1. Entrepreneur

7 Fitur Unggulan dari Chipset MediaTek Helio G95

Pada bulan September 2020 lalu, MediaTek mengumumkan chipset kelas menengah yang dirancang untuk smartphone gaming4G premium, yakni Helio G95. Menurut Dr. Yenchi Lee, Deputy General Manager MediaTek, terdapat tujuh fitur unggulan yang ditawarkan oleh MediaTek Helio G95, termasuk penggunaan CPU powerful Arm Cortex-A76 dengan teknologi game MediaTek HyperEngine, Resolusi Super AI untuk untuk streaming video dan tele-konferensi, dan lainnya.

1. Dua Inti Arm Cortex-A76

SoC ini dibuat dengan proses pabrikasi 12 nm oleh TSMC dan mengemas CPU octa-core. Terdiri dari dua inti Arm Cortex-A76 'besar' dengan kecepatan 2GHz dan enam inti Cortex-A55 1,8GHz, bersama GPU quad-core Arm Mali-G76 900MHz. Meningkat 5% dalam skor benchmark CPU AnTutu dan hingga 8% dalam benchmark GPU Manhattan 3.0 dibandin pendahulunya.

Selain itu, chipset ini didukung teknologi game MediaTek HyperEngine yang menggunakan empat "mesin". Mencakup jaringan, respons cepat tampilan dan layar sentuh, manajemen sumber daya, dan kualitas gambar. Dikombinasikan dengan penyimpanan UFS 2.1 dan RAM LPDDR4X 2133MHz.

2. Resolusi Super AI

Selanjutnya ialah fitur baru yang diluncurkan bersama Helio G95, yaitu Resolusi Super AI. Pembuat aplikasi dapat memanfaatkan kekuatan Unit Pemrosesan AI MediaTek (APU) terintegrasi untuk memanfaatkan teknologi Resolusi Super AI untuk streaming video dan tele-konferensi.

Lewat fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming video hanya dengan resolusi 360p, sehingga dapat menghemat kuota internet. Dengan menggunakan APU, video kemudian ditingkatkan secara cerdas ke resolusi HD (720p) secara real-time tanpa perbedaan kualitas yang terlihat. Sangat membantu bagi pengguna yang bekerja atau sekolah dari rumah dan harus sering mengikut video conference.

3. MediaTek MiraVision

Ketiga, Helio G95 mampu meningkatkan tampilan dan pemutaran video dengan fitur MediaTek MiraVision yang secara otomatis menyesuaikan berbagai faktor tampilan berdasarkan apa yang sedang ditonton. Untuk konten video HDR yang dikodekan dengan HDR10 dan HDR10+, MediaTek MiraVision menawarkan dua teknologi, yaitu konten HDR10 menggunakan metadata 'statis' dan MediaTek MiraVision untuk menganalisis aliran video dan mengubahnya menjadi metadata dinamis secara real-time, meningkatkan kualitas untuk mendekati HDR10 + asli.

MediaTek MiraVision bahkan dapat meningkatkan konten HDR10+ terbaru. Ini melakukan 'pemetaan nada lokal' sub-frame secara real-time untuk mempertahankan lebih banyak detail dan kontras di setiap adegan, dan meningkatkan kualitas gambar.

4. Wake-up Word

Fitur unggulan keempat adalah "wake-up word" independen untuk mengaktifkan berbagai asisten virtual seperti Google Assistant dan Amazon Alexa. Helio G95 dapat mendengarkan kata-kata yang dibuat secara independen dengan menggunakan perangkat keras dalam chip yang dirancang khusus, yang diuntungkan dengan menghemat daya dan memperpanjang masa pakai baterai.

5. Koneksi 4G LTE Cat-12

Soal konektivitas, SoC ini mengandalkan modem 4G LTE Cat-12 yang menyuguhkan kecepatan unduh yang hingga 600Mbit per detik. Serta, mengusung fitur konektivitas seperti 3x CA, antena 4x4 MIMO, 256QAM, eMBMS global, dan HPUE. MediaTek juga menambahkan teknologi pengalihan antena TAS 2.0 yang secara otomatis memantau dan menyesuaikan antena yang digunakan di sekitar telepon untuk mempertahankan koneksi dengan penggunaan daya rendah, sehingga memperpanjang masa pakai baterai.

6.Dual SIM 4G

Dual 4G SIM adalah fitur penting di banyak pasar yang menyediakan layanan data VoLTE dan 4G dari kedua koneksi, menawarkan pengalaman pengguna yang efisien terlepas dari SIM yang digunakan. Layanan VoLTE dan ViLTE lebih disukai daripada panggilan tradisional karena memberikan kualitas panggilan yang sangat baik dan pengalaman video langsung, dengan waktu pengaturan panggilan yang lebih cepat dan kualitas suara yang lebih baik secara nyata.

7. AI-Camera Hingga 64MP

Terakhir adalah AI-Camera hingga 64MP. Smartphone yang ditenagai Helio G95 dapat mengadopsi berbagai desain multi-kamera menggunakan berbagai lensa dan opsi sensor. Termasuk hingga kamera 64MP yang besar atau menggunakan teknologi quad-pixel dengan fitur-fitur canggih seperti pengurangan noisemulti-frame (MFNR) untuk mengambil bidikan malam berkualitas. Mesin kedalaman perangkat keras terintegrasi memberikan pratinjau bokeh real-time yang halus untuk foto potret. Video dapat direkam menggunakan format HEVC dan mendukung perekaman video frame rate tinggi hingga 240fps.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again