1. DScovery

8 Rekomendasi Aplikasi Ramadhan yang Dapat Membantu Kamu dalam Beraktivitas

Tak terasa Ramadhan sebentar lagi datang. Tentu menyambutnya adalah hal yang penting apalagi bersiap untuk melakukan aktivitas yang bermanfaat di bulan ini. Dengan aplikasi Ramadhan ini, dijamin waktumu di Ramadhan tidak akan sia-sia.

Ramadan merupakan salah satu bulan suci bagi umat Islam. Kehadiran bulan Ramadhan selalu dinantikan oleh seluruh umat Islam di berbagai belahan dunia. Pasalnya, di bulan ini semua umat Islam berpuasa sepanjang bulan. Muslim percaya bahwa banyak berkah turun selama bulan Ramadhan.

Oleh karena itu, tidak heran jika umat Islam berbondong-bondong untuk beramal selama bulan Ramadan. Selain puasa, banyak kegiatan khusus yang biasa dilakukan selama bulan puasa ini. Beberapa kegiatan tersebut antara lain ngabuburi, buka puasa bersama, sholat tarawih dan makan sahur.

Karena banyak kegiatan khusus di bulan Ramadhan, kita umat Islam harus mempersiapkannya. Hal ini agar kita bisa menjalani Ramadhan dengan baik dan lancar.

Salah satu persiapan yang bisa kita lakukan adalah aplikasi penunjang ibadah di bulan Ramadhan. Apa kalian penasaran? Yuk simak pemaparannya di bawah ini!

1. Muslim Pocket

Muslim Pocket bisa menjadi pilihan bagi kamu yang berpuasa di bulan Ramadan. Aplikasi Ramadhan ini menyediakan jadwal sholat dan puasa yang lengkap. Kedua jadwal tersebut dapat disesuaikan dengan tempat tinggal kamu.

Selain itu, Muslim Pocket juga menawarkan e-book Alquran dengan terjemahan dan arah kiblat. Aplikasi Ramadhan ini juga menyediakan kalender Hijriah untuk membantu kamu mengetahui kapan jadwal puasa Ramadhan dan Lebaran.

2. Qara'a

Maksimalkan puasa kamu dengan memperbanyak ibadah. Kamu bisa mencoba mengasah kemampuan dan menimba ilmu membaca Al Quran. Gunakan aplikasi di ponsel Android kamu. Salah satu amalan wajib di bulan Ramadhan adalah Qara'a.

Aplikasi ini memiliki fitur kelas untuk belajar Al Quran. Kamu yang baru belajar membaca kitab suci islam juga bisa menggunakan aplikasi ini.

Qara'a tidak hanya digunakan untuk belajar membaca Al-Qur'an, tetapi juga menghadirkan Al-Qur'an digital. Ada Al-Qur'an per kata, Al-Qur'an dalam bentuk mushaf dan Al-Qur'an per ayat, tentunya tersedia terjemahan bahasa Indonesia dan teks latin untuk kemudahan membaca.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki video-video ilmu islami yang bisa kamu dengarkan. Selain itu, ada tasbih digital, cakram amalan harian, doa dan dzikir, hadits dan lainnya.

Biasanya selama bulan Ramadhan, aplikasi seperti ini juga menampilkan informasi jadwal Imsakiyah.

3. Hijri Calendar

Aplikasi lain yang wajib diinstal di ponsel kamu selama Ramadhan adalah Kalender Hijriah. Salah satu yang tersedia di Google PlayStore adalah kalender Hijriah. Kalender Hijriyah ditampilkan di aplikasi untuk kamu periksa.

Tentunya aplikasi ini juga berisi informasi tentang hari besar Islam. Namun untuk penetapan hari raya, permohonannya mengikuti surat keputusan Ru'yatul Hilal yang dikeluarkan pemerintah setempat. Bahasa aplikasi berubah dengan jelas saat kamu mengubah bahasa telepon. Program ini tersedia dalam bahasa Inggris dan Indonesia.

4. Panduan Tarawih dan Doa Ramadhan

Sholat sunnah tarawih merupakan salah satu ibadah yang hanya bisa dilakukan pada bulan suci ramadhan. Oleh karena itu, aplikasi ramadhan ini memberikan panduan lengkap tentang sholat tarawih dan doa-doa selama bulan suci.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Studio Turi Putih ini cocok untuk kamu yang suka banyak berdoa dan mendapatkan pahala di bulan suci. Aplikasi ini cocok untuk kamu yang berniat melaksanakan sholat tarawih sendiri atau berjamaah.

5. Amalan Bulan Ramadhan

Pelatihan bulan ramadhan akan memberikan banyak konten edukasi tentang ramadhan. Dari keutamaan bulan ramadhan, keutamaan puasa, hukum-hukum puasa ramadhan hingga syarat-syarat puasa ramadhan.

Konten ini berfitur lengkap di aplikasi Imam Studio ini. Aplikasi Amalan Bulan Ramadhan sangat cocok bagi anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang puasa di bulan ramadhan sehingga bisa lebih khusyuk dan maksimal.

6. Muslim Mate

Muslim Mate menyajikan jadwal sholat dan puasa Ramadhan 1443 Hijriah. Selain itu, Muslim Mate juga menyediakan fungsi penunjuk arah kiblat dan informasi masjid terdekat. Muslim Mate bisa menjadi teman bagi umat Islam selama puasa Ramadhan.

Muslim Mate membantu kamu untuk mengetahui kalender Hijriah. Pasalnya, aplikasi ini selalu menampilkan daftar kalender Hijriah terbaru sehingga kamu bisa mengetahui kapan puasa Ramadhan dan Idul Fitri dimulai.

7. Umma

Aplikasi puasa ini menyediakan berbagai informasi seputar sholat, puasa dan kitab suci Al Quran. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur utama seperti "Baca Quran", "Rencana Shalat", "Adzan", "Kalender Islami", "Siblah dan Konten Harian" dalam bentuk Artikel Islami.

Mengenai “Jadwal Sholat dan Adzan” sepertinya sangat diperlukan bagi yang berpuasa. Karena awal dan akhir puasa tergantung pada waktu sholat subuh dan magrib.

More Coverage:

Fungsi sistem “Jadwal Sholat” sangat tepat karena disesuaikan dengan lokasi pengguna. Selain itu, terdapat notifikasi adzan dengan suara sebagai tanda waktu sholat, sehingga pengguna dapat lebih diingatkan ketika waktu sholat telah tiba.

8. Jadwal Kajian Sunnah Indonesia

Puasa bukan hanya untuk memuaskan rasa lapar dan dahaga. Sepanjang bulan, umat Islam berpeluang memperoleh banyak pahala jika mau melakukan berbagai kegiatan lain seperti shalat, bersedekah dan menuntut ilmu agama dalam mempelajari sunnah.

Seperti namanya, aplikasi Ramadan ini memudahkan kamu merencanakan kajian sunnah di sekitar kamu. Aplikasi ini memudahkan untuk menemukan masjid dan tempat diadakannya pertemuan ilmiah.

Kajian Sunnah Indonesia juga memberikan informasi seputar Ustadz, judul kajian dan waktu temu ilmiah, sehingga kamu bisa mengisi masa Prapaskah dengan hal-hal yang positif dan mendapatkan pahala.

Demikianlah rekomendasi aplikasi yang dapat menunjang aktivitas dan amalan Ramadan kamu. Semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again