Aplikasi

Cara Jualan di Shopee Lengkap untuk Pemula

Siapa yang tidak mengenal Shopee? E-commerce yang identik dengan warna oranye ini menjelma jadi toko online favorit kaum wanita untuk membeli produk yang mereka inginkan. Tingginya jumlah calon konsumen yang berkunjung ke platform ini tentu bisa menjadi peluang bagus untuk Anda mencari cara jualan di Shopee dan memperoleh penghasilan dari sana.

Berjualan di toko online seperti Shopee lebih mudah dan cepat dibandingkan membuka toko offline. Anda tidak perlu menghabiskan modal yang besar untuk biaya sewa kios, pasang banner, dan lain-lain. Cukup dengan menghadirkan produk yang banyak dibutuhkan ditunjang dengan iklan serta promosi yang menarik, maka orderan demi orderan akan berdatangan.

Langsung saja, berikut adalah panduan lengkap cara jualan di Shopee untuk Anda yang ingin terjun ke dunia online shop.

Tentukan Status Sebelum Jualan di Shopee

Ketika berjualan di Shopee, Anda bisa mendapatkan beberapa pilihan mulai dari supplier, reseller, atau dropshiper. Tentukan status yang Anda pilih terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membuka toko.

  • Menjadi Suplier

Jika sebelum memulai jualan di Shopee Anda sudah memiliki produk pribadi di toko offline, maka tidak ada salahnya untuk menjual produk sendiri. Agar sukses, Anda tentu harus mengenal kelebihan dan kekurangan produk dengan detail. Agar pesanan tidak terhambat, pastikan untuk merekrut karyawan produksi tetap.

Ketika menjual produk sendiri di Shopee, maka Anda bisa mengendalikan dan meningkatkan kualitas produksi. Selain itu barang yang dijual lebih mudah dikelola. Anda bahkan bisa menjadi supplier dengan merekrut reseller dan dropshipper untuk membantu penjualan barang.

  • Menjadi Reseller

Jika Anda memiliki modal cukup namun tidak memiliki produk sendiri, maka menjadi reseller bisa menjadi pilihannya. Kemudahannya, Anda tidak perlu bingung mengelola barang, karena fokus utama adalah langsung menjual barang yang sudah dibeli dari supplier.

Selain itu menjadi seorang reseller dapat meningkatkan potensi penjualan. Hal ini dapat terjadi jika Anda memilih supplier besar yang sudah terkenal dan memiliki reputasi bagus di pasaran. Untuk bisa menjadi seorang reseller, Anda harus melakukan pembelian produk  dengan jumlah minimum yang telah ditetapkan oleh supplier.

  • Menjadi Droshipper

Dropshipper tidak jauh berbeda dengan reseller karena Anda hanya perlu menjual produk supplier. Menjadi dropshipper jauh lebih mudah dibandingkan reseller karena Anda tidak perlu melakukan stok barang.

Tugas utama seorang dropshipper adalah melakukan promosi dan mencari calon konsumen yang siap membeli produk. Ketika orderan datang, maka Anda hanya perlu meneruskan pesanan ke supplier. Hasil selisih barang yang Anda jual dengan harga dari supplier yang akan menjadi keuntungan.

Install Aplikasi Shopee

Setelah menentukan status seperti apa yang ingin diambil, maka selanjutnya Anda sudah bisa membuka toko di Shopee. Langkah pembuatan toko di Shopee cukup mudah.  Jika sebelumnya Anda belum memiliki aplikasi, maka download aplikasi Shopee terlebih dahulu di Google Play Store atau AppStore.

Buat Toko Online

Langkah-langkah yang harus dilakukan ketika membuat toko online di Shopee antara lain:

  • Daftar AkunToko

Setelah memiliki aplikasi Shopee, langkah selanjutnya yaitu melakukan pendaftaran akun toko terlebih dahulu. Tahapan langkah yang harus dilakukan untuk membuat akun toko antara lain

  • Buka aplikasi Shopee, lalu pilih fitur “Saya” pada ujung bawah bagian kanan, lalu pilih “Daftar”
  • Pada menu “Daftar” ketikkan nomor HP aktif Anda lalu klik “Kirim Kode Verifikasi”. Tunggu beberapa detik hingga muncul notifikasi pesan yang berisi kode.
  • Setelah pesan masuk, ketikkan serial kode verifikasi pada kolom yang tersedia, lalu klik “Lanjut”
  • Ketikkan username atau nama toko yang telah Anda tentukan beserta password. Konfirmasi password yang telah diketik lalu klik “Lanjut”
  • Akun toko sudah jadi dan siap untuk dilengkapi

Tips:

Memiliki akun toko yang profesional menjadi langkah awal agar produk yang dijual di toko Anda terlihat menarik di mata konsumen. Oleh karena itu, Anda harus memilih nama toko yang tepat agar dapat menarik perhatian calon konsumen.

