1. DScovery

Apa itu RGB dan CMYK? Definisi dan Perbedaannya

Kamu mendengar istilah warna RGB dan CMYK tapi bingung bedanya apa? Berikut ini adalah definisi RGB dan CMYK serta perbedaan dari keduanya!

Warna merupakan bagian besar di dunia grafis. Warna memiliki kemampuan untuk memengaruhi audiens dan menarik perhatiannya. Jika kita menggunakan palet warna yang tepat, desain tersebut akan membangun ketertarikan audiens.

Didalam dunia grafis, palet warna tersebut memiliki sebutan istilah sendiri. Palet warna disebut dengan istilah RGB dan CMYK.

Banyak sekali orang-orang yang masih belum mengetahui perbedaan kedua istilah ini. Kebanyakan, mereka hanya tahu bahwa RGB dan CMYK adalah warna saja.

Jika kamu ingin terjun ke dunia grafis, seperti designer, kamu harus tahu apa yang membedakan dua istilah ini.

Sebelum mengetahui perbedaan keduanya, kamu harus mengetahui definisi masing-masing warna. Berikut ini adalah definisi masing-masing warna serta perbedaannya.

Definisi RGB

RGB / wikipedia

Warna-warna yang biasa kita jumpai di dunia digital, disebut dengan RGB. Nama RGB diambil dari singkatan Red-Green-Blue. Penggunaan RGB berawal dari dunia fotografi tahun 1861 oleh James Clerk Maxwell.

Warna RGB biasa disebut dengan warna cahaya, karena RGB merupakan warna yang digunakan oleh media elektronik sehingga warna ini terkesan terang seperti cahaya.

Jika kamu ingin mencetak sebuah desain yang berwarna RGB, maka desain RGB ini harus dikonversi terlebih dahulu menjadi CMYK agar bisa dicetak. Hal ini dikarenakan mesin percetakan hanya bisa mendeteksi waran CMYK.

Definisi CMYK

CMYK / mixam.com

Pernahkah kamu membuat mencetak sebuah gambar melalui printer? Warna-warna yang terdeteksi oleh percetakan tersebut disebut dengan CMYK. CMYK merupakan singkatan dari warna Cyan, Magenta, Yellow, Key (hitam).

Hitam disebut dengan Key karena tanpa adanya warna hitam, kumpulan warna tersebut tidak akan lengkap dan jika dicampur pun akan tetap menjadi warna hitam. Karena itu, hitam disebut dengan kunci atau warna utama dari CMYK.

Karena hasil warna yang cenderung redup, CMYK ditujukan untuk proses percetakan. Karena jika warna CMYK diterapkan di dunia digital, maka akan sulit untuk dilihat.

Jika kamu sudah mengetahui definisi keduanya, saatnya kamu mengetahui perbedaan dari keduanya. Berikut ini adalah perbedaannya:

Perbedaan RGB dan CMYK

Dua istilah ini memiliki susunan warna yang berbeda. Sesuai dengan namanya, RGB terdiri dari warna merah, hijau, dan biru. sedangkan CMYK terdiri dari warna cyan, magenta, kuning, dan hitam.

Dua istilah ini juga memiliki perbedaan fungsi. RGB biasanya digunakan untuk konten-konten digital, seperti website, font, konten media sosial, dan lainnya. Sedangkan CMYK biasanya digunakan untuk industry percetakan, seperti brosur, spanduk, poster, dan lainnya.

Perbedaan ketiga adalah mereka memiliki hasil pencampuran warna yang berbeda. Jika warna-warna RGB dicampurkan, akan menghasilkan warna yang terang hingga mendekati warna putih. Sedangkan CMYK akan menghasilkan warna yang gelap atau hitam.

Demikianlah definisi masing-masing warna dan juga perbedaannya, semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again