10 March 2015

by Glenn Kaonang

Burg 31 Adalah Smartwatch dengan Fungsi Telepon dan Pemutar Musik

Konsep jam tangan tradisional yang ditanami fitur-fitur pintar ala smartwatch semakin hari semakin diminati banyak pabrikan. Kita sudah melihat bagaimana tampang minimalis Névo Watch dan Wiko Watch bisa memberikan fungsi activity tracking bagi penggunanya. Kini giliran produsen smartwatch asal Belanda, Burg Wearables, yang memamerkan smartwatch minimalis dengan fungsi-fungsi pintarnya.

Dinamai Burg 31, smartwatch ini sejatinya dirancang untuk kalangan anak-anak – dapat dilihat dari variasi warnanya yang amat banyak. Sepintas ia tampak seperti jam tangan biasa, dengan dial-dial analog yang menunjuk pada angka-angka di dalam case berwujud lingkaran.

Di balik delapan warna pastel yang menyelimuti kesederhanaannya, tersimpan chip GPS yang dapat memonitor lokasi secara akurat. Hal ini berarti, sama seperti kebanyakan smartwatch untuk anak-anak, Burg 31 bisa dimanfaatkan oleh para orang tua untuk mencari lokasi anaknya, lengkap dengan fitur geo-fencing untuk mengeset ‘zona aman’ bagi sang anak.

Selanjutnya, Burg 31 mengemas komponen yang jarang kita jumpai pada mayoritas smartwatch: slot kartu Micro SIM. Ya benar, arloji ini juga bisa berfungsi layaknya ponsel biasa, dimana penggunanya bisa menerima/melakukan panggilan telepon secara langsung, tanpa harus menyambungkan Burg 31 ke smartphone mereka via Bluetooth terlebih dahulu.

Info menarik: Memotivasi Anak untuk Terus Aktif bersama Miiya, Smartwatch untuk Anak-Anak

Burg Wearables tampaknya menyayangkan apabila speaker mungil berdaya 0,5 W milik Burg 31 hanya dimanfaatkan untuk menerima/melakukan panggilan telepon. Mereka pun menyematkan fungsi pemutar musik ke dalam Burg 31. Pengguna bisa menyimpan file audio ke dalam storage internalnya yang berkapasitas 128 MB, atau jejalkan kartu microSD jika masih kurang.

Lalu tibalah kita pada atribut smartwatch yang paling krusial: daya tahan baterai. Berbekal baterai lithium-ion berkapasitas 300 mAh, Burg 31 mampu beroperasi hingga 48 jam. Saat digunakan untuk menelepon, angka tersebut anjlok menjadi 2–3 jam, dan 3–4 jam untuk memutar musik.

Sejatinya tidak ada yang benar-benar istimewa dari Burg 31. Akan tetapi saya pribadi melihatnya sebagai pengganti ponsel untuk anak-anak; ketimbang menghadiahi mereka dengan smartphone Android dan khawatir mereka hanya menatap layar ponsel gara-gara Temple Run, mungkin para orang tua bisa mencoba menugaskan Burg 31 – dengan pemutar musiknya – sebagai pendamping anak-anak mereka sehari-harinya.

Jika Anda termasuk orang tua yang tertarik mencoba ide tersebut, silakan siapkan dana $129 (Rp 1,7 juta) untuk menggaet Burg 31.

Sumber: Burg Wearables via Wareable.