1. DScovery

Chief Marketing Officier (CMO): Pengertian, Peran, Tugas, dan Kualifikasinya

Kamu bisa loh merintis karier di dunia pemasaran hingga menjadi CMO, lihat selengkapnya ini!

Ada berbagai posisi level C di perusahaan, salah satunya adalah Chief Marketing Officer atau CMO yang memimpin departemen marketing.

Jabatan CMO sering disamakan dengan chief marketing officer, namun banyak ahli yang berpendapat bahwa mandat CMO lebih luas daripada direktur pemasaran. Apakah kamu bertanya-tanya apa tugas dan tanggung jawab organisasi pasar bersama? Mari kita bahas satu per satu.

Apa Itu Chief Marketing Officier?

Menurut Market Business Review, CMO (Chief Marketing Officer) adalah posisi senior yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dan mengawasi marketing atau departemen marketing perusahaan.

Dari pentingnya CMO itu sendiri, dapat disimpulkan bahwa CMO memainkan peran kunci dalam pengembangan produk, manajemen penjualan, manajemen saluran, periklanan dan promosi, penetapan harga, riset pasar, dan hubungan pelanggan.

Peran CMO

Peran CMO memang sangat penting saat ini, apalagi teknologi terus berkembang. Selain terlibat dalam strategi pemasaran organisasi, beliau juga terlibat dalam pengembangan produk, penetapan harga, branding, layanan pelanggan, dan manajemen penjualan.

Namun, penting untuk digarisbawahi bahwa peran organisasi pasar bersama dapat berbeda di setiap perusahaan tergantung pada sektor, ukuran, dan struktur organisasi.

Sebagai CMO yang bekerja di startup, mereka bisa fokus untuk meningkatkan visibilitas dan prospek perusahaan. Hal ini berbeda dengan CMO di perusahaan besar yang fokusnya pada perluasan pasar dan pengembangan merek.

Untuk mencapai hal tersebut, CMO selalu bekerja sama dengan C-level lainnya seperti Chief Executive Officer (CEO), Chief Financial Officer (CFO), Chief Product Officer (CPO), Chief Operating Officer (COO) dan tim di bawahnya. tujuan perusahaan.

Tugas dan Tanggung Jawab CMO

Umumnya, peran Marketing Manager bertanggung jawab untuk membuat penawaran yang menarik untuk menarik pelanggan.

Padahal, tugas dan tanggung jawab CMO lebih luas.

1. Mengembangkan dan Menerapkan Strategi Marketing

CMO bertanggung jawab untuk menetapkan strategi marketing yang tepat bagi perusahaan.

Ketika memutuskan untuk menerapkan strategi marketing, CMO harus terlebih dahulu mengidentifikasi tujuan dan sasaran pemasaran, serta target pasar yang dituju. Setelah kamu memahami arah pasar, CMO mengembangkan strategi untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Menyelaraskan Strategi Marketing dengan Anggaran

Selanjutnya, CMO harus memantau pelaksanaan strategi marketing untuk memastikannya tetap sesuai anggaran.

Strategi marketing yang diterapkan tentunya membutuhkan dana. Oleh karena itu, CMO harus selalu memantau pelaksanaan pemasaran agar sesuai dengan keuangan perusahaan.

Baik atau tidaknya strategi marketing dapat dinilai dari kesesuaian anggaran dan hasil yang dicapai. Jadi ketika masalah muncul, CMO harus mengambil keputusan yang bertanggung jawab untuk menyelesaikannya.

3. Melakukan Riset Pasar dan Menganalisis Strategi Marketing

CMO bertanggung jawab untuk menciptakan strategi marketing yang menjangkau target pasar perusahaan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan riset pasar, menganalisis informasi tentang target pasar mu, pengalaman pelanggan, dan tren terkini untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara terbaik untuk meningkatkan penjualan kamu.

4. Memantau Informasi pada Publik

Sebagian besar CMO mengawasi semua aktivitas dengan publik termasuk marketing communications. Komunikasi tersebut dapat berupa komunikasi melalui media sosial, email, website dan media cetak.

CMO memastikan bahwa pesan tersebut konsisten dengan merek dan kampanye marketing perusahaan.

5. Bekerjasama dengan Posisi Eksekutif Lainnya

Chief marketing officer (CMO) biasanya bekerja sama dengan posisi senior lainnya, termasuk chief executive officer (CEO), chief information officer (CIO), chief product officer (CPO), chief operating officer (COO), dan chief financial officer . Petugas Keuangan (CFO). ).

Para eksekutif ini bekerja sama untuk menetapkan hal-hal seperti harga produk, pengembangan produk baru, dan promosi merek.

Kualifikasi Menjadi CMO

Melihat banyaknya peran dan tanggung jawab, jelas akan membutuhkan kandidat CMO yang dapat memenuhi beberapa persyaratan utama ini sebagai berikut.

1. Memiliki Visi dan Rencana Strategis

Pemasaran menjadi bagian penting dari pertumbuhan bisnis. Oleh karena itu, CMO haruslah seorang visioner yang dapat membantu tim kepemimpinan membuat keputusan berwawasan ke depan berdasarkan peluang dan tantangan pasar.

Perencanaan strategis juga terkait erat dengan visi perusahaan. CMO terbaik memainkan peran penting karena mereka mampu melihat tren dan pola pasar. Ketika CMO dapat mengidentifikasi preferensi pasar sebelum persaingan, perusahaan membuka potensi keuntungan yang signifikan.

2. Penguasaan Analisis dan Interpretasi Data

Tidak ada bisnis yang dapat bertahan di era digital tanpa sistem marketing berbasis data yang menyertakan perangkat lunak canggih yang mampu mengumpulkan dan menganalisis data dalam jumlah besar. CMO membutuhkan keterampilan analitis untuk berpartisipasi dalam perumusan strategi dan pengembangan infrastruktur, proses pengumpulan data, dan pengembangan program.

Didukung oleh teknologi dan setelah menerapkan SOP dalam mengumpulkan data pelanggan, CMO masih perlu mengubahnya menjadi laporan dan menginterpretasikan hasilnya. Interpretasi kualitas dapat membantu meningkatkan pengalaman pelanggan, meningkatkan efisiensi pemasaran, dan meningkatkan pengembalian investasi pemasaran.

3. Fokus pada Konsumen dan Pengalaman Pelanggan

Selain sistem marketing data, pengalaman pelanggan menjadi salah satu faktor kunci kesuksesan bisnis di era digital. Ekspansi teknologi internet dan mobile memberikan pelanggan banyak pilihan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

More Coverage:

Perusahaan terkemuka menyadari bahwa memberikan pengalaman pengguna yang berkualitas di situs web, aplikasi seluler, dan selama proses pembayaran mendorong penjualan yang tinggi dan kepuasan pelanggan.

Saat ini, beberapa agensi atau perusahaan pemasaran juga memiliki ahlinya sendiri yang tugasnya mengamati dan mengevaluasi pengalaman pengguna. Para profesional ini memahami semua aspek UX (Pengalaman Pengguna) atau Pengoptimalan Pengalaman Pengguna. Agar berhasil memimpin orang di ruang ini, CMO juga perlu mengetahui cara mengevaluasi, mengembangkan, dan terus meningkatkan pengalaman pengguna.

4. Berpikir Inovatif

Data yang diperoleh tentang perilaku pelanggan adalah sumber umpan balik utama tentang operasi perusahaan dan perkiraan masa depan. Informasi ini mengharuskan CMO untuk berpikir secara inovatif dan mengidentifikasi peluang untuk menambah, menghapus, atau mengubah produk, layanan, dan proses.

Dengan memantau dan meningkatkan pengalaman pelanggan, CMO mengenali saat pelanggan mendekat dan persyaratan berubah. Jika perusahaan selalu mampu merespon kebutuhan pelanggan dan terus memperbaharui saluran belanja sesuai preferensi pasar, maka perusahaan akan semakin menempati posisi terdepan dalam industrinya.

5. Manajemen Konten

Content marketing adalah bagian dari strategi marketing dan sistem pemasaran di era digital. Content marketing melibatkan pengembangan dan distribusi yang disederhanakan melalui blog, media sosial, situs web, dll. Menurut laporan Google/Millward Brown Digital B2B Path to Purchase Study, 89 persen pembeli B2B menggunakan internet sebagai bagian dari riset produk mereka. Sebagian besar perusahaan menggunakan Google untuk mencari informasi dan memecahkan masalah bisnis.

CMO harus memahami seluruh proses manajemen konten untuk memandu perencanaan dan pelaksanaan konten. Proses ini mencakup rencana produksi konten yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perilaku pelanggan sasaran, serta distribusi konten. Manajemen konten yang baik membutuhkan kolaborasi antara strategi pemasaran, media sosial, dan percakapan di saluran komunikasi lain seperti email dan telemarketing.

Demikianlah penjelasan mengenai CMO yang perlu kamu pahami sebelum terjun ke dunia kerja ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again