Categories

Gadget

Bocoran Windows 9 Baru Perlihatkan Fitur Notification Center dan Cortana Versi Desktop

Yoga Wisesa - 22 September 2014

Belum lama ini sebuah situs Jerman membocorkan lebih dari 20 screenshot, memperlihatkan tampilan technical preview Windows 9. Beberapa sudah diprediksi sebelumnya (contohnya virtual desktop), tapi banyak juga fitur-fitur yang belum pernah dijumpai. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih jauh tentang apa itu Notification dan bagaimana Cortana bekerja.

Website yang sama kembali mempublikasi informasi baru, kali ini dalam bentuk video, menunjukkan satu dari beberapa kemampuan baru platform Windows. Salah satu fiturnya dinamai Notification Center. Ia bekerja hampir serupa sebagaimana notifikasi di Windows Phone, dimana konten muncul via window baru di sebelah kanan layar.

Notification Center bisa diakses cari ikon kecil di taskbar. Di posisi default, Anda dapat menemukannya di bagian kanan. Ia hadir sebagai penyempurna dari Notification Area terdahulu. Notification Center akan merangkum semua update dan info dari aplikasi hingga pemberitahuan berkenaan dengan sistem: saat meng-eject hard drive eksternal ataupun mendapatkan pesan masuk di Skype, semua hadir di sana.

 

Info menarik: Silakan Simak 21 Screenshot Bocor Terbaru Microsoft Windows 9 ‘Threshold’

 

Pertanyaan saya, apakah ia hanya terintegrasi pada app-app khusus Microsoft saja, atau juga mendukung software third-party lebih luas? Bayangkan betapa kerennya jika Notification Center mampu menghadirkan langsung chat dari program launcher semisal Steam dan Origin. Mungkin juga tidak, tapi apa salahnya berharap.

Anda bisa melihat cara kerja Notification dari video hasil unggahan WindFuture.de di bawah.

Kemudian ada satu fitur lagi yang sangat ditunggu-tunggu: Cortana. Kemampuan asisten pribadi digital pertama buatan Microsoft ini memang sudah sering dibahas. Diambil dari karakter franchise game Halo dan diisi oleh pemeran suara yang sama, Cortana diusung dengan pendekatan lebih ‘manusiawi’ dibanding Siri ataupun Google Now. Tapi seperti apa penampilan desktopnya?

Berkat WinFuture.de, kita dapat menyimak penampakan perdananya.

 

 

 

 

Info menarik: Microsoft Berencana Umumkan Windows 9 ‘Threshold’ di Akhir September

 

Menurut sumber, Cortana di Windows 9 ‘Threshold’ akan berfungsi sebagai platform reminder – meliputi info lokasi, waktu dan orang-orang, serta ada kemungkinan besar dimanfaatkan sebagai jantung dari Bing. Layaknya versi Windows Phone, ia dapat merespon pertanyaan Anda – walau belum ada demonstrasi dalam format video.

Lalu berdasarkan Recode.net, Microsoft berniat mengungkap Windows Threshold di sebuah ajang di kota San Francisco pada tanggal 30 September nanti. Acara ini rencananya dipimpin oleh Terry Myerson dan Joe Belfiore, membahas lebih lanjut pendekatan Microsoft dalam OS baru mereka serta tidak lupa memamerkannya.

Ada kabar menyebutkan bahwa Microsoft memberikan developer kemampuan untuk menciptakan app universal yang bisa berjalan di Windows, Windows Phone, dan Xbos; menyatukan ketiga platform itu. Bagi saya, hal ini sangat menarik.

Sebagai bonus, simak juga demo virtual desktop Threshold.

Via BGR. Sumber gambar: WinFuture.de.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter