1 September 2014

by Yoga Wisesa

Alienware Area-51 Terbaru Ialah Gaming PC Dengan Desain Paling Radikal

Dalam beberapa tahun terakhir, Alienware sudah memperkenalkan berbagai PC dengan rancangan ekstrim. Jauh sebelum ide Steam Machine diungkap, Alienware telah memasarkan X-51 sebagai 'PC rasa home console'. Mereka terus merevolusi desain, dan inkarnasi terakhir dari seri Area-51 mungkin bisa membuat mulut Anda menganga.

Dipamerkan dalam ajang Penny Arcade Expo kedua tahun ini, PAX Prime, Alienware Area-51 merupakan perombakan besar-besaran terhadap gaming PC. Alienware meninggalkan rancangan casing 'balok' standar dan mengusung bentuk menyerupai segitiga - mereka menyebutnya dengan istilah triad. Menariknya, penampilan tak biasa Area-51 bukan hanya ditujukan untuk sekedar mencuri perhatian.

Ada dua buah prinsip yang dipegang Alienware dalam mercaik Area-51 terbaru: desain ergonomik terbaik dan sistem pengelolaan panas optimal. Anda bisa membuka panel di bagian depannya untuk mengakses hardware tanpa kesulitan saat ingin mengganti atau meng-upgrade komponen. Penampilan ini juga memberi pengguna akses mudah ke bagian port dan optical drive.

Dengan desain segitiga, Anda bisa meletakkan Area-51 dimanapun tanpa merasa khawatir menutup sirkulasi udara. Sistem fan di dalam menghisap udara dingin dari satu sisi dan mengeluarkan udara panas dari sisi lainnya.

 

Info menarik: Ini Dia 5 Mini PC Dengan Fitur, Kemampuan dan Penampilan Unik

 

Aliran udara ditujukan secara maksimal ke komponen-komponen yang menghasilkan panas terbesar seperti GPU dan prosesor. Mayoritas casing PC biasa menyediakan lubang ventilasi udara masuk, tanpa terlalu memikirkan dari mana udara panas keluar.

Alienware Area-51 dibuat demi menghasilkan performa gaming prima. Jika gaming PC atau notebook lain kita ibaratkan seperti supercar, maka Area-51 adalah Lamborgini Veveno-nya PC. Ia mampu menghadirkan resolusi raksasa sebesar 11420x2160 melalui tiga buah monitor ultra-HD. Hal ini tercapai karena Area-51 didesain untuk mendukung konfigurasi dua hingga empat kartu grafis.

Bukan Alienware namanya jika tidak dibekali komponen tercanggih. Anda bisa memilih prosesor Intel Core i7 Extreme ber-chipset X99 Express dengan enam atau delapan core yang telah lebih dulu di-overclock. Area-51 menggunakan jenis memori DDR4 2133Mhz quad channel berkapasitas hingga 32GB.

Anda bisa membubuhkan medium penyimpanan berjenis SSD ditambah hard disk, serta menambatkan PSU (power supply unit) hingga 1500 Watt. Alienware Area-51 tak lupa dilengkapi wireless protocol 802.11ac terbaru demi memprioritaskan kegiatan online gaming ataupun video streaming.

 

Info menarik: Lian Li Ciptakan ‘Meja Komputer’ High-end Untuk Pengguna PC Paling Antusias

 

Dari sisi software sendiri, Anda dapat melakukan berbagai hal dengan app Command Center 4.0. Ia adalah sebuah software suite yang memudahkan kita dalam men-tune up CPU dan memori tanpa kesulitan. Dan melalui Alien Andrenaline, pengguna bisa mengakses detail informasi real-time hardware-hardware di dalam Area-51.

Jika estetika merupakan hal penting bagi Anda, silakan kustomisasi pola lampu PC monster ini melalui AlienFX. Terdapat 20 pilihan warna dengan total 512 triliun kombinasi.

Alienware belum menyebutkan info harga dan ketersediaan. Ada kemungkinan Area-51 ditawarkan sebagai PC barebone, atau konsumen diperkenankan memilih sendiri hardware di dalamnya. Satu hal yang pasti, harganya tidak akan murah.

Sumber: Alienware.