1. Lifestyle

Asus Chromebit Ini Dapat 'Menyulap' TV dan Monitor Jadi Perangkat Komputer

Berbagai produk telah dirilis Asus, mulai dari smartphone, tablet dan komputer hybridTransformer Book Chi. Kini Asus kembali memperkenalkan sebuah produk lain yang cukup 'unik' bernama Asus Chromebit.

Asus Chromebit merupakan sebuah perangkat dongle HDMI yang bisa menyulap sebuah televisi atau layar menjadi sebuah perangkat komputer (PC). Di dalam dongle tersebut telah dijejali dengan sistem operasi Chrome OS besutan Google.

Ketika diselipkan pada port HDMI yang terdapat pada perangkat TV atau monitor yang kompatibel, ia bisa dioperasikan layaknya sebuah PC desktop lengkap dengan sejumlah aplikasi dan layanan Google yang siap digunakan oleh penggunanya.

Info Menarik: Fitur Panggilan Suara Akhirnya Hinggap di WhatsApp Android

Perangkat yang sekilas lebih mirip sebuah USB Flashdisk ini memang memiliki ukuran sangat mungil hingga bisa dimasukan ke dalam saku baju atau celana, namun begitu di dalamnya telah dijejali dengan sejumlah komponen yang bisa mendukung jalannya sebuah mesin komputasi, sebut saja prosesor Rockchip 3288, modul grafis Mali 760, memory RAM 2GB, media penyimpanan internal 16GB serta port USB 2.0.

Perangkat yang hadir dalam varian warna-warni metalik ini juga dilengkapi dengan sejumlah kemampuan koneksi yakni WiFi 802.11ac dan Bluetooth 4.0.

Karena ukurannya yang sangat kecil, penggunanya bisa menyembunyikan mesin CPU (central processing unit) mungil ini di balik monitor, sehingga tidak memakan banyak ruang di atas meja seperti halnya PC desktop pada umumnya, sedangkan untuk komponen inputnya seperti keyboard dan mouse bisa dipasangkan secara nirkabel.

Info Menarik: Twitter Curator Tawarkan Pencarian dan Pengumpulan Konten yang Lebih Efektif bagi Media Publikasi

Menariknya, perangkat PC mungil ini ditawarkan tidak lebih dari US$100, jika mengacu pada kurs dolar saat tulisan ini kami buat harga tersebut setara dengan Rp. 1,3 jutaan. Namun jangan lupa bahwa Anda masih harus menyiapkan dana tambahan untuk membeli sebuah monitor yang memiliki port HDMI dan perangkat keyboard beserta mouse nirkabel untuk dipasangkan pada perangkat Asus Chromebit tersebut.

Asus Chromebook Flip, laptop convertibel dengan layar sentuh 10 inci

Bersamaan dengan diperkenalkannya perangkat Chromebit, Asus juga menghadirkan perangkat Chromebook Flip, ini merupakan varian dari perangkat laptop yang juga berjalan dengan platform Chrome OS. Dengan desain convertible, penggunanya bisa melipat layar hingga 180 derajat dan menjadikan perangkat ini bisa dioperasikan layaknya perangkat tablet.

Perangkat yang dibalut dengan bahan metal ini juga memiliki fitur layar sentuh serta kemampuan mesin komputasi yang cukup bertenaga. Perangkat laptop Asus Chromebook Flip berdisain convertibel ini akan mulai tersedia dipasaran pada musim semi (waktu AS) tahun ini dengan banderol harga US$ 249 per unitnya.

Sumber: GSMArena, Google Chrome Blog | Gambar Header: Google Chrome Blog.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again