1. DScovery

5 Contoh Surat Resmi dalam Berbagai Jenis Acara dan Kegiatan

Kamu sedang mencari referensi surat resmi? Artikel ini adalah jawabannya. Di sini ada berbagai contoh surat resmi yang kamu butuhkan itu.

Mencari contoh surat resmi? Kamu berada di tempat yang tepat!

Surat resmi, seperti namanya, adalah dokumen yang kamu gunakan untuk berbagai keperluan resmi atau formal. Jenisnya juga banyak tergantung tujuan atau acaranya.

Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahas surat ini secara detail untuk kamu. Penasaran kan? Silahkan baca sampai akhir!

Apa Itu Surat Resmi?

Menurut KBBI, surat resmi adalah surat yang kamu gunakan untuk keperluan resmi. Mulai dari kepentingan, instansi dan organisasi. Misalnya surat edaran, surat undangan, surat pemberitahuan dan sejenisnya.

Seperti yang bisa kamu bayangkan, kamu harus menulis surat ini dengan sopan dan formal. Bahasa tulisan harus baku, dan isi surat pengantar juga tidak boleh panjang, yaitu dengan singkat, padat dan jelas.

Contoh Surat Resmi

Berikut kamu sajikan contoh-contoh surat resmi yang bisa menjadi patokan kamu dalam menulis surat resmi.

1. Contoh Surat Resmi Sekolah

Surat resmi sekolah biasanya berisi pengumuman tentang kegiatan sekolah atau undangan ke pihak tertentu, berikut contoh surat sekolah :

2. Contoh Surat Resmi Pemerintah

Surat resmi pemerintah adalah surat yang ditujukan antara lembaga resmi terhadap pemerintah atau sebaliknya. Di bawah ini adalah contoh surat kepada pemerintah:

3. Contoh Surat Undangan Resmi

Contoh surat undangan resmi adalah surat undangan yang ditujukan secara resmi untuk menghadiri suatu acara. Isi surat itu merinci kapan dan di mana acara itu akan berlangsung. Berikut adalah contoh surat undangan:

4. Contoh Surat Resmi Dinas

More Coverage:

Surat dinas adalah surat resmi yang dikeluarkan oleh suatu instansi atau lembaga tertentu untuk keperluan kedinasan. Surat dinas juga dapat diartikan sebagai surat resmi yang memuat hal-hal yang menyangkut status kedinasan suatu lembaga atau instansi tertentu. Surat resmi biasanya dikeluarkan oleh badan pemerintah atau swasta untuk berbagai keperluan. Berikut adalah contoh surat resmi dinas:

5. Contoh Surat Resmi Perusahaan

Surat resmi perusahaan dikeluarkan biasanya untuk keperluan tertentu yang menyangkut kepentingan perusahaan terhadap kolega atau mitra dan para investor. Berikut contoh surat resmi perusahaan:

Nah, demikianlah contoh surat resmi yang perlu kamu ketahui agar dapat mempertimbangkan tujuan dan format yang mana yang harus dipakai. Semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again