  • Lengkapi Profil Toko dengan Jelas

Toko online dengan profil yang jelas tentu dapat memudahkan konsumen untuk mengenal toko Anda lebih dalam. Hal-hal yang harus dilengkapi para profil toko antara lain nama toko, deskripsi produk, dan gambar toko.

  • Nama Toko

Ketikkan nama toko sesuai dengan brand yang telah Anda tentukan sebelumnya. Agar lebih mudah diingat konsumen, gunakan nama brand yang simpel namun mempunyai ciri khas unik yang menggambarkan produk Anda.

  • Deskripsi Produk

Pada kolom deskripsi produk, berikan keterangan yang jelas dan terorganisir. Deskripsi produk yang jelas dapat meminimalisir miskomunikasi dengan pelanggan. Anda juga tidak terlalu pusing menjawab pertanyaan pelanggan terkait yang umumnya menanyakan hal yang serupa.

  • Gambar Toko

Gambar toko merupakan kunci visual untuk dapat menarik perhatian pertama calon pelanggan. Untuk menarik perhatian calon konsumen, Anda bisa memilih foto atau gambar menarik yang menjadi ciri khas produk yang dijual.

Untuk melengkapi data profil pada toko online di Shopee, hal yang harus dilakukan antara lain:

  1. Buka Aplikasi Shopee
  2. Klik fitur “Saya”
  3. Klik fitur “Toko saya”
  4. Klik fitur “Asisten Penjual”
  5. Klik fitur “Profil Toko”
  6. Isi profil yang dibutuhkan seperti nama toko, deskripsi produk, serta gambar toko.

Upload Produk

Setelah profil toko jelas dan lengkap, maka Anda sudah bisa memposting foto produk pertama di toko online. Agar menarik pelanggan, Anda bisa mengedit foto produk terlebih dahulu sehingga terlihat lebih menarik. Langkah yang harus dilakukan ketika melakukan upload foto produk antara lain

  1. Buka Aplikasi Shopee
  2. Klik Fitur “Saya”
  3. Klik fitur “Mulai Jual”
  4. Lengkapi deskripsi informasi produk yang tersedia antara lain
  • Nama produk
  • Deskripsi
  • Kategori
  • Harga
  • Stok dalam satuan pcs
  • Variasi
  • Berat
  • Kondisi produk
  • Jasa pengantaran yang digunakan
  1. Klik “Simpan dan Tampilkan”

Iklan Produk

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengiklankan produk. Beberapa fiturnya bahkan sudah disediakan oleh Shopee. Beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk antara lain

  • Fitur Gratis Ongkir

Shopee menyediakan program daftar ongkir yang bisa Anda gunakan untuk menarik perhatian calon konsumen. Namun sebelum bisa mendaftar program gratis ongkir, Anda beberapa kriteria yang harus dipenuhi antara lain status toko yang aktif, tetap menerima pesanan setiap hari, tidak memiliki riwayat pembelian manipulatif, dan tidak mendapatkan poin penalti lebih dari 3.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mendaftar program gratis ongkir Shopee antara lain:

  1. Buka aplikasi Shopee
  2. Klik Menu Gratis Ongkir XTRA
  3. Klik Menu Semua Gratis Ongkir
  4. Gulir layar hingga ke bawah lalu pilih Daftar Sekarang
  5. Upload dokumen yang dibutuhkan antara lain nomor KTP, foto e-KTP, serta foto close-up Anda dengan memegang e-KTP.
  6. Ceklist kolom “Syarat dan Ketentuan” untuk menyetujuinya
  7. Program Gratis Ongkir Anda sudah Aktif
  • Fitur Naikkan Produk

Selain fitur gratis ongkir XTRA, Anda juga bisa memperbesar peluang orderan dengan menggunakan fitur “Naikkan Produk”. Ketika menggunakan fitur ini, maka produk Anda secara otomatis naik ke urutan paling atas. Fitur ini bisa digunakan selama 4 jam sekali dengan maksimal 5 produk yang bisa dinaikkan.

