1. Startup

Apa Itu Cleantech? Apa Bedanya dengan Climate Tech?

Cleantech dan climate tech memiliki perbedaan yang cukup signifikan, Solum.id mencoba menjelaskannya secara terprinci

Meningkatnya kesadaran dunia akan perlunya perubahan demi mengantisipasi krisis iklim berujung pada pesatnya perkembangan di sektor cleantech dan climate tech.

Kedua istilah ini sering kali digunakan secara bergantian, termasuk salah satunya di Wikipedia, mengindikasikan kalau keduanya sebenarnya sama secara konsep dasar.

Meski anggapan tersebut ada benarnya, cleantech dan climate tech sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Artikel ini akan mencoba menjelaskan apa itu cleantech dan climate tech, dan bagaimana keduanya dapat dibedakan.

Apa itu cleantech?

Sebelum membahas perbedaannya, kita tentu harus mengenali masing-masing terlebih dahulu.

Menurut Investopediacleantech adalah istilah yang digunakan untuk mengklasifikasikan berbagai perusahaan atau teknologi yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kelestarian lingkungan.

Istilah cleantech mulai populer digunakan pada tahun 2002. Kala itu, cleantech didefinisikan sebagai beraneka ragam produk, layanan, dan proses yang dirancang untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi, selagi di saat yang sama mengurangi atau menghilangkan dampak lingkungan yang dihasilkan.

Beberapa contoh cleantech mencakup teknologi energi bersih, udara bersih, air bersih, transportasi, manajemen limbah, penyempurnaan rantai suplai, manufaktur, dan lain sebagainya.

Apa itu climate tech?

PwC mendeskripsikan climate tech sebagai teknologi yang secara khusus dirancang untuk mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK), atau untuk membantu mengatasi dan beradaptasi dengan dampak perubahan iklim.

Contoh-contoh climate tech meliputi teknologi penangkapan dan penyimpanan karbon (carbon capture & storage – CCS), maupun teknologi yang didesain untuk meningkatkan efisiensi energi bangunan.

Dari sini sebenarnya sudah bisa dilihat kalau climate tech memiliki tujuan yang lebih spesifik ketimbang cleantech. Namun di saat yang sama, kita juga sudah bisa mendapatkan gambaran bagaimana keduanya bakal beririsan.

Untuk ulasan selengkapnya, kunjungi Solum.id. Solum.id adalah media online yang fokus menyajikan berbagai artikel tentang sektor keberlanjutan dan teknologi masa depan.

-

Disclosure: Solum.id adalah bagian dari grup DailySocial.id

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again