Categories

Gadget

[Bahas Smartphone] Yang menarik dari OPPO Reno4

Selain desain, fitur foto dan video lalu ColorOS terbaru adalah fitur unggulan Reno4

Wiku Baskoro - 14 August 2020

OPPO akan bersiap menjual secara resmi perangkat OPPO Reno4, generasi penerus seri Reno terbaru yang hadir menggantikan Reno3. Pre-order sudah dibuka sejak perkenalan resmi sejak awal Agustus lalu sedangkan penjualan perdana akan dilakukan hari sabtu ini, 15 Agustus di Mall Central Park, Jakarta. 

Di artikel ini akan dibahas beberapa hal menarik yang hadir di Reno4, sebagai bahan informasi tambahan selain berbagai artikel tentang Reno4 yang telah DS/Gadget hadirkan untuk para pembaca. Artikel ini menjadi pelengkap atas video bahas Reno4 yang sudah kami tayangkan di YouTube DailySocialTV (Anda bisa menontonnya di akhirnya artikel). 

Desain

Salah satu yang bisa jadi pertama kali menarik perhatian Reno4 adalah tentang desain. OPPO juga cukup mempromosikan tampilan Reno4 sebagai bagian dari promosi atas produk ini. OPPO Reno4 hadir dengan tampilan yang agak berbeda dari seri sebelumnya, setidaknya dari desain perangkat yang saya coba yaitu Space Black. 

Tampilan dengan desain warna ini menghadirkan beberapa efek tampilan. Pengalaman unik hadi seperti bagian atas akan mengkilap jika terkena cahaya sedangkan menuju bagian bawah ada gradasi lalu monogram logo OPPO. Dalam beberapa kesempatan, dijelaskan bahwa OPPO ingin menegaskan kesan elegan dan bergaya dengan model tampilan belakang ini.

Dari segi berat perangkat, OPPO juga cukup mengejutkan, Perangkat ini bisa dibilang sangat ringan untuk sebuah mid range, Anda tidak akan merasa bahwa kemampuan perangkat ini cukup tinggi di kelasnya namun hadir dengan rasa genggang dari sisi berat yang ringan. Grip juga terasa nyaman karena ada efek lengkungan di bagian belakang pinggir perangkat. 

Tampilan layout kamera juga cukup kekinian, sedangkan di bagian depan, double notch kecil bisa membantuk Anda menikmati konten dengan bagian layar yang cukup luas. Spesifikasi layar sendiri adalah 6.4 inci AMOLED FHD+: 2400 x 1080; PPI: 409.  

Kamera – slow motion 960fps

Sekarang kita bahas salah satu fitur utama dari perangkat ini yaitu sisi kamera. Reno4 hadir dengan spesifikasi kamera kamera utama 48 megapixel f/1.7, kamera ultra-wide 8 megapixel f/2.2, kamera macro 2 megapixel, dan kamera monokrom 2 megapixel – yang letak lensanya kecil sendiri di ujung kanan. Sedangkan bagian depan ada kamera selfie 32 megapixel serta satu lagi adalah sensor untuk mendukung fitur-fitur smart sensor seperti Smart Spying Prevention, Smart Air Control, Smart Always on Display.

Kamera belakang di perangkat ini bisa menghadirkan hasil kamera yang menarik, beberapa diantaranya adalah, untuk foto, kamera belakang AI Color Portrait Mode yang memungkinkan pengguna mendapatkan hasil foto dengan latar belakang jadi hitam dan putih, namun objek manusia yang ada di foto tetap dengan warna sebenarnya. Tidak hanya untuk foto, fitur ini juga bisa digunakan untuk video. Akan menjadi salah satu fitur yang menambah lebih menarik hasil video yang dibuat. 

Lalu ada pula fitur Night Flare Portrait yang memungkinkan pengguna mendapatkan hasil foto dengan efek neon yang artistik di bagian latar belakang foto, sedangkan objek orang akan tetap seperti aslinya. Skenario foto ini akan tepat dilakukan dengan latar belakang kampu perkotaan atau yang terdapat warna-warni cahaya, misalnya panggung konser musik. 