Langkah-langkah menaikkan produk di toko online Shopee antara lain:

  1. Buka Aplikasi Shopee
  2. Klik Menu “Saya”
  3. Klik “Toko Saya”
  4. Pilih produk yang akan dinaikkan lalu klik “Naikkan produk”
  • Fitur Live Shopee

Live Shopee merupakan salah satu fitur terbaru di Shopee yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan calon konsumen. Kesempatan transaksi ketika mengadakan live streaming juga sangat besar. Iklankan produk yang Anda jual dengan bahasa yang sopan dan ramah. Jangan lupa untuk segera memproses pesanan yang masuk setelah proses live Shopee berakhir.

  • Fitur Produk Pilihan Toko

Sejak tahun 2018, Shopee menyediakan fitur Produk Pilihan Toko dimana seller dapat membuat katalog produk khusus yang berisi 4-8 produk. Langkah-langkah mengaktifkan fitur ini antara lain:

  1. Masuk ke Aplikasi Shopee
  2. Klik Menu “Promosiku”
  3. Klik Menu “Tambah Koleksi”
  4. Isi bagian nama koleksi sesuai dengan nama yang Anda kehendaki lalu klik tanda “+”
  5. Masukkan 4 hingga 8 produk yang diinginkan
  6. Klik “Konirmasi”
  7. Sebelum disimpan, lakukan pemeriksaan ulang terlebih dahulu. Jika sudah klik “Simpan”
  8. Klik “Aktifkan sekarang”

Terima Pesanan

Setelah melakukan iklan dan mendaftarkan toko kedalam fitur “Gratis Ongkir”, maka saatnya untuk menunggu orderan pertama datang. Anda mungkin masih kebingungan memproses orderan jika ini merupakan pertama kalinya berjualan online. Namun jangan khawatir, menerima dan memproses pesanan di Shopee sangatlah mudah.

Langkah-langkah untuk menerima pesanan yang masuk ke pelanggan antara lain

  • Buka Aplikasi Shopee
  • Klik Menu “Saya”
  • Klik Menu “Penjualanku”
  • Pada menu penjualanku Anda bisa melihat produk apa saja yang sudah dichekout oleh pelanggan. Saat pelanggan sudah melakukan checkout namun belum melakukan transfer, maka status pesanan masuk kedalam menu “Belum Bayar”
  • Ketika pelanggan sudah melakukan transfer, maka tab produk akan otomatis berpindah ke tab “Perlu Dikirim”
  • Anda bisa memproses orderan ketika notifikasi pesanan sudah beralih ke tab tersebut.
  • Klik menu “Perlu Diproses” untuk memproses pesanan konsumen
  • Saat melakukan pengiriman, gunakan jasa kurir yang sesuai dengan pilihan konsumen dalam pesanan.
  • Klik Menu “Atur Pengiriman”
  • Klik Menu “Saya Antar ke Counter”
  • Masukkan invoice resi pada menu lalu tunggu konfirmasi dari Shopee.
  • Jika data sudah diproses, maka barang kiriman akan otomatis berpindah ke tab “Sedang Dikirim”
  • Anda bisa menunggu orderan sampai ke tangan pelanggan.
  • Ketika barang sudah diterima dan konsumen melakukan verifikasi penerimaan, maka produk pesanan akan berpindah ke tab “Selesai”
  • Selamat, Anda telah berhasil melakukan orderan.

Tarik Dana

Saat orderan telah diterima dan pelanggan selesai melakukan verifikasi penerimaan barang, maka saldo pembelian produk akan masuk kedalam dompet Shopee Anda. Oleh karena itu, saat membuat toko online Shopee, jangan lupa untuk membuat dompet Shopee juga. Langkah pembuatan dompet Shopee antara lain

  • Buka Aplikasi Shopee
  • Klik Menu “Saya”
  • Klik Menu “Dompet Saya”
  • Isi keterangan yang dibutuhkan untuk mengaktifkan dompet seperti pin dompet dan nomor rekening
  • Dompet Shopee Anda telah aktif

Ketika konsumen sudah melakukan verifikasi, maka dana secara otomatis akan cair ke dompet Shopee Anda. Anda bisa menyimpan dana di dompet Shopee atau melakukan pencairan untuk bisa masuk langsung ke rekening pribadi.

