1. DScovery

Contoh Surat Undangan, Lengkap Beserta Jenis dan Strukturnya

Surat undangan terbagi menjadi 2 jenis berdasarkan kegunaannya, yakni surat undangan formal dan surat undangan pribadi.

Surat undangan merupakan surat yang biasanya berisi ajakan atau permohonan atau ajakan kepada seseorang untuk mengikuti kegiatan atau acara yang diadakan oleh si pengirim surat.

Penulisan nama dan alamat si penerima merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan agar undangan tersebut tidak salah sasaran. Selain itu, bahasa yang digunakan juga harus diperhatikan sesuai dengan jenis undangan yang digunakan.

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh surat undangan beserta jenis dan strukturnya.

Jenis-Jenis Surat Undangan

Surat Undangan Resmi

Surat undangan resmi merupakan undangan yang diadakan oleh instansi atau organisasi untuk kepentingan dinas. Undangan ini bersifat resmi, karena berkaitan dengan kedinasan atau bisnis. Contoh surat undangan resmi adalah surat undangan rapat umum pemegang saham, bisnis, pertemuan dinas, dan lain sebagainya.

Surat Undangan Pribadi

Sementara surat undangan pribadi merupakan surat undangan yang ditujukan untuk menghadiri acara atau kegiatan yang sifatnya pribadi, seperti undangan pernikahan, undangan ulang tahun, dan lain sebagainya. Surat undangan jenis ini biasa ditujukan untuk keluarga, teman, maupun kerabat saja.

Struktur Surat Undangan

Surat undangan memiliki struktur yang sama seperti pada surat umumnya, yakni terdiri atas pembuka, isi, dan penutup. Bedanya, surat undangan resmi memiliki struktur yang lebih kompleks, meliputi kop surat, tanggal surat dibuat, nama dan pihak pengirim, isi, waktu dan tempat, agenda dan lampiran, serta tanda tangan lengkap dengan stempel instansi.

Sementara surat undangan pribadi bersifat lebih santai karena hanya memiliki struktur tempat dan tanggal surat, alamat pengirim, pembuka, isi surat, penutup dan nama pengirimnya saja.

Contoh Surat Undangan

Contoh Surat Undangan Pernikahan

Contoh Surat Undangan Aqiqah

Contoh Surat Undangan Ulang Tahun

Contoh Surat Undangan Rapat Koordinasi

Contoh Surat Undangan Rapat Organisasi

Nah, itulah beberapa contoh undangan baik resmi maupun pribadi yang dapat kamu jadikan sebagai referensi. Semoga artikel ini dapat menambah wawasanmu dalam membuat surat undangan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again