1. DScovery

Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Untuk Melamar Kerja

Daftar riwayat hidup sebaiknya perlu diperhatikan demi menarik perhatian HRD

Mengingat tujuan riwayat hidup/curriculum vitae adalah untuk memperkenalkan diri secara singkat dan detail, kamu perlu mengetahui informasi apa yang harus disertakan dalam resume kamu. Menulis resume yang baik dan profesional pasti akan membuat HRD terkesan.

Ukuran Daftar Riwayat Hidup Terbaik

CV standar secara internasional tidak boleh lebih dari dua sisi A4. Namun hal ini bisa bersifat relatif. Misalnya, lulusan fresh graduate dengan pengalaman minimal mungkin hanya perlu menggunakan satu sisi A4.

Meskipun tidak sering digunakan, CV tiga halaman mungkin diperlukan bagi mereka yang memiliki peran tingkat tinggi atau untuk orang yang telah memperoleh banyak pengalaman atau bekerja di banyak pekerjaan selama lima hingga sepuluh tahun terakhir.

Untuk menghemat ruang cukup sertakan poin utama pendidikan dan pengalaman kamu. Tetap berpegang pada informasi yang relevan dan jangan ulangi apa yang kamu katakan di surat lamaran kamu.

Jika kamu kesulitan mengedit resume, tanyakan pada dirimu sendiri apakah informasi tertentu menjual kualitasmu terhadap tujuan kerjamu. Jika tidak relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar, hapus dan rangkum pengalamanmu yang banyak itu lebih sederhana.

Secara umum, inilah yang harus kamu cantumkan di resume berikut ini:

Data Diri

Data pribadi adalah salah satu elemen terpenting dari CV kamu. Informasi pribadi harus menunjukkan identitas individu yang dimulai dengan nama, nomor telepon, alamat email, tanggal lahir dan tempat tinggal.

Opsional, kamu dapat menambahkan akun media sosial yang ada, tetapi juga tidak wajib. Harap sesuaikan dengan jenis pekerjaan yang kamu lamar. Melalui media sosial tersebut, HRD dapat mengetahui pencapaian digital milikmu.

Pendidikan

Latar belakang pendidikan adalah elemen berikutnya yang dipertimbangkan pengembangan bakat dalam resume dan merupakan salah satu yang paling penting. Karier akademik ini mencakup program pascadoktoral, pascasarjana, sarjana, dan sekolah menengah.

Kami menyarankan kamu hanya menyertakan dua pengalaman pendidikan terakhir kamu. Masukkan nama sekolah atau instansi, jurusan, tahun kelulusan, dan IPK yang diperoleh setelah lulus.

Sekalipun kamu menuliskan semua pendidikan kamu, calon atasanmu biasanya hanya melihat pendidikan terakhir kamu. Jadi, untuk membuat daftar riwayat hidup menjadi lebih efisien, tuliskan dua pendidikan terakhirmu dan pastikan pembaca berfokus pada informasi itu.

Pengalaman Kerja

Bagian selanjutnya yang perlu dicantumkan dalam daftar riwayat hidup adalah pengalaman kerja. Pengalaman kerja ini tidak kalah penting dengan riwayat pendidikan, apalagi jika memang posisi yang sedang dicari adalah posisi dengan minimal pengalaman kerja.

Cantumkan perusahaan atau organisasi, jabatan dan periode bekerja, dimulai dengan pekerjaan terakhir. Di bawahnya, tuliskan daftar tugas pekerjaan, pengalaman, dan prestasi yang diperoleh. Mulailah setiap poin-poin dengan kata kerja aktif untuk menunjukkan tanggung jawab atau tugas dalam pekerjaan kamu.

Keterangan Tambahan

More Coverage:

Bagian selanjutnya yang perlu kamu cantumkan jika kamu memang  belum memiliki pengalaman kerja adalah keterangan tambahan. Keterangan tambahan ini mirip dengan pengalaman kerja, bedanya pada section ini kamu akan menuliskan pengalaman dalam berorganisasi, magang, kepanitiaan, dan sebagainya.

Adapun hal lain yang bisa kamu cantumkan dalam bagian ini adalah keterampilan atau skill yang kamu kuasai, daftar kursus yang pernah kamu ikuti, hingga seminar profesional yang pernah kamu hadiri.

Jika apa yang kamu cantumkan dalam bagian ini berhubungan atau mendukung pekerjaan yang sedang kamu lamar, maka kemungkinan besar perusahaan akan memberikan nilai tambah untuk kamu.

Berikut beberapa contoh daftar riwayat hidup sebagai referensi untukmu:

Daftar Riwayat Hidup 1

Daftar Riwayat Hidup 2

Daftar Riwayat Hidup 3

Daftar Riwayat Hidup 4

Daftar Riwayat Hidup 5

Daftar Riwayat Hidup 6

Daftar Riwayat Hidup 7

Daftar Riwayat Hidup 8

Daftar Riwayat Hidup 9

Itulah beberapa contoh daftar riwayat hidup untuk referensi resume milikmu. Semoga membantu, salam sukses!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again