1. Lifestyle

Bersiaplah, Xiaomi Redmi 2 dan Mi Pad Segera Mendarat di Indonesia

Ada sesuatu hal berbeda ketika Vice President Xiaomi Hugo Barra membawakan presentasi. Mungkin pendekatan-pendekatan kecil sejenis ini, ditambah cara mereka berinteraksi langsung ke pengguna, membuat fans begitu setia pada brand smartphone asal China tersebut. Pada momentum April Mop, Xiaomi melakukan event peluncuran terbesar kedua di Indonesia.

"Mengadakan acara pada hari April Mop memang membuat kami sempat ragu," Barra mengakui. Namun bagi Xiaomi, April merupakan bulan spesial, karena beberapa hari lagi mereka akan memperingati ulang tahun kelima. Tepat tanggal 1 April 2015, Xiaomi mengungkap beberapa agenda menarik, salah satunya yang dinanti adalah pendaratan smartphone Redmi 2 dan tabet Mi Pad.

Redmi 2 resmi dilepas secara global bulan Januari kemarin sebagai model penerus Redmi 1S. Meski sang Vice President tidak memberikan angka terperinci, ia menerangkan bahwa 1S ialah kisah sukses mereka di Indonesia. Device entry level ini boleh dibilang 'menyikat' kompetitor dari segi harga dan performa. Dan Redmi 2 bahkan lebih baik darinya.

Tapi apakah varian yang tersedia di Indonesia hanyalah tipe-tipe 'pemula' hingga menengah saja? Tidak juga, di kesempatan ini Xiaomi buat pertama kalinya akan menghadirkan gadget mobile berlayar lebar dengan spesifikasi premium di nusantara. Ia adalah Mi Pad, tablet bertenaga prosesor quad-core 2,2GHz di chip Nvidia Tegra K1. Berbicara performa, ia tidak kesulitan bersaing melawan produk ciptaan brand terkemuka dunia.

Redmi 2 masih dibekali lebar selebar 4,7-inci dan resolusi 720p. Menurut Hugo, di ukuran ini, HD ialah tingkatan maksimal di mana mata manusia tak lagi mampu membedakan resolusi yang lebih tinggi. Display tersebut mengusung teknik bernama fully laminated display: komponen LCD, sensor sentuh, dan kaca pelapis digabung menjadi satu. Alhasil respon input jadi lebih cepat.

Info menarik: Xiaomi Perluas Lini Produknya ke Ranah Rumahan

Di layar IPS itu, Xiaomi menyuguhkan kepadatan 312ppi dan standard color-gamut NTSC 70%. Warna hijau terlihat lebih hijau, biru lebih biru, dan seterusnya. Bagian ini dilindungi oleh jenis pelapis AGC Dragontrail Glass seperti di Redmi 1S.

Kamera memanfaatkan sensor backside illumiation sebesar 8-Mp f/2.2. Di kelas ini, Barra mengklaim Redmi 2 memiliki kemampuan fotografi terbaik, apalagi sensor BSI sangat efektif di kondisi minim cahaya. Dan kini ada sensor 2-megapixel di kamera depan untuk video chat. Secara keseluruhan, Redmi 2 lebih tipis 0,5 milimeter dan lebih ringan 25 gram dibanding Redmi 1S.

Fungsi pelengkap fotografi sudah termasuk beragam mode: HDR, fisheye, perintah suara, hingga fitur Beautify guna mempercantik objek foto dengan mengaplikasikan 36 buah smart filter - selfie tidak perlu lagi diedit. Buat video, Anda dapat merekam di resolusi 720p.

Komponen paling unik dari smartphone baru tersebut terletak di fitur dual SIM card-nya. Kedua slotnya mendukung 4G, tapi dapat dialihkan ke 3G. Setting paket data dan pilihan jaringan bisa diatur langsung dari device, ringkas dan tidak membingungkan. Ia juga ditenagai prosesor quad-core 1,2GHz 64-bit Cortex A-53 dan GPU Adreno 306 dalam system-on-chip Qualcomm Snapdragon 410.

Mi Pad sendiri ialah senjata Xiaomi menghadapi kompetisi tablet di market lokal. Mereka tidak tanggung-tanggung, langsung mengkomparasi Pad dengan iPad mini Retina Display. Layar kembali menjadi andalan Xiaomi. Rasio kontras dan kecerahan memang sama, namun tablet 7,9-inci Xiaomi mempunya tingkat NTSC 70% (iPad mini cuma 53%). Ia diproteksi Corning Gorilla Glass 3.

Info menarik: Xiaomi Resmi Umumkan Redmi 2A, Smartphone 4G Murah dengan Jeroan Model Baru

Display Mi Pad menggunakan jenis fully laminated IPS, menyajikan resolusi tinggi 2048x1536 di 326ppi. Aspek rasio 4:3 diambil supaya ia tetap nyaman baik dalam posisi portrait maupun landscape. Buat membaca, huruf lebih jelas, tapi kemampuan sesungguhnya akan terlihat saat menangangi video dan gaming. Apalagi terdapat chip Nvidia Tegra K1 berarsitektur Kepler dengan 192-core sebagai reaktor utamanya.

Fandy 'Bobby' Silalahi selaku Social Community Manager Xiaomi menuturkan, jumlah GFLOPS Mi Pad dua kali lebih besar dari Xbox 360, memastikan tablet ini sempurna untuk menjalankan game-game mobile. Selain itu dengan baterai 6700mAh-nya, Anda memperoleh waktu 11 jam streaming video, 17 jam membaca, 86 jam memutar musik, dan 1300 jam standby.

Kelengkapan lainnya termasuk kamera utama bersensor CMOS Sony f/2.0 8-Mp dan kamera 5-Mp di depan, teknologi MIMO dan desain dual-antena buat Wi-Fi, RAM 2GB, serta penyimpanan internal 16GB yang bisa diekspansi hingga 128GB.

Dua device di atas sudah berjalan di platform terbaru hasil pengembangan tim Xiaomi dan 'jutaan' fans, MIUI 6. Setelah memperlihatkan trailer singkatnya, Hugo Barra bertanya, "Bisakah Anda sebutkan satu kata yang menggambarkan MIUI 6?" Warna-warni dan eksekusi desain di sana ternyata diadopsi untuk memberikan kesan bahagia. Dan lewat Redmi 2 serta Mi Pad, MIUI 6 hadir resmi di Indonesia.

Tidak sabar untuk membeli Redmi 2 atau Mi Pad? Handset tesebut akan disajikan via sistem flash sale di situs Lazada. Gerbang transaksi segera dibuka tanggal 8 April 2015 pukul 11:00 WIB, bertepatan dengan Mi Fan Festival. Bobby turut mengajak kita merayakan ulang tahun Xiaomi melalui kontes di Facebook. Redmi 2 dijajakan seharga Rp 1,6 juta dan Mi Pad dibanderol Rp 3 juta saja.

Data spesifikasi lebih lengkap dapat disimak di laman Redmi 2 dan Mi Pad.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again