1. DScovery

CSR Adalah: Pengertian, Manfaat dan Implementasi Corporate Social Responsibility dalam Bisnis

CSR adalah aktivitas perusahaan yang dapat digunakan untuk kepentingan bisnis. Simak penjelasan lebih lanjut mengenai implementasinya dalam bisnis.

CSR ( Corporate Social Responsibility) merupakan salah satu kegiatan yang biasa dilakukan oleh perusahaan maupun organisasi, dalam menjalankan bisnisnya di suatu lingkungan masyarakat. sejumlah perusahaan memanfaatkan CSR sebagai bagian dari aktivitas bisnis perusahaan, berikut penjelasan lengkapnya!

Pengertian CSR

CSR merupakan singkatan dari (Corporate Social Responsibility) atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai tanggung jawab sosial perusahaan. Istilah CSR sering terdengar dalam lingkup kegiatan bisnis perusahaan sebagai aktivitas yang melibatkan perusahaan untuk memberikan kontribusi pada lingkungan sosial masyarakat selama perusahaan menjalankan bisnisnya.

CSR adalah aktivitas yang dilakukan secara langsung dalam bentuk tanggung jawab sosial yang melibatkan pemangku kepentingan dan juga perusahaan masyarakat, sebagai wujud kepedulian dan perhatian yang diberikan perusahaan bagi lingkungan sosial masyarakat.

Di Indonesia pun CSR telah masuk dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT), sebagai bentuk komitmen Perseroan untuk berperan dalam pembangunan ekonomi, kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat.

Konsep CSR sendiri mengacu pada keyakinan warga maupun pemegang saham yang terkena dampak langsung pada perusahaan bisnis modern. 

Manfaat CSR

CSR (Corporate Social Responsibility) dapat memberikan berbagai manfaat, karena CSR merupakan salah satu aktivitas yang dapat memberikan dampak pada lingkungan bisnis perusahaan. Berikut beberapa manfaat yang muncul akibat implementasi CSR:

1. Meningkatnya manajemen risiko

Antisipasi dan pengelolaan risiko bagi perusahaan yang menjalankan CSR akan semakin meningkat. Karena CSR juga berperan secara efektif untuk mengelola risiko baik secara sosial, lingkungan maupun hukum.

2. Meningkatkan reputasi perusahaan

CSR juga bermanfaat dalam meningkatkan reputasi kepada perusahaan para pemangku kepentingan (stakeholders), karena aktivitas tersebut dapat dijadikan sebagai bukti sejauh mana sebuah perusahaan dapat diandalkan dan dipercaya.

3. Meningkatkan kemampuan karyawan

Kemampuan karyawan juga secara signifikan dapat meningkat melalui aktivitas CSR, hal ini disebabkan dari pengelolaan SDM sebagai bentuk praktik untuk meningkatkan kinerja dan loyalitas karyawan.

4. Memperkokoh "lisensi sosial" di mata komunitas maupun NGO

Aktivitas CSR yang dilakukan perusahaan mampu meningkatkan hubungan dengan para pemangku kepentingan, sehingga akan menjadi dasar penilaian pada "lisensi sosial" yang baik di mata komunitas maupun NGO.

Implementasi CSR dalam Bisnis

Setiap perusahaan memiliki implementasi CSR yang berbeda dalam bisnisnya. Kondisi ini tergantung pada sejumlah faktor meliputi, aktivitas, lokasi, reputasi serta visi dan misi yang dimiliki perusahaan. 

Pendekatan perusahaan dalam menjalankan CSR juga akan berpengaruh pada proses implementasinya, terkadang ada perusahaan yang kurang mengantisipasi pihak-pihak yang perlu dilibatkan dalam aktivitas ini.

More Coverage:

CSR memang memiliki banyak manfaat yang menjanjikan, tetapi jika tidak diimplementasikan dengan baik perusahaan juga akan gagal dan mendapatkan kerugian.

Implementasi CSR perlu dipertimbangkan secara jelas mengenai kepentingan dan kontribusi yang dapat mempengaruhi lingkungan sosial masyarakat, tanpa melupakan perilaku etis dan tata kelola yang baik. Begitupun CSR adalah pendekatan strategi yang dilakukan perusahaan untuk membangun dan menjaga interaksi dengan para pemangku kepentingan.

Demikian informasi seputar CSR (Corporate Social Reponsibility), melalui penjelasan tersebut kalian dapat memahami bahwa bisnis perusahaan juga akan dipengaruhi dengan hubungan perusahaan dengan masyarakat yang ada disekitarnya. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan mu mengenai CSR.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again