Keuntungan Bare-Metal-as-a-Service sebagai Layanan Dedicated Server bagi Bisnis Startup

Bare-metal-as-a-service (BmaaS) atau dikenal juga sebagai dedicated cloud server. Bisa disesuaikan spesifikasinya dengan komputasi terjamin, dan lebih efisien secara anggaran.

Dengan berkembangnya teknologi saat ini membuat banyak perusahaan memilih untuk memanfaatkan teknologi cepat dan efisien dalam mengembangkan sebuah bisnis. Salah satunya adalah dengan memilih penggunaan teknologicloud. Bahkan menurut data IDG Cloud Computing Survei 2020 sebanyak 69% perusahaan sudah bermigrasi ke teknologicloud. Dengan adanya migrasi ini juga bukan tanpa alasan semata, kemudahancloud serveruntuk menyimpan dan membagikan data melalui jaringan internet dan pihak ketiga menjadikan penggunaan teknologicloudsemakin tinggi. Tidak hanya perusahaan besar saja yang mengadopsi server ini, berbagai startup, industri medis hingga kesehatan, dan UKM lokal sudah mengadopsinya

Namun,clouddalam teknologi juga masih belum mampu membuat semua perusahaan meninggalkan server on Premise, ada banyak pilihan yang membuat perusahaan masih bertahan dengan server on Premise, terutama perusahaan yang memiliki sensitivitas data cukup tinggi seperti perbankan, memegang kendali penuh terhadap data perusahaan menjadi salah satu alasan server on Premise bertahan.

Sementara bisnis startup teknologi seperti Artificial Intelligence, Data Mining hingga layananfintechtentunya membutuhkan server dengan kapabilitas yang tinggi serta performa yang menjanjikan salah satunya melalui teknologi servercloud.Hanya saja seiring meningkatnya penggunaan kapasitas layanancloud serverjuga akan memakan biaya yang cenderung besar, bahkan bisa menjadi lebih mahal dari server on premise, selain itu lokasi datacenter danhardwareyang digunakan juga masih menjadi perdebatan apakah mampu memenuhi kebutuhan performa yang disebutkan di atas. Namun, hal ini juga tidak menutup bahwa semua sistem servercloudberlaku demikian, karena dengan melihattrendpengeluaran untuk servercloudyang diperkirakan akan naik $482 miliar pada tahun ini, menjadi sebuah tanda bahwa perusahaan penyedia servercloudsemakin berinovasi untuk memberikan layanan yang lebih unggul dari on Premise.

Bare Metal as Service (BMaaS) sebagai Pilihan Cloud Server dengan Kinerja Komputasi Tinggi Terdedikasi

Jika bisnis startup Anda bergerak di bidangfintech, healthcare, e-commerce, hosting,atau bisnis yang membutuhkan layanan komputasi dengan kinerja tinggi dengan jaminan performa tanpa berbagiresource,maka Anda perlu menggunakan layanan baremetal server ataubare-metal-as a-service(BmaaS).

Ini karena BmaaS adalah layanan server baremetal yang sangat bermanfaat bagi bisnis yang memilikiworkload besar, namun menginginkan jaminan performa komputasi terdedikasi yang memiliki kecepatan lebih baik daripada layanan virtual. Penggunaan BmaaS yang notabene menggunakan server fisik dengan karakteristiksingle tenantpengguna bisa bebas mengoptimalkan performanya tanpa perlu khawatir gangguan dari aktivitas pengguna lain (no noisy neighbor).

Dengan kelebihan tersebut, Anda otomatis bisa mengontrolresourceseperti CPU dan RAM dari server fisik yang akan digunakan. Selain itu Anda juga dapat dengan leluasa menggunakan OS pada Server tersebut atau membuat sendiri virtualisasi di dalamnya untuk dibagi guna memenuhi kebutuhan yang berbeda. Namun dengan segala keuntungan tersebut, kita menemui berbagai kendala. Misalnya, penyedia minim menyediakanhardware ready stock,pelanggan harus memesan beberapa bulan sebelumnya, hingga tak jarang yang tersedia hanyalahhardware tipe lama dan waktu tunggu hingga bisa digunakan cukup lama hingga berjam-jam lamanya.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena Biznet Gio hadir melalui layanan NEO Metal yang merupakan Bare Metal as a Service server dengan GPU paling pertama di Indonesia untuk menjawab kendala-kendala tersebut. Layanan NEO Metal memungkinkanuseruntuk menyewahardware serverberbasiscloud dengan banyak pilihan sesuai kebutuhan. Neo Metal Didukung hardware HPE Proliant generasi terbaru dan SSD Enterprise, tersedia juga dengan berbagai pilihan sepertiprocessorAMD EPYC/Intel Xeon up to 128 Core Thread generasi terbaru, GPU NVIDIA dan RAM up to 128 GB.

Ditambahbenefitlainnya seperti fasilitas tersedia dimulti data center,gratis Inter-DC Link, dan gratis bandwidth tanpa kuota hingga 10 Gbps, spesifikasi tersebut akan menghasilkan performa yang mulus. Layanan NEO Metal menjanjikan provisioning yang sangat cepat yaitu hanya 5 menit. Dengan keunggulan tersebut, pengguna dapat menggunakan langsung server baremetal setelah melakukan pembayaran tanpa harus menunggu berjam-jam.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again