Categories

Game

Siap-Siap Unreal dan Unity, Ada Game Engine Baru dari Autodesk

Glenn Kaonang - 4 August 2015

Mendengar nama Autodesk, apa hal pertama yang Anda ingat? Sketchbook Pro? AutoCAD? Well, Anda tidak salah, karena nama Autodesk memang sering dikaitkan dengan dunia seni digital.

Beralih ke dunia gaming, Autodesk sebenarnya juga memegang peran yang cukup besar. Bukan sebuah rahasia apabila cukup banyak developer yang memakai softwaresoftware buatan Autodesk dalam mengembangkan suatu game, mulai dari software pembuat model animasi seperti Autodesk Maya dan 3DS Max, sampai software rendering Autodesk Scaleform.

Namun terlepas dari besarnya kontribusi Autodesk di industri gaming, rupanya masih ada ranah yang belum mereka sentuh, yakni game engine. Ranah tersebut hingga kini masih didominasi oleh nama-nama seperti Unreal dan Unity, khususnya di kawasan mobile game. Semua ini bisa berakhir mulai tanggal 19 Agustus 2015 nanti, dimana Autodesk akan meluncurkan game engine buatannya sendiri, Stingray.

Info menarik: Seperti Sungguhan? Pemandangan Ini Dibuat Dengan Unreal Engine 4

Autodesk Stingray sebenarnya merupakan penyempurnaan dari sebuah game engine bernama Bitsquid yang diakuisisi oleh Autodesk pada bulan Juni tahun lalu. Autodesk mempertahankan segala kebaikan Bitsquid, lalu menyempurnakan interface-nya dan membekalinya dengan integrasi yang mendalam ke softwaresoftware besutan Autodesk.

Misi yang diemban Autodesk Stingray adalah untuk memudahkan kerja pihak developer. Contoh integrasi yang mendalam tadi seperti ini: ketika developer membuat sebuah model animasi di Autodesk Maya, model tersebut bisa langsung muncul di laman editor milik Stingray untuk diulik lebih lanjut. Developer pun bisa langsung mengetahui bagaimana penampilan model animasi buatannya itu di dalam game.

Lebih lanjut, Stingray juga mengemas sejumlah fitur unik yang belum dimiliki game engine pesaing. Salah satunya adalah fitur bernama Live Link, dimana rendering pada perangkat akan berlangsung secara real-time selagi berbagai pengaturan dilakukan. Dengan demikian, pihak developer bisa memantau hasil pengaturan mereka secara lebih cepat dan mudah.

Info menarik: Microsoft Gandeng Unity Demi Amankan Masa Depan HoloLens

Autodesk Stingray akan bersaing langsung dengan Unreal 4 dan Unity 5. Maka dari itu, engine ini pun siap menelurkan gamegame untuk berbagai platform sekaligus, mulai dari PC, PlayStation 4, Xbox One, iOS, Android sampai dengan Oculus Rift.

Seperti yang disebutkan di atas, Autodesk akan segera memasarkan Stingray ke para developer mulai tanggal 19 Agustus mendatang, dengan tarif $30 per bulan. Melihat harga yang cukup terjangkau serta kelengkapan fitur yang ditawarkan, wajar apabila akan ada banyak developer kecil yang tertarik menggunakan Stingray.

Sumber: The Verge dan Engadget.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter