1. DScovery

7 Contoh Pembukaan Presentasi yang Efektif dan Menarik bagi Pemula

Bagi sebagian orang pembuka presentasi bukanlah hal yang sulit namun bagi kamu itu adalah hal yang berbeda. Artikel ini akan membantumu mempelajari pembukaan presentasi dengan baik.

Mungkin bagi yang lain terbiasa melakukan presentasi, membuka presentasi itu mudah dan biasa saja. Namun, ini tentu saja berbeda bagi kamu yang pertama kali. Kamu pasti akan merasa bingung saat menyusun kalimat meskipun banyak jedanya. Alhasil, acara dibuka secara normal sehingga kurang menarik bagi penonton.

Sayang sekali bukan, materi yang kamu persiapkan dengan matang, tapi yang membuka pertunjukan dari awal, malah tidak mendapat dukungan publik? Untuk mencegahnya, mari kita belajar bersama bagaimana membuka presentasi yang baik. Simak ulasan beserta contoh dari DailySocial.id pada artikel di bawah ini!

1. Contoh Pembukaan Presentasi dengan Metode Skenario

“Halo teman-teman, saya (nama kamu). Pada kesempatan yang menyenangkan ini, saya akan menyampaikan pentingnya air dalam kehidupan kita. Rekan-rekan yang terkasih, pernahkah kamu membayangkan bahwa tidak akan ada air di dunia ini? Tentu saja kita tidak akan selamat, dan tumbuhan dan hewan tidak akan bertahan hidup, dan bumi akan menjadi lebih panas dan kering. Bahkan makhluk hidup pun mati."

2. Contoh Pembukaan Presentasi dengan Metode Salam

“Selamat pagi semuanya. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam sejahtera bagi kita semua. Shalom Om Swastiastu. Namo Buddhaya. Halo Marilah kita bersyukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa dengan rahmat-Nya sehingga kita bisa berkumpul di sini.”

3. Contoh Pembukaan Presentasi dengan Perkenalan

“Halo semuanya, perkenalkan diri saya dari Universitas Cakrawala Rasa. Pagi ini saya ingin memperkenalkan 30 menit ke depan sejarah kain di dunia. Teman-teman yang ingin bertanya nanti bisa diteruskan setelah pembahasan selesai. "

4. Contoh Pembukaan Presentasi dengan Metode Statistik

“Selamat siang bapak-bapak dan ibu-ibu, semoga sukses untuk kita semua. Perkenalkan nama saya, Andi. Dalam konteks ini, saya akan menceritakan tentang tingkat pengangguran di Indonesia. Menurut Badan Pusat Statistik, jumlah penduduk Indonesia adalah 205,36 juta jiwa."

5. Contoh Pembukaan Presentasi dengan Kalimat Pertanyaan

“Selamat pagi bapak ibu, izinkan saya untuk memperkenalkan diri, saya Jeni. Hari ini saya akan berbicara tentang keadaan pariwisata di daerah Toraja. Apakah ada yang pernah berwisata ke daerah Toraja sebelumnya?”

6. Contoh Pembukaan Presentasi dengan Kutipan

“Ada Pepatah Mahatma Gandhi tentang masa depan itu ada. Bunyinya: "Masa depan tergantung pada apa yang kita lakukan hari ini". Jadi jika kita di sini untuk belajar bersama, kita berada di tempat yang tepat untuk selangkah lebih maju pada masa depan. "

7. Contoh Pembukaan Presentasi dengan Langsung Masuk ke Inti Presentasi

More Coverage:

“Halo semuanya, dalam 30 menit ke depan saya akan menyampaikan informasi tentang sistem pembayaran UKT. Bagi mahasiswa tahun pertama mohon untuk menuliskan informasi ini. Jika nanti masih ada yang kurang jelas, bisa bertanya di sesi tanya jawab. "

Pembukaan presentasi nyatanya bisa dilakukan apabila kamu selalu berlatih. Dalam konteks apa pun, pembukaan presentasi yang kamu bawa akan mudah karena kamu sudah memiliki jam terbang yang tinggi. Semoga contohnya pembukaan presentasi di atas dapat memudahkan kamu dalam presentasi ke depannya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again