1. Entrepreneur

Aplikasi Super, Hadirkan Sembako Lebih Mudah dan Murah

Super menghadirkan harga sembako dan barang pokok yang terjangkau di seluruh Indonesia, hingga ke pelosok dan pedesaan

Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau menyimpan kekayaan sekaligus masalah tersendiri. Salah satu masalahnya yakni harga sembako dan barang pokok yang tidak merata. Pada kota tingkat dua dan tiga yang memiliki Produk Domestik Bruto (PDB) lebih rendah sekitar 3-5x dari Jakarta, justru menyediakan sembako dan barang pokok yang 20-200% lebih tinggi dari Jakarta.

Melihat ketimpangan tersebut, muncul social commerce bernama Super yang bertujuan untuk mewujudkan pemerataan harga sembako dan barang pokok, khususnya bagi masyarakat pedesaan. Startup yang telah memperoleh pendanaan seri C ini berupaya untuk meningkatkan akses terhadap sembako dan barang pokok, menciptakan lapangan pekerjaan, serta mempermudah alur distribusi untuk wilayah tingkat dua, tingkat tiga, juga pedesaan di Indonesia.

Aplikasi yang telah ada sejak 2018 ini telah beroperasi pada 30 kota di Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. Fokus daerah yang dituju saat ini oleh Super adalah daerah dengan PDB per kapita lebih rendah atau sama dengan $5.000.

Cara Kerja Super

Agar mampu mewujudkan harga yang merata di kota kecil dan pedesaan, Super menghadirkan agen yang disebut Super Agen, guna mendukung operasional logistik serta membantu pelanggan dalam melakukan pemesanan di aplikasi. Super juga melakukan kerja sama dengan supplier di sekitar area untuk menyediakan barang substitusi dengan harga yang lebih rendah, namun kualitas yang baik.

Super juga membangun hyperlocal supply chain untuk mengirimkan pesanan ke ribuan agen secara singkat, dalam waktu 24 jam dihitung dari waktu pemesanan. Hal ini dapat terwujud karena adanya kemitraan dengan agen komunitas, yang terdiri dari individu maupun warrung, untuk mengadakan serta melakukan distribusi ke komunitas setiap bulannya.

Tak hanya itu, operasional Super didukung oleh teknologi berbasis data, guna menganalisis perilaku pasar, permintaan, penawaran, dan rekomendasi bisnis yang lebih optimal. 

Kelebihan Belanja di Super

Aplikasi Super menawarkan beberapa keunggulan, antara lain sebagai berikut:

  • Mudah

Super dapat digunakan untuk membeli kebutuhan pribadi, rumah tangga, bahkan stok produk bagi bisnis Anda, karena Super memungkinkan Anda untuk belanja secara grosir. Selain itu, pembelanjaan Anda akan segera diantarkan pada keesokan hari setelah Anda memesan, baik melalui aplikasi maupun dibantu oleh Super Agen.

  • Murah

Sebagai social commerce yang bertujuan untuk menciptakan harga bersaing di seluruh pelosok Indonesia, tentunya Super menawarkan harga yang bersahabat. Terdapat harga grosir serta gratis ongkir.

  • Ramah

Super menyediakan layanan customer service serta Super Agen yang dapat membantu Anda melakukan pemesanan.

  • Banyak Hadiah

Super juga menawarkan beragam voucher dan hadiah menarik.

Dengan adanya inovasi dari Super untuk menyediakan sembako dan barang pokok dengan harga murah di seluruh pelosok Indonesia, harapannya dapat membantu seluruh masyarakat khususnya yang tinggal di pedesaan agar dapat mengakses produk berkualitas dengan harga terjangkau. Selain itu, adanya Super Agen juga membantu menyerap tenaga kerja. Semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again