Selain kamera sebenernya fitur yang utama dari kamera belakang di Reno4 adalah untuk rekam video.  Yang pertama adalah fitur monochrome yang memberikan efek jenis filter beberapa warna. Pengguna bisa mempertahanan warna-warna tertentu misalnya merah, hijau atau biru dari objek yang diambil videonya. Sedangkan lingkungan yang lain yang ada di video akan tampak dalam warna hitam dan putih. Fitur ini dilenkapi dengan preview secara real-time jadi pengguna bisa melihat dulu tampilan rekaman sebelum menekan tombol record. 

Yang selanjutnya, yang adalah salah satu fitur favorit saya adalah kemampuan Reno4 untuk merekam slow motion sampai dengan 960fps. Fitur ini memungkinkan pengguna merekan gerakan dengan efek sangat lambat tapi kualitas rekamannya tetap baik. Cocok untuk berbagai skenario agar hasil video tampak menarik. Lebih lengkap hasil kualitas video dengan fitur slow motion di Reno4: 960fps@720P, 480fps@1080P, 240fps@720P, and 120fps@1080P. Jika Anda masih ragu apa asiknya fitur ini? Anda bisa membaca artikel DailySocial/Gadget ini

Selain fitur Ultra Slow-mo, kamera Reno4 juga bisa digunakan untuk perekaman 4K di 30fps, untuk di 60fps resolusinya jadi 1080p. Tidak hanya itu Reno4 juga dilengkapi dengan fitur ultra steady dan ultra steady pro untuk hasil rekaman yang lebih baik. Meski tentunya ada kompromi hasil resolusi yang dihasilkan. Ultra steady bisa di 1080p/60fps sedangkan ultra steady pro di 1080p/30fps.

Fitur ColorOS 7.2

Desain sudah, kamera sudah, nah kita masuk ke salah satu keunggulan dari Reno4 yaitu dari sisi perangkat lunak. Reno4 hadir dengan ColorOS paling baru yaitu 7.2. Di antarmuka khas OPPO ini pengguna bisa mendapatkan berbagai fitur berguna yang beluma ada di ColorOS sebelumnya. Untuk lebih lengkap bisa cek artikel ini sebagai list fitur-fitur apa saja yang bisa dinikmati. 

Sebagai rangkuman, beberapa fitur tersebut antara lain: 

  • AI APP Preloading

Melalui algoritma AI, ColorOS secara cerdas memprediksi aplikasi apa yang akan digunakan pengguna kemudian memuatnya, sehingga dapat terbuka lebih cepat. Dengan AI APP Preloading, semakin lama pengguna menggunakan perangkat, semakin cepat kecerdasan buatan dalam mempelajari kebiasaan pengguna.

Dengan AI APP Preloading, aplikasi terbuka lebih cepat dari sebelumnya yang sangat meningkatkan efisiensi. Selain itu, AI APP Preloading memiliki konsumsi baterai Nol, pengguna akan mendapatkan ponsel yang lebih cepat tanpa konsumsi baterai tambahan.

  • Anti-Fragmentation Engine

Dikembangkan secara independen oleh OPPO, Anti-Fragmentation Engine menggunakan kombinasi langkah-langkah untuk mengoptimalkan fragmentasi memori fisik dan virtual. Memastikan pengalaman system operasi yang mulus tanpa jeda, bahkan setelah menggunakannya dalam waktu yang lama.

