MSME Tutorial

5 Fitur Tokopedia yang Bisa Dipakai untuk Memaksimalkan Lapak Jualan

Tokopedia di tahun 2021 lalu meluncurkan sejumlah inisiasi yang sengaja dipersiapkan untuk membantu daya saing UKM khususnya pelaku lokal. Beberapa di antaranya yang cukup mencolok adalah Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Bersebelas #MelangkahBareng dan Tokopedia Fashion Week.

Perhatian serius Tokopedia terhadap perkembangan iklim usaha di tanah air juga dibarengi dengan dukungan solusi dari sisi teknologinya. Dalam rilis resmi yang diterima oleh Trikinet, Tokopedia membeberkan beberapa fitur di platform-nya yang dapat dioptimalkan oleh pelaku usaha dalam menjajakan produk.

Tombol ‘Balas’ Jalan Pintas Balas Pesan

Peningkatan kualitas layanan tentu jadi perhatian banyak pelaku usaha. Guna menjawab kebutuhan ini, Tokopedia menyediakan sebuah fitur Balas yang memungkinkan penjual membalas pesan yang muncul di notifikasi, tanpa membuka aplikasi Tokopedia.

Head of Engineering Tokopedia, Rico Harisin menjelaskan bahwa kecepatan membalas pesan menjadi salah satu parameter untuk mengukur skor performa toko penjual, “Semakin tinggi skor toko, penjual bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan, seperti bonus eksklusif, akses mencoba fitur baru hingga kesempatan spesial mengikuti beragam kampanye supaya jualan semakin laris manis.”

Koneksi Hilang? Tidak Perlu Tulis Deskripsi Ulang

Aplikasi Tokopedia akan secara otomatis menyimpan informasi terakhir saat penjual menambahkan produk, seperti deskripsi atau foto produk yang ingin dijual. “Jadi jika ada kendala koneksi, penjual tidak perlu repot memasukkan informasi ulang,” kata Rico.

Cetak Label Pengiriman dari Genggaman Tangan

“Penjual di Tokopedia juga bisa menggunakan fitur ‘Print Shipping Label’ untuk mencetak label alamat pengiriman langsung melalui aplikasi, tanpa harus membuka komputer,” tambah Rico.

Tutorial terkait label dan resi bisa Anda pelajari di artikel ini: Sudah Tahu Cara Cetak Resi Tokopedia? Yuk Ikuti Langkah-Langkahnya!

Perluas Wawasan Pasar

Dengan fitur ‘Wawasan Pasar’ di Tokopedia, penjual bisa mendapat berbagai informasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis. 

“Fitur ini memungkinkan penjual melihat kata kunci yang paling sering digunakan pembeli, produk terlaris, rekomendasi kategori sampai inspirasi tren produk sehingga dapat menghadirkan inovasi yang relevan dan strategi promosi yang lebih efektif serta efisien,” tambah Rico.

Gaet Makin Banyak Pembeli dengan Voucher Toko

Voucher Toko adalah sebuah fitur gratis dari Tokopedia dimana penjual dapat membuat promonya sendiri. “Dengan fitur ini, penjual bisa dengan bebas menentukan periode, anggaran dan jenis promo yang diinginkan supaya bisa menggaet lebih banyak pembeli,” jelas Rico.

Ketersediaan voucher diskon memang menjadi salah satu solusi yang cukup ampuh untuk menarik perhatian konsumen. Membuat voucher di Tokopedia juga cukup mudah, baca di sini untuk panduannya.

Tokopedia Paling Banyak Diakses

Bicara fitur, tentu ini menjadi salah satu bagian dalam strategi yang telah dicanangkan oleh platform guna memaksimalkan potensi industri ini. Misalnya, Shopee dan Lazada memberikan fitur games dan live streaming di platform masing-masing. Baik Shopee dan Lazada agresif menngenjot promo ‘tanggal cantik’ seperti 9.9, 10.10, mengikuti bentuk promosi 11.11 yang diperkenalkan oleh Alibaba.

Tokopedia juga bukan platform yang alergi dengan program promo. Tak berbeda dengan kompetitornya, Tokopedia punya berbagai penawaran promo, dari cashback, bebas ongkos kirim dan juga undian berhadiah. Kemudian demi kemudahan juga dikedepankan.

Menurut data SimilarWeb pada kuartal I 2021, Tokopedia menjadi platform marketplace yang paling banyak diakses di internet. Tokopedia tercatat memiliki jumlah kunjungan bulanan mencapai 126,4 juta dan unique visitor bulanan mencapai 38,93 juta.

Shopee mengejar di peringkat kedua dengan 117 juta kunjungan bulanan dan 35,74 juta unique visitor selama kuartal I 2021. Sementara itu, Bukalapak, Lazada dan Blibli secara berurutan mengisi peringkat 5 besar platform e-commerce di Indonesia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again