1. Entrepreneur

Koala! Optimalkan Pengelolaan Bisnis UMKM dari Satu Aplikasi

Solusi Mudah Kelola Bisnis UMKM dengan Koala

Efisiensi pengelolaan dan pengembangan bisnis UMKM menjadi tantangan tersendiri di tengah banyaknya kendala yang harus dihadapi UMKM. Karenanya, muncul berbagai aplikasi digital yang fokus untuk membantu mengelola bisnis UMKM agar lebih efisien. Dengan begitu, diharapkan UMKM bisa mengelola bisnisnya secara optimal dengan tenaga seminimal mungkin.

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk meningkatkan pengelolaan bisnis UMKM adalah Koala. Penulis akan memberikan gambaran bagaimana Koala bisa membantu bisnis UMKM beserta panduan mendaftar di aplikasi Koala. Jika Anda masih asing dengan aplikasi Koala dan tertarik untuk mencari tahu, simak artikel ini sampai habis, ya!

Apa itu Koala?

Koala adalah aplikasi yang membantu UMKM untuk mengelola bisnisnya mulai dari manajemen transaksi, manajemen produk, chatbot, hingga broadcast message.

Berbagai layanan Koala tersebut akan membantu meningkatkan efisiensi pengelolaan bisnis UMKM. Misalnya layanan chatbot yang akan membantu UMKM untuk merespon dan menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat dan layanan broadcast message yang memudahkan UMKM untuk mengirimkan broadcast WhatsApp ke ratusan pelanggan sekaligus terkait promosi, info produk baru, dan info lainnya.

Bagaimana UMKM dapat mengoptimalkan pengelolaan bisnisnya melalui Koala?

Koala memiliki dua versi yaitu aplikasi Koala dan Koala+. Aplikasi koala adalah aplikasi versi gratis yang dapat diunduh dan digunakan di smartphone. Sedangkan Koala+ adalah versi premium Koala yang tersedia di desktop.

Jika sebelumnya Anda menggunakan Aplikasi Koala dan bermaksud meningkatkan fitur ke Koala+, Anda tidak perlu khawatir karena data dan fitur Koala+ terintegrasi dengan aplikasi Koala sehingga Anda tetap bisa melanjutkan pengelolaan bisnis sebelumnya.

Berbeda dengan aplikasi Koala, Koala+ adalah versi premium berbayar dengan beberapa pilihan paket harga dan fitur yang berbeda, termasuk semua fitur App Koala, manajemen transaksi, manajemen produk, chatbot, broadcast message, WABA Credits & Wallet, Customer Service Live, balas chat ke semua marketplace di satu dashboard, hingga custom flow Chatbot.

Selain paket harga yang disediakan, Koala+ juga menyediakan paket enterprise dimana pelanggan memiliki kebebasan untuk membuat paketnya sendiri sesuai anggaran yang dimiliki. Pengguna juga bisa mencoba paket free trial satu bulan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berlangganan Koala+.

Cara Daftar Aplikasi Koala

  • Unduh aplikasi Koala - Kelola Jualan Online di Playstore atau App Store

  • Buka aplikasi yang sudah terunduh, masukkan nomor handphone untuk melakukan pendaftaran dan klik Lanjut. Pastikan nomor yang didaftarkan adalah nomor yang terkoneksi dengan WhatsApp karena kode OTP akan dikirimkan via WhatsApp.

  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui WhatsApp

  • Lengkapi data bisnis, lalu klik Selanjutnya

Masukkan nama toko, alamat toko, pilih bidang bisnis, tipe bisnis, jadwal operasional, dan kode referral (jika ada). Anda bisa memilih lebih dari satu bidang bisnis yang disajikan saat pendaftaran, mulai dari makanan dan minuman, pakaian dan aksesoris, kecantikan dan kesehatan, bahan bangunan dan pertukangan, warung/toko kelontong/minimarket, furniture dan dekorasi rumah, elektronik dan gadget, dan berbagai pilihan lain.

Sama halnya dengan tipe bisnis, Anda hanya perlu memilih salah satu dari tipe bisnis yang ada yaitu dropshipper, supplier, reseller, atau distributor. Sedangkan untuk jam operasional, Anda memiliki kebebasan untuk mengaturnya sesuai kebutuhan. Mulai dari menentukan hari dan jam efektif operasional tiap harinya.

  • Anda bisa menjelajah berbagai fitur Koala untuk mulai menggunakannya

Gunakan layanan free trial satu bulan untuk mengetahui apakah fitur yang dimiliki Koala sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda atau tidak. Tentunya, Koala adalah satu dari sekian banyak aplikasi yang bisa membantu pengelolaan bisnis UMKM. Anda juga bisa mencari aplikasi lain yang sesuai dengan kebutuhan pengelolaan bisnis Anda.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again