pinjaman online.

Menyebabkan Depresi

Jika utangmu terus dibiarkan menumpuk dengan kewajiban membayar bunga dan denda yang terbilang besar, kemungkinan kamu akan terus menerus dihantui oleh rasa takut hingga kamu tidak bisa tidur dengan tenang. Bahkan, tak sedikit orang menjadi depresi karena diteror saat terbelit utang.

Tidak Memiliki Izin

Nah, karena ilegal dan tidak memiliki izin biasanya pinjaman online ini bisa melakukan apapun saat proses penagihan utang. Bisa melakukan teror hingga intimidasi, sehingga membuat si peminjam merasa tertekan bahkan tak sedikit memilih untuk meregang nyawa.

Kamu harus pintar-pintar memilih aplikasi pinjaman uang online, pastikan legal dan diawasi oleh OJK agar keamanannya terjamin, ya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again