Categories

Gadget

Bersama Partner Strategis Baru, Huawei Hadirkan 3 Smartphone Y Series Anyar di Indonesia

Ketiga smartphone merupakan produk pertama yang Huawei luncurkan bersama mitra strategis baru mereka, PT. GND Imperium Perkasa.

Yoga Wisesa - 31 August 2017

Muncul di tahun 2015, Y Series dimaksudkan untuk memperkuat formasi smartphone entry-level Huawei. Karena cukup laris, raksasa komunikasi Tiongkok itu meluncurkan produk generasi keduanya tahun lalu, diikuti varian anyar yang mulai diperkenalkan pada bulan April silam. Dan di akhir Agustus ini, Huawei resmi membawa tiga anggota keluarga Y Series baru ke Indonesia.

Dalam acara pers yang dilangsungkan di kantor cabang Huawei di Jakarta kemarin, Huawei melepas Y7 Prime, Y5 dan Y3 di nusantara. Produk-produk ini tetap mengusung nama serupa seri-seri terdahulu, dan agar tidak membingungkan, produsen membubuhkan angka '2017' di belakangnya. Ketiga smartphone merupakan produk pertama yang Huawei rilis bersama mitra strategis baru mereka, PT. GND Imperium Perkasa.

Menurut penuturan country director Johnson Ma, Y7 Prime, Y5 dan Y3 dihadirkan demi memberikan konsumen lebih banyak pilihan smartphone 4G di harga terjangkau, dan juga sebuah bentuk 'komitmen perusahaan terhadap pasar Indonesia'. Perangkat-perangkat anyar ini sendiri menawarkan upgrade pada ukuran layar, daya tahan baterai, performa hardware serta kamera - diklaim sebagai yang terbaik di kelasnya.

 

Huawei Y3 2017

Merupakan model Y Series 2017 paling terjangkau, Y3 adalah smartphone 5-inci yang menjanjikan pengalaman menikmati video dan game teroptimal di rentang harga Rp 1,5 jutaan. Tubuh unibody berbahan Y3 2017 didesain tanpa sudut tajam, membuatnya nyaman digenggam. Layarnya mempunyai resolusi FWVGA (854x480p) - tidak terlalu tinggi, tapi smartphone tetap mampu menunaikan fungsinya dengan baik.

Untuk fotografi, Y3 2017 memanfaatkan sensor 8-megapixel dengan aperture f/2.0 di kamera belakang dan 2-megapixel di depan, didukung oleh berbagai mode seperti beauty, time-lapse hingga panorama. Audio juga jadi andalan. Huawei Y3 dapat menyajikan output suara yang lantang, sehingga suara lawan bicara tetap terdengar jelas meski Anda berada di ruang yang ramai.

Huawei Y3 2017 memanfaatkan chip Mediatek MT6737M sebagai otaknya, berisi CPU quad-core Arm-A53 1,1GHz, GPU ARM Mali-T720, juga menyimpan RAM 1GB, memori internal 8GB, dan baterai 2.200mAh. Untuk UI-nya, Huawei menggunakan EMUI 4.1 Mini.

Harga: Rp 1,5 juta

 

Huawei Y5 2017

Ada empat aspek andalan di Y5 2017: daya tahan baterai, performa kamera, kinerja hardware dan kemudahan akses berkat fitur Easy Key. Y5 2017 adalah smartphone 5-inci HD dengan tubuh unibody berketebalan hanya 8,45-milimeter. Rancangannya ergonomis, lalu kehadiran tekstur titik-titik halus di punggung dimaksudkan agar handset tidak mudah terlepas dari genggaman.

Membahas empat fitur utama Y5 2017, pertama, baterai 3.000mAh di dalam memastikan waktu pemakaian yang lama. Dengan satu kali charge saja, smartphone bisa tetap aktif hingga 1,5 hari. Kemudian untuk fotografi, Huawei memercayakan kamera utama 8Mp f/2.0 dipadu flash dual tone buat menyajikan hasil jepretan memuaskan. Di depan sendiri ada kamera wide-angle 5Mp plus flash LED, mampu merangkul ruang seluas 84 derajat di hadapannya.

Y5 2017 diotaki system-on-chip MediaTek MT6737T yang menyimpan prosesor quad-core Cortex A53 1,4GHz dan unit olah grafis Mali-T720. Di dalamnya ada memori RAM sebesar 2GB dan ROM 16GB. Komposisi ini Huawei yakini lebih dari cukup untuk menangani tugas sehari-hari. Keunikan lainnya adalah kehadiran Easy Key. Fitur ini memungkinkan kita menciptakan shortcut ke fungsi tertentu; contohnya tap layar sekali buat mengakses messenger, dan dua kali untuk membuka app kamera.

Harga: Rp 1,8 juta

 

Huawei Y7 Prime 2017

Y7 Prime adalah varian Y Series paling high-end, dan di sana, kita bisa menemukan sejumlah fitur-fitur perangkat flagship. Smartphone menyuguhkan layar 5,5-inci high-definition dengan kaca 2.5D, dipasang pada tubuh logam bertekstur halus. Di bagian belakang, Anda akan menemukan sensor pemindai sidik jari tak jauh dari modul kamera, diposisikan sedemikian rupa agar mudah dijangkau oleh jari telunjuk.

Fungsi fotografi ditunjang oleh kamera utama 12Mp 1,25μm, kabarnya sensitif terhadap cahaya sehingga hasil foto tetap memuaskan meski diambil dalam kondisi temaram, tak lupa dibekali fitur PDAF yang membuatnya bisa mengunci objek di kecepatan 0,3 detik. Untuk selfie, Y7 Prime dilengkapi kamera depan 8Mp yang dibantu fitur pengenal wajah serta mode beauty.

Smartphone dipersenjatai SoC Qualcomm Snapdragon 435 dengan CPU octa-core ARM Cortex A53 1,4GHz dan GPU Adreno 505. Selain itu, terdapat memori RAM 3GB, storage internal 32GB, serta baterai 4.000mAh yang katanya sanggup menghidangkan video sampai 20 jam atau waktu browsing hingga 15 jam. Y7 Prime juga sudah ditunjang interface EMUI 5.1 yang merupakan modifikasi dari OS Android 7.0 Nougat. UI ini didesain untuk menyederhanakan akses app, mayoritas bisa dibuka dalam tiga langkah.

Harga: Rp 3 juta

 

-

Huawei Y3, Y5 dan Y7 Prime rencananya akan mulai dipasarkan pada bulan September 2017. Di acara itu, Huawei juga memamerkan unit P10, sehingga ada indikasi kuat mereka punya rencana untuk turut membawanya ke nusantara.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter