1. DScovery

Contoh Kata Pengantar untuk Makalah, Karya Ilmiah, Skripsi

Kata pengantar akan memudahkan pembaca memahami pokok yang dibahas dari tulisan yang dihasilkan

Pada karya tulis berbentuk makalah, karya ilmiah, laporan, serta sebagainya diperlukan kata pengantar agar pembaca memahami pokok bahasan. Biasanya kata pengantar ini ada di halaman pertama sebuah karya tulis.

Untuk memudahkan penulisan, pemahaman, dan penghayatan terhadap struktur kata pengantar, berikut ini uraian dan contoh kata pengantar untuk berbagai karya. Tujuan dari kata pengantar adalah untuk membuat pembaca mengerti bahwa penulis telah melalui banyak hal untuk menyelesaikan karyanya dan mendapat bantuan dari banyak pihak untuk mempersiapkannya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata pengantar adalah kata pendahuluan atau pandangan umum secara singkat dan jelas sebagai pendahuluan karya tulis.

Pendahuluan dibagi menjadi tiga bagian: pendahuluan, isi, dan akhir.

  1. Paragraf pembuka adalah dari paragraf 1 sampai 2 dari pendahuluan.
  2. Bagian ini berisi pengakuan penulis untuk menyelesaikan karya tulis.
    Bagian konten berisi deskripsi singkat tentang apa pekerjaan itu. Penulis memberikan judul karyanya. Penulis biasanya juga mencantumkan nama orang-orang yang berkontribusi dalam penyelesaian makalah.
  3. Kesimpulan berisi permintaan maaf dan harapan dari penulis atau makalah atau laporan yang dihasilkan. Permintaan maaf cenderung lebih disengaja jika kesalahan tata bahasa ditemukan kemudian.

Contoh Kata Pengantar Makalah

Puji Syukur kami panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala nikmatnya sehingga kami dapat menyusun makalah ini dengan sempurna. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah memberikan baik ide maupun materi atas bantuannya.

Penulis berharap semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca. Bahkan, kami berharap makalah ini dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari para pembaca.

Karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman kami, kami sebagai penulis merasa masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini. Sebagai imbalannya, kami mengharapkan kritik dan saran yang benar-benar membangun dari para pembaca untuk menyempurnakan makalah ini.

Bandung, 02 September 2022

Penyusun

Contoh Kata Pengantar untuk Karya Ilmiah

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah yang Mahakuasa atas berkah dan rahmat-Nya sehingga Pedoman Pelaksanaan Riset Terapan Bidang Fokus Sosial Humaniora, Seni Budaya, dan Pendidikan Penelitian Lapangan dalam Negeri (Kecil) di Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar), Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tahun 2021 dapat terselesaikan.

Pedoman Pelaksanaan Riset Terapan Bidang Fokus Sosial Humaniora, Seni Budaya, dan Pendidikan Penelitian Lapangan Dalam Negeri (Kecil) ini disusun sesuai dengan perkembangan regulasi pelaksanaan penelitian di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, salah satunya dengan mengacu kepada Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia tentang Standar Biaya Masukan yang berlaku.

Buku Pedoman ini berisi judul penelitian, persyaratan dan tata cara pengusulan proposal, kriteria penilaian proposal, jadwal penelitian, penilaian proposal penelitian, serta pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan penelitian. Pedoman ini sebagai rujukan dasar operasional pengelolaan dan penyelenggaraan kegiatan Riset Terapan Bidang Fokus Sosial Humaniora, Seni Budaya, dan Pendidikan Penelitian Lapangan Dalam Negeri (Kecil) di Pusmenjar dan diharapkan mampu memberikan arahan penelitian sesuai judul riset yang telah ditetapkan.

Terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi dalam penyusunan pedoman ini. Semoga pedoman ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang berkepentingan dan menciptakan budaya dan iklim penelitian yang ilmiah di Pusmenjar. Amin.

Jakarta, 14 April 2021

Kepala Pusat,

Asrijanty, Ph.D.

Contoh Kata Pengantar Laporan

Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan proposal Kuliah Kerja Nyata Tematik Institut Pertanian Bogor yang berjudul "Pengembangan Model Ekowisata Agro dan Optimalisasi Potensi Desa Sagarahiang Sebagai Desa Penyangga Taman Nasional Gunung Ciremai (Studi Kasus : Desa Sagarahiang, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan)" yang dilaksanakan sejak bulan Juni hingga Juli 2019.

Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada Ibu Dr. Ir. Arzyana Sunkar, M.Sc selaku dosen pembimbing lapang, Bapak Iman Budi Kortana, A.Md selaku Kepala Desa Sagarahiang beserta jajarannya, dan Bapak Ukad selaku pengelola situs sejarah di Desa Sagarahiang yang telah memberikan saran, arahan, dan masukannya. Terimakasih juga tidak lupa penulis ucapkan kepada seluruh pihak yang tidak bisa disebutkan satu per satu atas bantuan dan dukungannya. Semoga proposal ini dapat disetujui dan diterima.

Bogor, 10 Agustus 2019

Penulis

Itulah beberapa contoh kata pengantar yang semoga bisa memudahkanmu membuatnya. Sebetulnya tidak sulit untuk membuat kata pengantar. Kamu hanya perlu terbiasa menuliskan pesan dan salam dengan singkat dan tak bertela-tele.

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again