1. DScovery

Contoh Body Email di Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Di era digital saat ini, mencari pekerjaan secara online melalui email sudah menjadi hal yang lumrah. Jika kamu memilih untuk mengirim email lamaran, kamu tidak dapat melewati email lamaran atau body email. 

Saat ini, banyak perusahaan yang melakukan proses rekrutmen secara online. Kamu hanya perlu mengirimkan dokumen aplikasi secara online tanpa harus mencetaknya dan mengirimkannya melalui kurir. Kamu dapat melamar pekerjaan melalui portal pekerjaan, LinkedIn, situs web perusahaan, dan email perusahaan.

Meskipun mencari pekerjaan secara online bukanlah hal yang baru, banyak yang masih bingung tentang apa yang harus dimasukkan ke dalam badan email lamaran kerja. Begitu banyak mengirim file lamaran tanpa badan email. Body email memungkinkan kamu untuk menyapa perekrut, memperkenalkan diri, dan mempromosikan diri kamu secara singkat kepada perekrut. Itu juga memberikan kesan yang baik.

Buat kamu yang sering menyisakan spasi dan bingung saat menulis body aplikasi, yuk simak beberapa contoh di bawah ini dan cara penulisannya!

Hal yang Harus Dimuat dalam Body Email

Isi body email adalah sapaan atau pengenalan diri pelamar kepada perusahaan sebelum membaca CV. Jadi kamu harus berusaha menampilkan diri sebaik mungkin agar CV kamu diperhatikan. Oleh karena itu, kontennya harus komprehensif dan detail, serta menarik.

Apa saja isi body email lamaran kerja? Berikut formatnya:

• Sertakan nama dan posisi yang kamu lamar di baris subjek email. Jangan biarkan kosong!

• Pembuka, yaitu informasi tentang siapa yang dituju oleh lamaran kamu. Misalnya untuk HRD perusahaan.

• Perkenalan diri, posisi yang dibutuhkan, tempat kamu menemukan informasi tentang lowongan tersebut.

• Isi, di sini kamu dapat membenarkan mengapa kamu cocok untuk posisi yang kamu lamar. Juga kaitkan dengan minat kamu pada pekerjaan itu, ceritakan tentang pengalaman yang terlibat dan apa yang dapat kamu bawa ke perusahaan dengan menjadi bagian darinya.

• Paragraf terakhir adalah untuk berterima kasih kepada pembaca email dan mengungkapkan harapan kamu agar lamaran kamu dipertimbangkan. Juga beri tahu mereka bahwa kamu juga akan menyertakan resume dan persyaratan lainnya di email.

• Akhir kata, penuh dengan "best regard" atau "salam" dan nama lengkap kamu dibawah.

• Tambahkan tanda tangan yang menyertakan informasi kontak yang dapat digunakan untuk menghubungi kamu misal alamat email dan nomor telepon.

Tips Menulis Body Email Lamaran Kerja

Berikut adalah beberapa tips dalam menulis body email lamaran kerja:

Kirim Email pada Waktu yang Tepat

Hindari mengirim email pada tengah malam, akhir pekan atau hari libur umum karena HRD biasanya tidak bekerja saat ini, sehingga ada kemungkinan HRD tidak akan membaca email kamu.

Hindari Menulis Email terlalu Panjang

Teks email lamaran yang baik dan benar singkat dan informatif. Perekrut hanya memiliki waktu singkat untuk membaca email kamu sebelum melihat resume terlampir kamu. Menulis isi email pelamar kerja yang terlalu panjang juga bisa membuat perekrut lelah.

Cek Kembali Cara Penulisan Kata

Jika kamu selesai menulis teks email lamaran kerja kamu dengan benar, alangkah sayangnya jika ada kesalahan ketik di dalamnya. Kamu dapat copy dan pasti konten email lamaran kerjamu ke Microsoft Word atau Google Docs untuk secara otomatis memeriksa kata-kata yang salah eja.

Tulis Email dalam Bahasa Baku

Kebanyakan orang beranggapan bahwa gaya penulisan email tidak boleh terlalu formal. Namun, ingatlah bahwa pesan yang kamu kirimkan mencerminkan profesionalisme kamu. Hindari slang, gaul dan singkatan yang tidak pantas.

Contoh Body Email Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

Jika kamu seorang fresh graduate tanpa pengalaman kerja, pengalaman organisasi penting di bagian ini.

Jika pengalaman dan latar belakang pendidikan kamu tidak sesuai dengan posisi yang kamu lamar, kamu dapat membagikan keterampilan dan minat kamu yang akan membantu memberi dampak pada perusahaan. Berikut contohnya.

Subjek email: Fenny Astuti - SEO Content Writer Part Time

Yth. HRD Pusaka Cendana Edukasi

Perkenalkan nama saya Fenny Astuti. Saya mendapat informasi lowongan kerja dari website Pusaka Cendana Edukasi pada tanggal 11 Maret 2023. Dengan ini saya tertarik untuk melamar pada posisi content writer di Pusaka Cendana Edukasi karena sesuai dengan pengalaman dan pendidikan saya.

Saya lulus pada tahun 2019 dari Berlin University jurusan Economic and Business. Selama kuliah saya aktif berpartisipasi dalam perlombaan di bidang marketing junior dan memenangkan 3 kali kejuaraan. Selain itu, saya juga aktif mengikuti berbagai kegiatan organisasi. Dengan pengalaman dan latar belakang pendidikan yang saya miliki, saya yakin dapat memberikan kontribusi terbaik dalam bidang SEO Content Writer.

Bersama email ini, saya juga lampirkan CV dan portofolio hasil karya dan pengalaman saya untuk dijadikan pertimbangan.

More Coverage:

Terima kasih banyak atas waktu dan pertimbangan Anda untuk posisi ini. Saya dengan senang hati ingin berbicara lebih detail mengenai peluang ini dan menantikan kabar dari Anda.

Hormat saya,

Fenny Astuti

088965436745

fennyastuti123@email.com

Contoh Surat Lamaran Kerja Berbahasa Inggris untuk Posisi HRD

Begitulah cara menulis body email lamaran beserta tips dan contohnya. Setelah kamu memahami cara menulisnya, kamu dapat mulai membuat resume dan menemukan pekerjaan impian kamu.

Sumber Scribd
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again