Categories

Gadget

Alcatel Flash 2 Diungkap, Sekali Lagi Tonjolkan Performa Kameranya

Glenn Kaonang - 22 September 2015

Reputasi Alcatel di kancah smartphone mungkin tidak setenar dulu, tepatnya di zaman feature phone masih berjaya. Namun hal itu tidak mencegah pabrikan asal Perancis tersebut menekuni industri yang sejauh ini masih dikuasai nama-nama besar seperti Apple dan Samsung.

Berawal dari pertengahan tahun lalu, Alcatel memperkenalkan lini smartphone terbaru bernama Alcatel Flash dengan pendekatan yang cukup unik, yaitu penjualan eksklusif secara online. Lini ini terus berlanjut sampai ke model berikutnya, yakni Alcatel Flash Plus yang singgah ke tanah air bulan Mei kemarin.

Kiprah Alcatel Flash Plus sendiri terbukti cukup sukses. Selama pemasarannya berlangsung, Flash Plus berhasil mencatatkan rata-rata 100 unit terjual setiap menitnya. Rahasianya? Smartphone ini mengedepankan keseimbangan antara performa kamera dan harga yang amat terjangkau.

Info menarik: Alcatel Pamerkan Tablet Jumbo Berlayar 17,3 Inci

Kini Alcatel kembali hadir dengan penerus Alcatel Flash. Didapuk Alcatel Flash 2, smartphone ini menjanjikan kualitas kamera di atas rata-rata. Kamera belakangnya mengemas sensor 13 megapixel berteknologi ISOCELL yang dirancang oleh Samsung, plus teknologi phase detection autofocus, lensa f/2.0 dan LED flashdual-tone.

Di atas kertas, spesifikasi kamera belakang ini biasanya hanya bisa didapat di smartphone-smartphoneflagship saja, apalagi ditambah kehadiran tombol shutter terpisah yang terletak di sisi bodi.

Seperti pendahulunya, Flash 2 turut mengedepankan fitur selfie. Di sini, Alcatel membekalinya dengan kamera depan 5 megapixel dan lensa f/2.2. Mengapa hanya 5 megapixel? Karena ukuran penampang sensornya membesar menjadi 1/4 inci. Hal ini secara langsung mengindikasikan bahwa kualitas gambar yang dihasilkan pada kondisi minim cahaya akan lebih baik dibanding smartphone lain atau Flash Plus yang mempunyai kamera depan 8 megapixel.

Tentu saja, mengacu pada namanya, kamera depan Flash 2 turut didampingi sebuah LED flash. Perpaduan semua komponen ini membuat Alcatel cukup percaya diri menjuluki sebagai kamera Profie, alias selfie kelas profesional.

Info menarik: LG Class Resmi Diungkap, Usung Bodi Logam yang Amat Tipis

Oke, sejauh ini Flash 2 terdengar cukup mengesankan di sektor fotografi, namun bagaimana dengan performanya secara keseluruhan? Untuk itu, Alcatel melengkapinya dengan chipset buatan Mediatek yang mengemas prosesor octa-core 1,3 GHz 64-bit, RAM 2 GB dan storage internal 16 GB – plus dukungan microSD sebesar 128 GB, yang bisa dibeli secara terpisah. Semuanya dikemas dalam rangka bodi berkontur yang diklaim ideal untuk segala ukuran tangan.

Di bagian depan, Anda akan disambut oleh layar IPS 5 inci beresolusi 1280 x 720. Sekali lagi, ukuran layar ini dipilih agar Flash 2 tetap terasa ringkas dan nyaman di dalam genggaman, terutama berkat bentuknya yang sedikit melengkung di bagian belakang. Soal konektivitas, Flash 2 mengusung slot kartu SIM ganda yang keduanya sudah kompatibel dengan jaringan 4G/LTE.

Menilik software-nya, Alcatel Flash 2 rupanya telah menjalankan sistem operasi Android 5.1 Lollipop. Kombinasi hardware dan software yang matang tentu saja akan memberikan performa yang optimal, terlebih didukung oleh baterai berdaya 3.000 mAh.

Hal lain yang juga menarik untuk diketahui adalah kehadiran ring berwarna hijau yang mengitari kamera belakang Flash 2. Bagian tersebut rupanya merupakan simbol dari perubahan filosofi lini Alcatel Flash, yang sebelumnya diwakili oleh warna biru. Warna hijau dinilai mampu memberikan kesan yang lebih segar dan alami (desain Flash 2 yang ringkas dan ergonomis), serta penuh energi (performa kameranya yang di atas rata-rata).

Info menarik: Samsung Galaxy A8 Tiba di Indonesia untuk Meminang Hati Konsumen Muda

Selebihnya, terutama soal harga, kita masih harus menunggu event yang akan diadakan Alcatel di Jakarta pada tanggal 29 September mendatang – TRL pasti akan menghadirinya. Flash 2 pun juga akan dipasarkan secara eksklusif lewat Lazada seperti pendahulunya.

Untuk sekarang, kita bisa lebih dulu menikmati contoh hasil foto kamera belakang Alcatel Flash 2 di bawah ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter