LG, Huawei, Casio, semuanya sudah merilis smartwatch Android Wear 2.0 mereka. Bahkan ZTE yang sebelumnya belum pernah bermain di segmen smartwatch pun akhirnya memperkenalkan smartwatch Android Wear 2.0 besutannya. Kalau Anda teliti, mungkin Anda bertanya-tanya kenapa Asus belum.

Pabrikan asal Taiwan tersebut terakhir merilis ZenWatch 3 pada bulan September tahun lalu. Namun karena Google sendiri menunda perilisan Android Wear 2.0, ZenWatch 3 sampai detik ini masih menjalankan OS versi lawas dan belum juga menerima update.

Asus sendiri sebelumnya pernah mengatakan bahwa update Android Wear 2.0 bakal tersedia pada awal kuartal kedua tahun ini – Asus masih punya waktu sampai 30 Juni untuk menepati janjinya. Namun seandainya rumor yang baru-baru ini berhembus benar, tampaknya update tersebut tidak akan pernah datang.

Pasalnya, Digitimes melaporkan bahwa Asus berniat untuk memensiunkan lini ZenWatch dikarenakan penjualannya tidak memenuhi target yang diharapkan. Berdasarkan data yang diterima dari jaringan suplai Asus, setiap bulannya lini ZenWatch hanya terjual sekitar 5.000 sampai 6.000 unit.

Memang tidak ada konfirmasi dari pihak Asus terkait hal ini, tapi andai saja benar, sepertinya kita tidak akan berjumpa dengan ZenWatch 4 atau apapun nama suksesor yang telah Asus siapkan. Andai saja benar, Asus berarti akan menyusul jejak Motorola yang bisa dibilang sudah menyerah dan move on dari ranah smartwatch Android Wear.

Sumber: Android Authority dan Digitimes.