Categories

Gadget

5 Fakta "Rahasia" Nexus 6P dan Nexus 5X

Bambang Winarso - 1 October 2015

Google kemarin malam sudah resmi memperkenalkan dua jagoan baru dari lini Nexus, yaitu Nexus 6P dan Nexus 5X. Masing-masing dibangun bersama Huawei dan LG. Dalam event tersebut Google juga sudah membeberkan banyak hal terkait keduanya, tapi itu belum semua.

Semalam dalam acara Reddit AMA via Slashgear, pentolan Google seperti Hiroshi Lockheimer, David Burke, Krishna Kumar, dan Sandeep Waraich bercerita banyak soal Nexus. Beberapa fitur ternyata belum dijelaskan oleh Google di hari peluncuran. Nah, di kesempatan ini TRL ingin mengulas kembali perbincanga mereka terkait beberapa fakta Nexus yang tidak diungkap oleh Google sebelumnya.

Kamera Sama Kemampuan Beda

Fakta pertama yang terungkap adalah penggunaan hardware kamera yang ternyata sama, baik oleh Huawei maupun LG. David Burke mengatakan sensor yang digunakan sama-sama IMX377 dan optik F/2.0, tapi Nexus 6P punya daya gedor dan grafis yang lebih oke sehingga otomatis ia bisa menangani fitur-fitur seperti slowmotion di 240fps, smartburst dan EIS. Sementara Nexus 5X tidak.

Info Menarik:Sejago Apa Kamera Huawei Nexus 6P? Berikut Sampelnya

Fitur Pengganti OIS

Tak disangkal, Nexus 6P dan 5X punya kamera yang bisa diandalkan untuk berbagai keperluan. Tapi ada satu kelemahan yang paling dipertanyakan, mengapa tidak ada fitur OIS yang dianggap sebagai fitur terbarik dalam mengeliminasi getaran?

Burke memberikan empat kelebihan teknologi yang ada di Nexus untuk menangkis pertanyaan tersebut sekaligus menekankan bahwa kamera Nexus sudah punya teknologi sebaik OIS.

Antara lain, sensor kamera sebesar 1,55 micron piksel yang diklaim mampu mengeliminasi blur yang diakibat oleh guncangan. Lucky shot juga dirancang untuk memberi hasil bidikan terbaik, lalu kemampuan optic yang digodok agar bekerja optimal saat merekam video dan tambahan teknologi SmartBurst.

Prosedur Keamanan Sidik Jari Tingkat Tinggi

Tambahan lain yang cukup menggembirakan adalah sensor sidik jari yang menjadi pintu gerbang akses utama pengguna ke perangkat. Burke menjelaskan bagaimana sistem ini bekerja menggunakan kemampuan baru Android 6.0 Marshmallow.

Menurutnya, sidik jari diproses dan dienkripsi hanya di perangkat. Data tersebut kemudian disimpan di zona aman dalam memori di mana API Android Marshmallow tidak akan mengizinkan akses aplikasi apapun. Data sidik jari tidak akan sesekali dikirim keluar atau dibagikan ke Google.

Memori Rendah Agar Lebih Terjangkau

Seperti yang sudah dibahas di berita lalu, kedua Nexus masih menawarkan memori seluas 16GB yang dianggap terlalu rendah untuk ukuran smartphone modern. Tapi Krishna Kumar berkilah pihaknya ingin agar Nexus tetap terjangkau bagi pembeli di samping tetap menawarkan opsi yang lebih premium lewat varian bermemori lega. Lantas Hiroshi Lockheimer menimpali, “kalau kurang lega, silahkan pakai cloud!

Info Menarik:Asus Perkuat Kembali Cengkeraman RoG di Indonesia, G752 Turut Menampakkan Diri

Ada “Nyawa” Samsung di Nexus 6P

Kita sudah sering menemukan perangkat yang dibangun dengan komponen yang berasal dari beberapa perusahaan, jadi tak mengejutkan jika ada komponen Samsung di perangkat Nexus. Waraich sendiri mengakuinya, “Nexus 6P menggunakan panel layar WQHD buatan Samsung dan semoga Anda menyukainya.”

Apple pun melakukan hal serupa, mereka memasok layar beberapa perangkatnya dari Samsung, terkadang LG pun ikut dapat bagian. Jadi ini bukan masalah besar.

Sumber gambar header Google.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter