1. Lifestyle

Apple Umumkan Laporan Keuangan Pertama di 2015

Mau tahu laporan finansial salah satu perusahaan paling dibicarakan di dunia, Apple? Well, Apple baru saja mengumumkan keuntungan pendapatannya pada kuartal yang berakhir Desember tahun lalu.

Dari laporan finansial Q1 2015 yang semalam dirilis, Apple berhasil mendapat keuntungan kuartal $74.6 milyar dollar dengan keuntungan bersih $18 milyar. 74.5 juta iPhone, 21.4 juta iPad dan 5.5 juta Mac berhasil mereka jual selama kuartal yang berakhir di Desember kemarin.

Berikut perbandingan dengan kuartal yang sama (kuartal 1) tahun 2014 yang lalu:

  • iPhone : 74.5 juta vs 51 juta di tahun 2014
  • iPad : 21.4 juta vs 26 juta di tahun 2014
  • Mac : 5.5 juta vs 4.8 juta di tahun 2014
  • Keuntungan : $74.6 milyar vs $57.6 milyar di tahun 2014

Keuntungan Apple sendiri tumbuh sebesar 30% dari pencapaian tahun lalu. Bahkan, angka $74.6 milyar ini sendiri melampaui perkiraan dari Wall Street. Angka ini juga melebihi dari jajak pendapat dari beberapa analis yang dilakukan oleh Fortune. Mereka memprediksi Apple menjual rata-rata 67 juta iPhone, 21 juta iPad dan 5.5 juta Mac serta mendapat keuntungan $68.7 milyar.

 

Info Menarik: Pengiriman Apple Watch Direncanakan Pada April Mendatang

 

Mulai kuartal ini, Apple membuat kategori baru, "Other" di laporan keuangannya di mana kategori ini nantinya akan mencatat penjualan gabungan dari produk Apple selain iPhone, iPad dan Mac.

Itu berarti iPod, Apple TV, produk dari Beats, aksesoris lain serta lini produk teranyar mereka, Apple Watch akan masuk ke kategori ini. Langkah ini tentu akan sedikit mempersulit para analis untuk memperkirakan berapa jumlah penjualan Apple Watch nantinya dan keuntungan yang didapat Apple.

Catatan menarik lain yang didapat dari laporan keungan finansial pertama Apple di 2015 adalah Apple berhasil 25 juta Apple TV. Seperti yang kita tahu, Apple TV merupakan perangkat multimedia besutan Apple yang sedikit kurang populer.

 

Info Menarik: [Panduan Pemula] Membuat Ringtone untuk Perangkat iOS Menggunakan iTunes

 

Selain itu, Tim Cook juga menyatakan bahwa iPhone 6 adalah model iPhone yang paling populer dari lini smartphone mereka. Pada kuartal yang sama pula, Apple memiliki jumlah customers tertinggi yang baru pertama kali menggunakan iPhone. Hal ini mungkin dilatarbelakangi dengan hadirnya dua varian iPhone 6 yang memiliki layar lebih besar sehingga banyak para pengguna Android yang beralih ke iPhone.

Tingkat peralihan konsumen ke iPhone ini bahkan diklaim oleh Tim Cook sebagai angka tertinggi dalam kurun waktu 3 tahun terakhir.

Berikut beberapa tweet menarik selama pengumuman laporan keuangan Apple seperti yang dikutip dari MacStories:

https://twitter.com/asymco/status/560194571574185985

https://twitter.com/MattRichman/status/560204139331072001

Sumber: MacStories.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again