  • Super Power Saving Mode

Fitur ini memanfaatkan pendekatan seluruh sistem (seperti penyesuaian frekuensi CPU dan penyesuaian cahaya latar) dan menyesuaikan penghematan daya untuk masing-masing aplikasi. Ada 6 (enam) aplikasi yang dapat ditampilkan pada layar Beranda dalam Super Power Saving Mode. Aplikasi Telepon, Pesan, dan Jam akan disertakan secara default, tetapi Anda dapat menggantinya dengan aplikasi lain. Ketika baterai ponsel Anda turun menjadi 10% dan 5%, sebuah pesan pop-up akan muncul yang meminta pengguna untuk mengaktifkan mode Super Hemat Daya. Dengan fitur ini, pengguna OPPO Reno4 dapat berkirim pesan WhatsApp selama 1,5 jam dan menelepon lebih dari 1 jam dengan baterai hanya 5%

  • Super Night Time Standby

Dirancang untuk mempelajari kebiasaan tidur pengguna, fitur ini mengoptimalkan masa pakai baterai hanya 2% sepanjang malam, selama sekitar 8 jam.

  • Icon Pull Down Gesture

Solusi terbaik di industri untuk membuka aplikasi yang sulit dijangkau di layar Beranda (Home) saat menggunakan ponsel dengan satu tangan. Ketika Anda menggeser ke arah atas atas, di bagian tepi kiri atau kanan layar Beranda, maka ikon aplikasi akan mengecil ke setiap ke sudut. Selanjutnya dengan posisi ibu jari tetap berada di layar, pengguna dapat memindahkan ikon aplikasi dan melepaskannya untuk membuka aplikasi.

  • Quick Return Bubble

Merupakan gelembung ikon mengambang yang menampilkan informasi dari game yang berjalan pada latar belakang. Misalnya, ketika pengguna menunggu untuk respawn (aksi pemain yang hidup kembali setelah terbunuh) dalam game, mereka dapat beralih ke layar lain sambil masih dapat melihat waktu respawn dalam gelembung. Ketika pengguna ingin melakukan respawn, maka mereka dapat mengetuk gelembung untuk kembali ke permainan.

* Game yang didukung saat ini: Mobile Legends, Mobile PUBG, Mobile Lite PUBG di India, Indonesia, Vietnam dan Thailand, AOV di Indonesia, Vietnam, Thailand.

  • Gravity Wallpaper

Wallpaper di layar Beranda dapat berubah secara dinamis tergantung pada cara pengguna memegang perangkat. Wallpaper dapat bergerak seolah-olah ditarik oleh gravitasi.

  • OPPO LAB

OPPO LAB adalah sebuah platform yang mana para engineer perangkat lunak OPPO dan pengguna dapat bekerja sama untuk menciptakan fitur-fitur inovatif bersama. Pengguna dapat mencoba fitur-fitur ini sebelum dirilis secara resmi. Pengguna juga dapat memberikan umpan balik pada fitur tertentu atau membagikannya ke dengan pengguna lain.

  • Decision Spinner

Merupakan aplikasi yang membantu untuk membuat keputusan dengan putaran roda. Spinner ini dilengkapi dengan berbagai pertanyaan seperti “Apa yang kita makan hari ini?” dan “Kemana kita pergi akhir pekan ini?” tentu saja, pengguna selalu dapat membuat sendiri pertanyaan, disertai dengan opsi jawaban.

  • Lab Ringtone

Dibuat dengan menyesuaikan gaya, nada, dan ritme pada panel slide yang mudah digunakan sehingga pengguna dapat membuat nada deringnya sendiri. Nada dering unik yang dibuat dapat digunakan untuk panggilan, disimpan ke telepon, atau dibagikan melalui platform media sosial.

Dukungan baterai dan fast charging

Untuk spesifikasi lainnya, Reno4 hadir dengan Qualcomm Snapdragon 720G SoC, kinerja CPU single-core meningkat sekitar 46% dan kinerja CPU multi-core meningkat sekitar 26% berdasar hasil tes Geekbench. Sementara itu, kinerja GPU meningkat sekitar 40% menurut hasil tes Manhattan.

Sedangkan untuk urusan baterai, Reno4 juga cukup powerfull yaitu didukung VOOC 4.0 dengan pengisian daya hingga 5V/6A 30W, dapat mengisi baterai 4015 mAh hingga 50% dalam 20 menit dan 100% dalam 57 menit.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter