1. DScovery

Contoh Surat Resmi, Lengkap dengan Tujuan dan Jenisnya

Surat resmi sendiri merupakan surat yang digunakan untuk keperluan formal, baik untuk kepentingan pribadi, instansi, hingga organisasi.

Meski saat ini kita hidup di era digital yang memungkinkan segala hal dilakukan secara digital, namun kegiatan surat-menyurat masih menjadi pilihan untuk keperluan administrasi. Surat yang digunakan untuk keperluan ini pun tidak boleh sembarangan dan memiliki aturannya sendiri.

Surat yang digunakan untuk keperluan profesional ini biasa disebut sebagai surat resmi. Surat resmi sendiri merupakan surat yang digunakan untuk keperluan formal, baik untuk kepentingan pribadi, instansi, hingga organisasi.

Nah, berikut adalah beberapa contoh surat resmi beserta tujuan dan jenisnya.

Tujuan Surat Resmi

Surat resmi biasanya dibuat oleh maupun untuk perusahaan atau instansi untuk keperluan tertentu. Berikut adalah beberapa tujuan surat resmi.

  • Surat resmi digunakan sebagai dokumen pengingat di instansi, karena setiap surat akan disimpan sebagai arsip untuk menandai sebuah kegiatan.
  • Surat resmi dapat digunakan sebagai bukti perjanjian antara kedua belah pihak.
  • Surat resmi juga berfungsi sebagai petunjuk atau perintah atas sesuatu yang perlu dilakukan oleh seseorang.
  • Pembuatan surat resmi ditujukan sebagai bentuk perizinan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Jenis-Jenis Surat Resmi

Berikut adalah jenis-jenis surat resmi yang perlu diketahui.

Surat Pembuka (Cover Letter)

Surat pembuka atau cover letter adalah surat yang dilampirkan di bagian pembuka saat melamar pekerjaan.

Surat Pengunduran Diri (Resign)

Surat pengunduran diri adalah surat yang ditujukan kepada atasan yang menyatakan bahwa pembuat surat mengundurkan diri dari perkerjaan beserta dengan alasannya.

Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang ditulis oleh kandidat yang sedang melamar pekerjaan di perusahaan atau instansi tertentu. Isi surat lamaran pekerjaan adalah pernyataan bahwa yang bersangkutan berminat untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Surat Pengaduan

Surat pengaduan adalah surat yang ditujukan untuk menyampaikan pengaduan berupa komplain, kritik maupun saran kepada sebuah perusahaan atau instansi.

Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi merupakan surat yang digunakan oleh pelajar maupun mahasiswa untuk mencari beasiswa. Surat rekomendasi berisi pernyataan yang merekomendasikan kandidat tersebut untuk diterima program pendidikan, beasiswa, maupun program lainnya.

Surat Ucapan Terima Kasih Saat Diterima Bekerja

Surat ini biasanya dibuat setelah kandidat selesai melakukan interview dan diterima oleh perusahaan. Surat ini berisi ucapan terimakasih kepada perusahaan tersebut.

Contoh Surat Resmi

Contoh Surat Pembuka (Cover Letter)

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa

Contoh Surat Pengaduan

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Contoh Surat Pengunduran Diri

Nah, itulah beberapa contoh surat resmi berdasarkan kepentingannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasanmu mengenai surat resmi.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again