11 Cara Memulai Bisnis Kuliner Menguntungkan

Simak informasi seputar pengertian, keuntungan, dan cara untuk memulai bisnis kuliner yang menguntungkan

Ingin memulai usaha? Bisnis kuliner mungkin akan cocok untuk kamu coba. Bisnis kuliner merupakan salah satu pilihan bisnis yang eksekusinya tergolong mudah. Mengapa demikian? Walaupun promosi produk makanan hanya minim, setiap orang yang menginginkan produk bisa langsung datang atau memesan makanan yang mereka inginkan.

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan dan akan membuahkan keuntungan yang besar apalagi jika dikelola dengan baik. Usaha di bidang kuliner sejak dulu dikenal sebagai bisnis yang tidak akan mati. Hal tersebut terjadi karena bisnis kuliner biasanya akan selalu memiliki konsumen. Dengan demikian, bisnis kuliner akan sangat cocok jika kamu merupakan seseorang yang kurang ingin mengambil risiko. Usaha kuliner juga merupakan bisnis dengan modal usaha yang tergolong sedikit (terlebih melihat perkembangan promosi digital saat ini). 

Apakah kamu tertarik untuk memulai langkah untuk berkecimpung di bisnis kuliner? Atau kamu mungkin masih ragu untuk nyemplung ke industri ini? Yuk, simak informasi seputar pengertian, keuntungan, dan cara untuk memulai bisnis kuliner ini!

Ilustrasi cara memulai bisnis kuliner | Pexels

Pengertian Bisnis Kuliner

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bisnis adalah usaha komersial dalam dunia perdagangan. Sementara itu, kuliner adalah hal yang berhubungan dengan masak-memasak. Dengan begitu, secara harfiah, bisnis kuliner adalah usaha komersial yang berkaitan dengan makanan atau masakan.

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang rasanya tidak akan pernah punah sedari dulu. Dewasa ini, bisnis kuliner tidak hanya menyajikan soal rasa makanan. Pada misalnya, Kopi Joss –kopi tradisional Yogyakarta yang dicelup arang– menawarkan pengalaman unik minum kopi autentik dengan arang panas. Coffee shop saat ini tidak hanya menawarkan makanan dan minuman dengan harga bersaing saja, kebanyakan mereka akan menawarkan working space dengan wifi bagus atau tempat foto estetik.

Bisnis kuliner merupakan salah satu usaha yang sangat luas dan masih bisa banyak dieksplor. Banyak sekali ide usaha yang sebenarnya mungkin sudah familier bagi kita. Akan tetapi, pebisnis dapat menemukan peluang untuk melakukan modifikasi, penambahan elemen, atau mungkin pengalaman baru bagi konsumen. Contohnya adalah donat Indomie yang beberapa tahun lalu sempat viral padahal mungkin jika kita ulik, ia rasanya mirip dengan omelet mie.

Jajanan viral donat indomie | Instragram resmi Indomie Australia @indomieau

Seringkali kita dapat melihat bahwa bisnis makanan memiliki tren. Selain donat mie, publik sempat gembar dengan es kepal Milo. Orang dibalik usaha es kepal milo mengambil kesempatan dari orang-orang yang FOMO karena teman mereka mungkin sudah mencoba menu viral ini. Jika mungkin kamu kurang familiar dengan kata FOMO (Fear of Missing Out), istilah tersebut digunakan untuk seseorang yang merasa takut tertinggal.

Saat ini, media sosial begitu banyak mempengaruhi setiap kalangan. Suatu fenomena viral seringkali mendorong orang-orang untuk mencoba sesuatu untuk konten. Banyak orang yang berkecimpung di dunia bisnis melihat peluang ini. Mereka pun mendapatkan keuntungan besar dari bisnis kuliner yang mereka jalankan. Mungkin saja selanjutnya jadi giliran kamu loh!

Keuntungan Usaha di Bidang Kuliner

Melalui pengertian bisnis kuliner, kamu sudah mengetahui mengenai perkembangan bisnis kuliner di era saat ini. Mungkin kamu masih ragu untuk memulai langkah usaha kuliner. Berikut ini adalah keuntungan jika kamu mendirikan usaha bisnis kuliner.

Bisnis Makanan Dikenal Tidak Akan Mati

Usaha kuliner dikenal sebagai suatu pilihan bisnis yang cukup stabil. Makanan merupakan barang primer atau pokok. Tidak sedikit orang yang tidak sayang untuk menghabiskan uang mereka untuk membeli makanan apalagi jika rasa masakan tersebut sudah melekat di lidah mereka. Akhir-akhir ini mungkin kamu banyak melihat beberapa bisnis dengan industri tertentu mengalami gulung tikar atau kebangkrutan. Bisnis makanan rasanya akan selalu aman jika sudah menemukan target pasar yang tepat.

Bisnis Kuliner Mudah untuk Dikreasikan

Produk makanan merupakan salah satu komoditas yang sangat mudah untuk dieksplorasi dan dikreasikan. Inovasi baru pada produk makanan dapat menarik pembeli baru untuk berbondong-bondong mencoba menu pada bisnis. Pada misalnya, Ayam Keprabon memiliki menu sushi ayam geprek mozarella yang menggabungkan dua jenis makanan (fushion) sushi dan ayam geprek.

Seiring Waktu, Keuntungan akan Berlipat

Sewaktu awal membuka usaha mungkin pendiri usaha makanan merasakan jika keuntungan yang didapatkan belum dapat dibilang menguntungkan. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, dengan ditemukannya supplier dan konsumen yang loyal, bisnis kuliner mampu untuk balik modal dan mendapat keuntungan berlipat. 

Kemudahan Promosi di Era Digital

Saat ini kegiatan promosi tidak selalu harus mengeluarkan modal besar. Pelaku usaha dapat melakukan promosi melalui media sosial. Bisnis kuliner dapat memanfaatkan platform sosial media untuk membuat konten yang nantinya dapat dibagikan kepada teman-teman terdekat dahulu. Selain itu, kemudahan pemesanan melalui media chatting saat ini sangat dapat terasa melalui adanya Whatsapp atau fitur perpesanan lain.

Lokasi Tidak Terbatas

Bisnis kuliner tidak hanya harus diselenggarakan pada suatu lokasi tertentu. Bisnis kuliner dapat dimulai di rumah dengan pengadaan jasa antar ke rumah konsumen. Jika pelaku bisnis mungkin takut akan risiko bahwa makanannya tidak laku, mereka dapat membuat sistem di mana mereka hanya akan melakukan produksi jika ada pesanan.

Bisnis Kuliner Kerap Jadi Lokasi Wisata

Wisata kuliner biasanya menjadi suatu opsi tempat liburan bagi keluarga maupun suatu kelompok pertemanan. Dengan menawarkan keunikan tertentu, bisnis yang kamu jalankan dapat menjadi pilihan wisata bagi konsumen dan tentunya menghadirkan keuntungan yang menjanjikan buat kamu.

Modal Usaha Tergolong Kecil

Berbicara mengenai modal usaha, ukuran modal dari suatu bisnis kuliner akan menyesuaikan dengan produk yang akan diproduksi. Sekarang, pelaku usaha bisnis dapat meminimalkan pengeluarannya melalui kemudahan yang disediakan oleh globalisasi. Lokasi bisnis dapat diselenggarakan di rumah sendiri sehingga mengurangi ongkos sewa. Promosi dapat melalui media yang sebarannya luas namun memiliki ongkos yang rendah yaitu melalui media sosial.

11 Cara Memulai Bisnis Kuliner

Okay, mungkin kamu sekarang sudah yakin dengan keuntungan yang didapatkan melalui bisnis kuliner. Akan tetapi masih bingung dengan langkah awal apa yang harus dilakukan untuk memulai bisnis kuliner. Berikut ini adalah langkah0langkah yang dapat kamu lakukan untuk memulai usaha makanan.

Mengeksplorasi Rasa dan Produk yang akan Dijual

Produk merupakan suatu aspek yang paling penting dalam bisnis. Kalau produk yang dijual tidak memberikan nilai tambah kepada konsumen, berarti siapa yang akan membeli produk tersebut? Langkah awal utama untuk memulai usaha di bidang kuliner adalah dengan menentukan produk apa yang ingin dijual. Berikan ide-ide unik agar konsumen tertarik dengan produk yang kamu tawarkan.

Menentukan Target Pemasaran

Setelah produk, target pemasaran merupakan aspek penting lain yang harus diperhatikan dengan saksama oleh pelaku bisnis. Banyak terjadi beberapa usaha yang tidak dapat bertahan dengan gerusan persaingan usaha karena mereka salah dalam menentukan target pasar.  Dalam kegiatan pemasaran, salah satu model framework yang dapat membantu kamu untuk menentukan target pasar dan brand yang ingin kamu kembangkan adalah segmenting, targeting, dan positioning (STP).

Proses segmentasi adalah proses untuk mengelompokkan masyarakat dalam kelompok-kelompok tertentu berdasarkan aspek demografi, geografis, maupun dari behavioral (kebiasaan). Targeting adalah proses untuk menentukan kelompok mana dari yang tadi sudah dibagi dalam aktivitas segmenting untuk menjadi target pasar. Terakhir, positioning adalah aktivitas untuk menentukan bagaimana posisi produk di mata target yang telah ditentukan. Positioning juga dapat diartikan sebagai brand atau citra produk bagaimana yang harus ditampilkan pada target pasar yang telah ditentukan.

