4 September 2014

by Yoga Wisesa

Asus ZenWatch Akhirnya Resmi Diperkenalkan

Semenjak awal 2014, telah beredar rumor bahwa produsen hardware dan PC asal Taiwan, Asus, sedang mengembangkan produk wearable menyusul kesuksesan mereka di lini smartphone. Informasi muncul kian detail belakangan ini, terutama selepas berlangsungnya acara Google I/O Juni lalu. Dan setelah merilis beberapa teaser, akhirnya Asus membuka tirai penutup ZenWatch.

Lagi-lagi, Asus berhasil memberikan kejutan. ZenWatch mungkin cukup berbeda dari tebakan dan asumsi orang (termasuk saya) sebelumnya. Ia hadir dengan pendekatan desain elegan seperti yang diadopsi LG G Watch dan Samsung Gear S terbaru, namun masih menggunakan layar berbentuk persegi - tidak seperti G Watch R dan Moto 360.

Asus mengusung teknik pembuatan arloji klasik, memanfaatkan material premium dengan body berpola brushed, ditambah sepuhan rose gold atau perak di samping. Smartwatch ini memiliki layar curved '2.5D' AMOLED 1,63-inci beresolusi 320x320 yang dilindungi lapisan Corning Gorilla Glass 3, dengan bagian strap dari kulit asli (bukan karet) berukuran 22 milimeter. ZenWatch mempunyai dimensi 50,6x39,8x7,9-9,4mm dan bobot total 75 gram termasuk strap.

 

Info menarik: Jam Tangan Pintar Apple akan Bernama iTime?

 

Agar serasi dengan produk perangkat pintar yang telah mereka luncurkan sebelumnya, Asus mengadopsi ZenUI dan membenamkan interface tersebut dalam ZenWatch. ZenUI membuat penampakan app dan konten selaras dengan desain anggun smartwatch secara keseluruhan. Anda juga diberikan pilihan tampilan jam beragam - lebih dari 100 kombinasi, dipadu kontrol gesture dan fitur preload eksklusif.

Beberapa contohnya adalah Watch Unlock, memungkinkan Anda membuka smartphone atau tablet dengan menempelkan ZenWatch; lalu ada Tap Tap, Cover to Mute, Remote Camera, Find My Phone dan Presentation Control. Anda juga bisa menemukan fitur Wellness untuk mengakses info statistik kesehatan tubuh. Pengguna dapat mengetahui jumlah langkah, jumlah kalori yang terbakar, detak jantung, hingga level relaksasi dan intensitas olah raga melalui rangkaian bio sensor ZenWatch.

 

Info menarik: Tak Mau Kalah Dari LG, Samsung Ungkap Smartwatch Gear S Berkonektivitas 3G

 

ZenWatch ialah anggota keluarga baru dari platform Android Wear, dibekali system-on-chip Qualcomm Snapdragon 400 berprosesor 1,2GHz, memori RAM 512MB, ruang penyimpanan internal sebesar 4GB, baterai polimer 1,3Wh, serta kemampuan tahan-air bersertifikasi IP55. Untuk konektivitas, Asus menyiapkan Bluetooth 4.0 dan port Micro USB, dilengkapi microphone built-in.

"[Dalam membuat ZenWatch] kami menggunakan filosofi desain Start with People," jelas Mitch Yang dari Asus. "Kami ingin memberikan pengalaman digital mulus dan menyeluruh untuk dinikmati semua orang. Dengan ZenWatch kami, Anda akan selalu terhubung ke berbagai hal berharga dalam hidup."

Kejutan lain yang kurang mengenakkan adalah harganya. Setelah beberapa kali disebutkan bahwa Asus ZenWatch akan dibanderol di jangkauan harga terjangkau - diperkuat kembali oleh penuturan CEO Jerry Shen, ternyata harga retail smartwatch ini lebih tinggi dari produk Android Wear lain: mencapai €199 atau sekitar US$ 260. Ia rencananya akan hadir di kwartal tiga atau empat 2014.

Sumber: Asus.com.