1. DScovery

Cara Menulis Daftar Pustaka (Buku, Jurnal, Skripsi, Artikel, Web), Struktur dan Formatnya!

Setiap jenjang pendidikan, bahkan sebagai content writer sekalipun, kamu perlu mengetahui cara menulis daftar pustaka artikel dengan benar. Berikut caranya!

Daftar pustaka adalah kumpulan referensi yang dirujuk untuk sebuah karya tulis. Artinya, ketika mengutip tulisan atau karya asing, harus tersedia daftar pustaka, dan ketika mengutip juga harus dibuat daftar yang memberikan informasi tentang siapa dan topik apa yang dirujuk.

Daftar pustaka atau yang sering disebut dengan referensi memberikan informasi yang mendetail kepada pembaca tentang sumber rujukan yang digunakan sehingga setiap pembaca dapat memahami sumber tersebut.

Nah, berikut adalah cara menulis daftar pustaka yang baik dan benar agar pembaca lebih mudah memahaminya.

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Sumber Buku

Unsur-unsur yang diperlukan adalah nama penulis, tahun terbit, judul buku, tempat terbit dan nama terbitan. Setiap unsur harus mengandung titik (.) sebagai pemisah. Berikut caranya:

1. Nama Penulis Nama ditulis lebih awal yang kemudian diikuti tanda koma (,), lalu nama tengah. Jika nama penulis terdiri dari dua orang atau lebih, maka yang ditulis terbalik hanya nama pertama saja. Sementara untuk penulis berikutnya ditulis secara lengkap.

2. Tahun terbit buku ditulis setelah nama penulis. Jangan lupa untuk perhatikan edisi cetakan

3. Judul buku ditulis secara lengkap menggunakan tulisan miring atau italic

4. Tempat dan nama penerbit ditulis di bagian akhir yang diawali dengan tempat penerbit kemudian nama penerbit yang dipisahkan oleh tanda titik dua (:)

Contoh Daftar Pustaka: Heila, Sandra. (2007). Sang Pencerah. Sumedang: Gramedia.

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Sumber Jurnal

Menulis daftar pustaka untuk jurnal, artikel atau laporan tidak jauh berbeda dengan menulis daftar pustaka untuk sebuah buku. Urutan pembuatan daftar pustaka untuk jurnal:

1. Nama belakang penulis dan inisial, baik satu atau lebih dari satu penulis.

2. (Tahun terbit).

3. Judul artikel jurnal.

4. Nama Jurnal ditulis italic, volume jurnal ditulis italic (Issue atau Nomor), Halaman.

5. Jika menggunakan referensi jurnal yang terdiri dari dua penulis, tetap tulis nama keduanya dari nama belakang terlebih dahulu, diikuti dengan inisial.

Contoh 1: Xie, W. (2015). Japanese “Idols” in Trans-Cultural Reception: the case of Idol Group AKB48. Visual Post: a Journal for the Study of Past Visual Cultures, 2(1), 40-50.

Contoh 2: Xie, W. & Willmott, W. (2015). Japanese “Idols” in Trans-Cultural Reception: the case of Idol Group AKB48. Visual Post: a Journal for the Study of Past Visual Cultures, 2(1), 40-50.

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Sumber Skripsi

Unsur-unsur yang diperlukan untuk membuat daftar pustaka dari sumber skripsi tidak jauh berbeda dengan menyusun daftar pustaka buku. Perbedaannya hanya pada penambahan jurusan, fakultas, nama perguruan tinggi, dan lokasi perguruan tinggi.

Unsur-unsur penyusunan daftar pustaka tesis juga berlaku untuk tesis diploma dan disertasi. Berikut format penulisannya.

1. Nama Penulis

2. Tahun Penerbitan

3. Judul Skripsi, Tesis, atau Disertasi yang mana judul menggunakan tanda petik (“)

4. Nama Fakultas

5. Nama Jurusan

6. Nama Perguruan Tinggi

7. Lokasi Perguruan Tinggi

Contoh daftar pustaka: Anifah, 2010. “Perlindungan Hukum Terhadap Anak Sebagai korban Pelecehan Seksual”. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Sumber Artikel

Menulis daftar pustaka dari artikel tidak jauh berbeda dengan menulis daftar pustaka dari jurnal. Kurang lebih caranya seperti ini:

1. Judul

2. Nama penulis

3. Tanggal tayang

4. Waktu diakses

5. URL

More Coverage:

Contoh daftar pustaka: Santana, Maryadi. 2021.”Tips dan Trik Mengelola Uang Belanja Pas-pasan”. https://kumparan.com/maryadipam/tips-dan-trik-mengelola-uang-belanja-pas-pasan-1vtz19ymsMT/full

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Sumber Web

Jika mengambil referensi dari halaman internet atau website, tuliskan daftar pustakanya sebagai berikut:

1. Penulis halaman adalah orang atau organisasi.

2. (Halaman tahunan dibuat atau direvisi).

3. Judul halaman ditulis miring.

4. Tanggal akses ke situs web, bulan, hari, tahun.

Jika halaman web berisi nama penulis, daftar pustaka ditulis sesuai contoh di bawah ini.

Contoh daftar pustaka: Atherton, J. (2005). Behaviour Modification. Diakses pada 5 Februari 2018, dari http://www.learningandteaching.info/learning/behaviour_mod.html (OL-1)

Nah, demikianlah cara membuat daftar pustaka dair berbagai sumber literatur yang ada. Semoga setelah ini kamu bisa menulis daftar pustaka dengan baik.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again