Analisis bisnis sebagai cara untuk memulai bisnis kuliner | Pexels

Melakukan Analisis Mengenai Seberapa Menariknya Bisnis

Selain menentukan produk dan target pasar, kamu mungkin perlu juga untuk melakukan analisis lebih mendalam atas produk yang ingin kamu jual. Kamu dapat memulai dengan melihat ketertarikan konsumen melalui analisis pasar. Kemudian, kamu juga dapat melakukan analisis kompetitor terlebih dahulu. Framework yang mungkin dapat membantu kamu dalam analisis kompetitor salah satunya adalah dengan melihat aspek SWOT dari bisnis milikmu dan bisnis kompetitor. SWOT adalah model untuk mengetahui kekuatan (Strength), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunity), dan ancaman (Threat) suatu unit bisnis.

Menentukan Lokasi Usaha

Lokasi juga merupakan salah satu aspek yang begitu penting dalam usaha. Lokasi yang strategis akan menarik konsumen-konsumen baru. Seiring dengan meningkatnya perkembangan teknologi, usaha pun dapat dilakukan di rumah. Nah, akan tetapi, pelaku usaha juga harus mempertimbangkan bagaimana produk dapat sampai ke tangan pelanggan dengan baik. 

Menyiapkan Modal

Modal merupakan salah satu hal yang dapat menjadi hambatan bagi orang-orang yang ingin memulai bisnis kuliner. Ketika memulai bisnis, modal awal merupakan hal yang cukup mahal karena mungkin usaha tersebut membutuhkan peralatan canggih, instalasi berbagai macam perabot pada lokasi baru, biaya sewa, dan lain sebagainya. Untuk itu, lakukan budgeting dan persiapan modal dengan terperinci untuk membuat usaha kamu berjalan mulus.

Mencari Supplier Bahan Baku

Bahan baku tentunya akan sangat penting untuk membuat produk kita dapat diolah. Dengan memperoleh supplier yang baik dan responsif, proses produksi bisnis kuliner kamu akan berjalan lebih baik. Selain itu, melalui negosiasi kamu bisa mendapatkan harga bahan baku yang lebih murah.

Mencari Karyawan yang Tepat

Ketika bisnis kuliner sudah memiliki skala yang cukup berkembang, karyawan baru mungkin akan diperlukan untuk membuat proses bisnis berlanjan semakin baik. Rekrut karyawan yang amanah, memiliki etos kerja, dan bertanggung jawab yang tinggi sehingga produktivitas bisnis dapat meningkat.

Melakukan Promosi

Kegiatan promosi juga merupakan salah satu aktivitas yang penting bagi suatu bisnis kuliner. Kemudahan dalam mempromosikan produk saat ini mungkin sangat terasa jika dibandingkan dahulu ketika kita belum memakai media sosial. Ketika kamu memiliki modal yang cukup, digital marketing yang gencar mungkin dapat menjadi pilihan untuk mengembangkan bisnis kamu. Jika perlu, bisnis kuliner dapat bekerja sama dengan influencer dengan audience yang cukup masif sehingga mampu menarik konsumen untuk mencoba produk bisnis kuliner kamu.

Memastikan Bisnis telah Mendapatkan Izin

Banyak kasus terjadi bahwa beberapa bisnis ditutup secara paksa karena tidak memiliki izin usaha. Selalu pastikan bahwa usaha kuliner yang kamu jalankan memiliki izin usaha ya!

Selalu Memastikan Arus Kas Keluar dan Masuk Aman

Pembukuan keuangan merupakan hal yang esensial bagi bisnis. Pembukuan akan membuat pengeluaran dan pemasukan yang terjadi dalam usaha menjadi transparan. Selain itu, dengan pencatatan keuangan, bisnis kuliner akan lebih mudah untuk melihat kapan usaha dapat balik modal, profit dari tiap periode, dan lain sebagainya.

Menjaga cita rasa resep sebagai cara untuk memulai bisnis kuliner | Pexels

Selalu Memberikan Pelayanan Terbaik

Dengan pelayanan yang ramah, konsumen jadi tidak kapok untuk membeli produk bisnis kuliner lagi di lain waktu. Selain soal customer service, bagi bisnis kuliner, menjaga cita rasa produk adalah suatu hal yang sangat penting. Jika misalnya usaha bisnis kuliner akan membuka cabang, akan lebih baik untuk memberikan resep produk secara detail untuk menjaga ciri khas rasa yang dimiliki oleh bisnis kuliner kamu.

Nah, itu tadi adalah 11 cara yang dapat dilakukan sebagai langkah awal kamu mempersiapkan bisnis kuliner. Apakah kamu tertarik untuk berkecimpung dalam bisnis kuliner yang menguntungkan ini?

Sumber foto header: Pexels

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again