Tips Cepat Mendapatkan Pelanggan Pertama

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap tahun, jumlah penjual di Shopee semakin membludak. Anda tentu harus pintar-pintar melakukan strategi sehingga calon konsumen tertarik untuk membeli produk di toko Walaupun persaingan semakin sulit, bukan berarti Anda tidak bisa sukses berjualan di Shopee. Dengan sedikit trik, maka Anda bisa mendapatkan pelanggan pertama dengan cepat. Lalu apa saja tipsnya?

  • Upload Foto yang Jelas dan Menarik

Foto menarik tidak harus menggunakan hiasan atau desain yang terlalu semarak. Untuk memberikan foto yang lebih jelas, Anda justru disarankan untuk memberikan background putih pada setiap foto produk.

Foto yang bagus tentu dapat menarik perhatian pembeli. Selalu perhatikan resolusi foto dan kondisi pencahayaan untuk mendapatkan hasil terbaik. Jika tidak ahli mengambil gambar, Anda juga bisa menggunakan jasa fotografer profesional.

  • Berikan Harga yang Kompetitif

Memasang harga di Shopee memang harus jeli. Jika terlalu mahal, produk Anda tentu tidak akan dilirik. Namun jika terlalu murah, Anda tentu akan rugi. Selain itu calon konsumen bisa meragukan kualitas produk yang dijual.

Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan riset harga produk sebelum mengupload barang ke toko online. Anda juga bisa melakukan trik dengan memberikan diskon atau voucher sehingga calon konsumen lebih tertarik untuk berkunjung ke toko.

  • Manfaatkan “Flash Sale”

Shopee menyediakan fitur Flash Sale untuk menampilkan penjualan cepat langsung di beranda. Menggunakan fitur Flash Sale dapat memberikan peluang penjualan yang lebih cepat. Namun sebelum memanfaatkan fitur ini, pastikan untuk memperhatikan strok produk. Setelah harga diskon yang Anda ajukan diverifikasi oleh Shopee, maka Anda bisa langsung memanfaatkannya.

  • Sebarkan Link Toko Anda di Social Media

Mendapatkan pelanggan tetap dari orang yang belum dikenal memang agak sulit terutama jika Anda baru pertama kali membuka toko online. Namun, hal ini tentu akan lebih mudah jika Anda memperkenalkan toko online ke orang-orang terdekat terlebih dahulu melalui media sosial.

Anda bisa menautkan link toko pada postingan atau status story Anda baik melalui Whatsapp, Facebook, Instagram, atau Twitter. Saat ada yang menanyakan ketersediaan produk dan memesannya, maka Anda bisa mengarahkan calon konsumen untuk melakukan transaksi via Shopee.

  • Perbanyak Variasi Produk

Memperbanyak variasi produk di toko online juga dapat memperbesar kesempatan untuk mendapatkan pelanggan pertama. Anda tentu dapat menambah variasi produk pada toko sehingga keinginan pelanggan untuk membeli produk semakin besar.

Misalnya jika Anda menjual produk pakaian anak jenis baju atau atasan, maka tambahkan variasi produk lain seperti celana, jaket, atau sweater.

Syarat Menjadi Star Seller

Toko yang memiliki reputasi star seller tentu lebih banyak dikunjungi konsumen dibandingkan toko lain. Oleh karena itu, saat awal buka, segera kejar status toko Anda hingga mencapai star seller. Hal ini tentu dapat memperbesar peluang orderan yang lebih besar. Beberapa syarat yang harus dipenuhi agar toko online Anda mendapat status star seller antara lain

  • Memiliki rating minimal 4.5
  • Menghasilkan penjualan minimal 100 pesanan
  • Melayani minimal 25 pembeli selama 1 bulan
  • Persentase chat dibalas sebanyak 100%

Itulah tadi beberapa cara jualan di Shopee yang bisa langsung Anda praktekkan. Untuk bisa mendapatkan orderan pertama dengan cepat, jangan lupa untuk melakukan berbagai tips yang telah disarankan. Semoga dapat menjadi pedoman menarik bagi Anda yang ingin mulai berjualan. Semoga sukses!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter