Inovasi dan ide menarik yang mengembangkan konsep e-commerce seolah tak pernah ada hentinya. Banyak sekali marketplace baru dengan konsep berbeda dan menawarkan sejumlah keunikan. Salah satunya Ayoayo (Ayo!). Ayo! adalah layanan marketplace yang baru melayani daerah Jakarta dan mencoba menawarkan layanan fulfillment bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman berjualan secara online.

Di tengah ramainya sektor e-commerce, Ayo! muncul dengan menjadikan produk lokal sebagai fokus utama. Dengan tagline “The Marketplace for Indonesian local brands” yang tertulis di header situs, Ayo! seolah ingin menjadi tempat rujukan untuk membali brand lokal Indonesia khususnya mereka yang ada di Jakarta.

Salah satu yang menurut saya menjadikan Ayoayo ini berbeda dengan marketplace kebanyakan adalah konsep online dan offline yang diusungnya.

Dalam video berdurasi satu menit tiga detik yang berisi gambaran singkat mengenai Ayo!, dijelaskan bahwa mereka mengklaim mampu mengurusi fulfillment. Mereka yang ingin membuka toko atau berjualan di platform Ayo! tinggal mendaftar dan datang ke toko offline Ayo! Center untuk menempatkan barang yang akan dijual.

Selanjutnya proses memasukkan informasi barang di platform, pengepakan barang, dan pengiriman barang ditangani oleh tim Ayo!. Dengan menyediakan jasa pengiriman sendiri, diprediksikan pengiriman barang Ayo! akan bisa lebih efektif dan efisien dari segi waktu. Sejauh ini seperti apa yang ditampilkan dalam website mereka Ayo! sudah menjual kurang lebih 50 brand lokal yang terdiri dari berbagai kategori seperti furniture, aksesoris, gaya hidup dan lain sebagainya.

Konsep online dan offline ini sendiri sebelumnya sudah banyak diprediksikan akan menjadi konsep masa depan dari e-commerce. Faktor fulfillment oleh layanan marketplace bisa menjadi faktor penting untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat karena tidak perlu menunggu proses pengiriman oleh merchant pihak ketiga. Dari sisi merchant sendiri, faktor ini membuat pengalaman berjualan online menjadi tidak merepotkan.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.