1. DScovery

Artikel Ilmiah: Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, Manfaat, dan Contohnya

Secara umum artikel ilmiah memiliki beberapa struktur tersendiri dan baku. Untuk itu makanya dibutuhkan ketelitian untuk menulis tema dari artikel ilmiah ini. Lalu apa saja itu? Silahkan simak tulisan ini!

Seorang peneliti yang ingin mempublikasikan karyanya kepada masyarakat umum harus membuat makalah atau laporan, makalah adalah karya ilmiah. Karya akademik ini sangat penting bagi para peneliti, dosen dan mahasiswa untuk mengunggah karya mereka secara nasional maupun internasional.

Sebelum kita mempelajari lebih jauh tentang karya ilmiah, apa sebenarnya yang dimaksud dengan karya ilmiah? Nah, kali ini kita akan mengupas karya ilmiah mulai dari pengertian hingga contohnya. Baca sampai selesai!

Pengertian Artikel Ilmiah

Artikel dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah karya yang lengkap, seperti berita atau artikel di majalah, surat kabar, dan lain-lain. Meski ilmiah, artinya adalah sains; memenuhi persyaratan atau kaidah ilmu pengetahuan. Artikel ilmiah dapat didefinisikan sebagai karya lengkap yang memenuhi persyaratan ilmu (menurut strukturnya) dan telah dipublikasikan dalam jurnal.

Di bawah ini adalah beberapa definisi ahli tentang karya ilmiah untuk membantu kamu lebih memahami arti artikel ilmiah.

Maryadi (2000)

Artikel ilmiah adalah suatu artikel yang memuat dan mengkaji suatu masalah tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah keilmuan. Kaidah-kaidah keilmuan berarti bahwa artikel ilmiah menggunakan metode ilmiah di dalam membahas permasalahan, menyajikan kajiannya dengan bahasa baku dan tata tulis ilmiah, serta menggunakan prinsip-prinsip keilmuan yang lain; objektif, logis, empiris, lugas, jelas, dan konsisten.

Brotowijoyo (2002)

Artikel ilmiah sebagai bagian dari karya ilmiah adalah karya ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta umum dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar.

Komara (2017)

Artikel ilmiah merupakan sebuah karangan faktual atau nonfiksi tentang suatu permasalahan yang dimuat di jurnal, majalah, atau buletin dengan tujuan untuk menyampaikan gagasan dan fakta, guna meyakinkan, mendidik, dan menawarkan solusi dari suatu permasalahan.

Berdasarkan pendapat para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa artikel ilmiah adalah karya ilmiah yang menyesuaikan struktur artikel ilmiah dan menggunakan metode ilmiah dalam pembuatannya. Artikel ilmiah biasanya diterbitkan di jurnal nasional dan internasional.

Ciri-ciri Artikel Ilmiah

Ciri-ciri artikel ilmiah adalah sebagai berikut:

• Obyektif, artinya isi artikel ilmiah hanya dapat dikembangkan dari kondisi riil yang ada, sekalipun keberadaan fenomena yang dibahas berbeda-beda antar disiplin ilmu.

• Rasional.

• Kritis karena berfungsi sebagai wahana untuk saling menyampaikan kritik terhadap sesuatu yang patut dipertanyakan.

• Reserved (menahan diri, hati-hati dan tidak sombong), jujur, lugas dan tanpa motif pribadi atau kepentingan tertentu.

• Artikel ilmiah memiliki gaya bahasa yang formal, artinya hanya terfokus pada informasi dan tidak memiliki gaya bahasa yang santai.

• Pengidentifikasi sumber yang jelas dilampirkan ke sumber.

Struktur Ilmiah

• Judul artikel tidak harus sama dengan judul makalah penelitian. Di bawah judul adalah nama penulis tanpa gelar dan institusi tempatnya bekerja.

• Abstrak berisi inti masalah/tujuan, metode penelitian, temuan dan kesimpulan. Apakah kamu berbicara bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Kata kunci ditulis di akhir abstrak.

• Pendahuluan memberikan latar belakang masalah (mengapa masalah itu dipelajari, rumusan masalah, tinjauan literatur dan informasi tentang penulisan. Referensi diidentifikasi dengan nama penulis dan tahun buku itu diterbitkan. Materi teori dapat dimasukkan dalam bagian ini.

• Metode penelitian menjelaskan metode yang digunakan untuk melakukan penelitian, meliputi topik penelitian, populasi dan sampel, pengumpulan data, dan teknik data.

• Hasil penelitian meliputi deskripsi hasil yang diperoleh dan diskusi ilmiah (penjelasan) berdasarkan referensi tertentu, sehingga masalah yang dihadapi dapat dipecahkan. Hasil penelitian juga dibandingkan dengan hasil penelitian yang relevan.

• Kesimpulan berisi penjelasan singkat tentang hasil penelitian yang diperoleh sesuai dengan permasalahan.

• Daftar pustaka hanya berisi referensi yang digunakan dalam penyusunan artikel ilmiah. Tidak harus sesuai dengan daftar pustaka dalam laporan penelitian.

Manfaat Publikasi Artikel Ilmiah

Setelah menulis artikel ilmiah, langkah selanjutnya adalah mempublikasikan artikel tersebut. Menurut Fajri Matahati Muhammadin (2018), beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari publikasi ilmiah antara lain:

• Berpartisipasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan

• Bagi yang beragama Islam, insyaAllah bisa menjadi sedekah yang pahalanya tidak berhenti setelah mati.

• Kolom Daftar Publikasi Akademik pada Curriculum Vitae sangat berguna untuk pendaftaran program pascasarjana, beasiswa dan jika ingin melanjutkan karir akademik.

• Publikasi ilmiah, khususnya yang bersifat konferensi, dapat memperluas jaringan keilmuan.

• Bisa jadi pilihan untuk mendekati dosen dan ini banyak keuntungannya insyaaAllah.

• Di beberapa universitas, kamu tidak dapat lulus tanpa publikasi ilmiah.

Contoh Artikel Ilmiah

Sumber: Scribd

Sekian informasi mengenai artikel ilmiah dari pengertian hingga contohnya. Semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again