1. DScovery

Apa itu Pemasaran : Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Pemasaran ini mencakup pengiklanan, penjualan, dan pengiriman produk ke konsumen atau perusahaan lain

Saat menjalankan promosi, mereka menargetkan orang-orang yang cocok dengan produk yang dijual. Biasanya selebriti, influencer, atau orang populer lainnya juga terlibat untuk mempromosikan produk tersebut. Selain itu, dalam pemasaran adalah bagian yang bertugas membuat desain kemasan dan iklan yang menarik agar banyak orang yang tertarik.

Pengertian Pemasaran

Pengertian pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan produk atau jasa yang dimilikinya. Pemasaran atau marketing ini mencakup periklanan, penjualan, dan pengiriman produk kepada konsumen atau bisnis lain.

Selain itu, keberadaan marketing sangat membantu konsumen. Hal ini memudahkan kamu untuk menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika pemasaran kamu tepat sasaran, bisnismu dapat menarik banyak pembeli dan menghasilkan keuntungan.

Fungsi Pemasaran

Pengenalan Produk

Pengenalan produk adalah fungsi utama dari pemasaran perusahaan. Pemasaran memudahkan pelanggan untuk mengenali produk kamu. Pemasar harus menekankan manfaat dari produk yang dijual. Sehingga dapat menarik perhatian lebih dari pesaingnya.

Riset

Riset memberikan informasi yang akurat kepada pemasar tentang pasar sasaran untuk produk mereka. Biasanya, yang perlu kamu teliti adalah kepopuleran, usia, jenis kelamin, kebutuhan, keinginan, dll. Produk yang dihasilkan kemudian dapat disesuaikan dengan target pasar.

Distribusi

Dengan distribusi yang tepat, produk dapat dengan mudah diangkut dari lokasi produksi ke pasar yang lebih luas melalui jalan darat, air dan laut. Pemasar juga memberikan kemudahan bagi pelanggannya untuk mendapatkan produk. Sebagai seorang marketer, kamu juga harus merencanakan segalanya seperti pembiayaan armada kendaraan dan proses penjualan.

Layanan Purnajual

Dalam penjualan, layanan purna jual sangat diperlukan. Pemasar perlu mendukung pelanggan setelah mereka membeli produk. Misalnya, seperti halnya produk mekanis lainnya, pelanggan mungkin menghadapi kesulitan jika ada masalah dengan mesin yang mereka beli. Tugas pemasar adalah memastikan mesin bekerja dengan baik.

Jenis-Jenis Pemasaran

Branding

Sebuah produk atau jasa harus memiliki target pasar dan nama atau “merek” yang dapat dikenali. Branding adalah bentuk pemasaran yang berfungsi sebagai iklan jangka panjang. Ini sangat membantu membuat produk atau layanan kamu lebih menarik dan populer. Branding sering kali menyertakan nama, slogan, dan logo.

Iklan Siaran

Menggunakan radio sebagai media pemasaran adalah salah satu bentuk iklan berbayar yang paling populer. Dengan radio, pemasaran memiliki banyak potensi bagi pelanggan karena pendengar radio benar-benar mendengar apa yang dikatakan penyiar. Kamu juga dapat menjangkau khalayak yang lebih luas dengan memanfaatkan media televisi.

Multi-Level Marketing

Pemasaran multi-level marketing adalah bentuk penjualan langsung ke sejumlah besar orang di mana perusahaan merekrut dan menjual produknya. Pemasaran bertingkat juga dikenal sebagai pemasaran jaringan. Ini karena pedagang menerima komisi untuk produk yang mereka jual, serta komisi dari jaringan.

Internet atau Online

Internet telah menjadi salah satu media pemasaran yang paling populer. Pasarnya sangat luas karena kebanyakan orang perlu menggunakan internet. Pemasaran dapat dilakukan dengan berbagai cara melalui email, website, atau iklan. Kamu juga dapat menentukan target pasar kamu karena banyak penyedia layanan iklan memiliki fitur ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again