1. DScovery

Contoh Surat Keterangan Kerja Lengkap yang Baik dan Benar

Surat keterangan kerja merupakan bukti tertulis mengenai jabatan atau posisi seseorang dalam suatu perusahaan.

Surat pengalaman kerja merupakan salah satu dokumen penting yang dapat menjadi pelengkap dalam melamar pekerjaan selain CV. Umumnya, surat pengalaman kerja dikeluarkan oleh bagian personalia sebagai tanda bukti bahwa yang bersangkutan pernah bekerja atau masih bekerja di perusahaan tersebut.

Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan surat keterangan kerja dan apa saja fungsi dan contohnya? Simak jawabannya dalam penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Surat Keterangan Kerja?

Surat keterangan kerja dapat diartikan sebagai salah satu surat rekomendasi yang diberikan di tempat kerja sebelumnya. Surat ini biasanya berisi keterangan posisi yang ditempati dalam perusahaan tersebut.

Surat keterangan kerja ini juga tidak dikeluarkan secara sembarangan. Surat ini biasanya dikeluarkan oleh bagian HRD atau personalia sebagai bagian yang berwenang untuk mengeluarkannya.

Dengan surat ini, kamu bisa memanfaatkannya untuk meyakinkan rekruiter ketika mendaftar pekerjaan. Surat ini dapat menjadi referensi bagi rekruiter untuk mengetahui riwayat pekerjaan kamu di posisi sebelumnya.

Fungsi Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan kerja memiliki beberapa fungsi yang tak kalah penting dengan dokumen administratif lainnya. Beberapa fungsi surat keterangan kerja, antara lain:

Sebagai Berkas Pelengkap saat Melamar Pekerjaan

Surat keterangan kerja dapat digunakan sebagai berkas pelengkap untuk melamar di perusahaan lain. Surat ini akan menjadi bukti tertulis mengenai posisi dan jabatanmu dalam perusahaan sebelumnya. Umumnya, surat ini akan dikeluarkan apabila kamu sudah menempati posisi tingkat menengah atau supervisor dalam sebuah perusahaan.

Sebagai Syarat Menarik Dana BPJS Kesehatan

Surat keterangan kerja juga dapat menjadi salah satu syarat menarik dana BPJS Ketenagakerjaan. Syaratnya adalah dengan melampirkan surat keterangan bekerja dari perusahaan yang asli beserta foto copy-nya.

Syarat Pengajuan Beasiswa

Beberapa beasiswa menjadikan surat keterangan kerja sebagai salah satu syarat pengajuannya. Sebab, beberapa beasiswa mengharuskan calon penerimanya untuk memiliki pengalaman kerja terlebih dahulu.

Syarat Mengajukan Pinjaman Bank

Terakhir surat keterangan kerja juga dapat dijadikan sebagai syarat dalam pengajuan pinjaman bank. Umumnya, hal ini digunakan untuk pinjaman jangka panjang, sehingga pihak bank membutuhkan surat tersebut sebagai bukti tertulis bahwa kamu benar-benar bekerja pada perusahaan tersebut dan diproyeksikan mampu membayar pinjaman.

Contoh Surat Keterangan Kerja

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Pengajuan KPR

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Pembuatan Rekening Bank

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Referensi Melamar Kerja

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Pembuatan Rekomendasi Kerja

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Pembuatan Visa

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai surat keterangan kerja. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasanmu mengenai hal ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again