Categories

Gadget

BlackBerry Passport Hadir dengan Gesture Keyboard Inovatif

Oki Rosgani - 25 September 2014

BlackBery baru saja merilis smartphone terbaru mereka, yang merupakan smartphone flagship dan ditujukan untuk pengguna bisnis. Bentuknya yang unik dengan desain kotak menyerupai buku passport menjadikan perangkat ini disebut sebagai BlackBerry Passport.

Rabu, 24 September 2014 tepat pukul 20:00 WIB, BlackBerry telah mengadakan acara peluncuran BlackBery Passport, acara yang diselenggarakan di tiga negara, yakni Toronto (Kanada), Dubai (Uni Emirat Arab) dan London (Inggris) ini, mengusung jargon 'Work Wide' (bekerja secara luas) dimana kata wide itu merupakan penekanan pada kemampuan BlackBerry Passport yang memang memiliki layar wide atau lebar. Acara ini juga ditayangkan melalui webcast yang saat itu dapat diakses melalui situs live.blackberry.events.

BlackBerry Passport yang sebelumnya memiliki nama kode Windermere ini hadir dengan layar persegi berukuran 4,5 inci dengan resolusi 1,440 x 1,440 dan kepadatan layar 453 piksel.

Dengan bentuk layar seperti itu, smartphone BlackBerry mampu menampilkan 60 buah karakter dalam satu baris, pihak BlackBerry sangat yakin bahwa bentuk dan ukuran layar seperti ini akan memudahkan para pengguna untuk mendapatkan informasi lebih banyak ketimbang layar yang memanjang ke bawah.

Acara yang berlangsung di Toronto dihadiri langsung oleh CEO BlackBerry, John Chen. Dalam pembukaannya, Chen mengungkapkan lelucon perihal iPhone 6 yang bisa 'dibengkokan', dan pada kesempatan itu Chen pun menantang para hadirin, siapa yang mampu membengkokan BlackBerry Passport, dan tantangan itu disambut dengan tawa dari para undangan yang hadir.

 

Info menarik: Polaroid Cube Hadir Sebagai Action Camera Termungil, Serbaguna dan Tahan Banting

 

BlackBerry Passport hadir dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 800 MSM8974 Quad-core yang dapat berlari pada kecepatan 2.2GHz, memiliki RAM sebesar 3GB, kapasitas penyimpanan internal 32GB serta tambahan slot microSD yang mampu membaca kartu memory hingga 128GB.

Smartphone yang berjalan dengan platform BlackBerry OS 10.3 ini juga hadir dengan dua buah kamera, kamera depan 2 megapiksel yang mampu merekam video dengan kualitas 720p  dan kamera belakang 13 megapiksel yang mampu merekam video 60 fps  dengan resolusi 1080p.

Semua itu didukung dengan kapasitas baterai yang besar yakni 3.450 mAh, dengan kapasitas baterai sebesar itu, pihak BlackBerry mengklaim bahwa smartphone BlackBerry Passport mampu digunakan hingga 30 jam.

Yang menarik, smartphone BlackBerry Passport ini memiliki tiga baris atau bagian tombol fisik QWERTY yang berada di bawah layarnya, tombol ini memiliki kemampuan untuk digunakan sebagai fitur navigasi saat kita mengoperasikan BlackBerry Passort layaknya trackpad. 

Kemampuan ini disebut sebagai touch enable keyboard yang memiliki sejumlah kemampuan diantaranya; On-key Scrolling, fitur ini memungkinkan pengguna untuk memfungsikan permukaan keyboard layaknya trackpad dengan cara mengusap (swipe) permukaan layar. Fitur ini sangat berfungsi saat kita menampilkan halaman website, membaca e-mail yang panjang atau membuka file dokumen spreadsheet.

Fitur lain yang tersedia adalah Flick to Type. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk lebih menghemat waktu pengetikan karena smartphone BlackBerry Passport akan menyisipkan kemungkinan kata lanjutan (suggestion words) yang akan diketikkan oleh pengguna.

Dan dengan menjentikan jari di atas permukaan keyboard maka sebuah kata yang dimaksud akan muncul di layar tanpa harus diketik. Fitur ini sama dengan fitur yang terdapat pada smartphone BlackBerry 10 seri Z, namun kini fitur itu hadir pada keyboard fisik. Sedangkan Untuk menghapus kata, pengguna hanya tinggal mengusapkan jarinya dari kanan ke kiri diatas permukaan keyboard fungsi ini disebut juga sebagai Swipe to Delete.

 

Info menarik: BlackBerry Masih Optimis dengan BBM Money, Ekspansi ke Platform Android dan iOS

 

Dengan fungsi-fungsi gesture tersebut, pengguna juga dimudahkan untuk memilih sebuah kata atau kalimat untuk disalin (copy). Memilih kata atau kalimat cukup dengan menekan tombol shift yang ada pada layar untuk selanjutnya menggeser kursor dengan mengusap jari di atas permukaan keyboard, maka kata akan disorot.

Dan untuk menempatkan kursor pada kata tertentu dapat juga dilakukan dengan melakukan double click pada permukaan keyboard lalu menggeser jari pada permukaan keyboard untuk mengarahkan kursor pada posisi yang diinginkan.

Untuk lebih jelas mengenai fitur touch enable keyboard ini, Anda bisa melihat tayangan videonya berikut ini:

Pada acara peluncuran tersebut, BlackBerry juga memperkenalkan keberadaan platform BlackBerry OS 10.3 yang memiliki sejumlah fitur baru, diantaranya adalah BlackBerry Assistant yang diklaim memiliki kemampuan lebih baik dari Siri, ssisten digital yang terdapat pada perangkat iOS.

BlackBerry juga memperkenalkan aplikasi bernama BlackBerry Blend yang mampu menampilkan pesan (messaging) serta konten dari ponsel pintar BlackBerry ke komputer dan tablet.

Sumber dan Gambar Header: BlackBerry Blog.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter