1. DScovery

Corel Draw: Pengertian, Fungsi, Keunggulan dan Kekurangan

Kamu sudah tahu perangkat lunak Corel Draw? Kalau belum, simak artikel berikut ini ya!

Seorang desainer grafis digital tidak luput dari perangkat lunak yang digunakannya. Saat ini sudah banyak perangkat lunak yang bisa digunakan untuk mendukung pekerjaan desainer grafis. Salah satunya Corel Draw. Dengan Corel Draw, desainer grafis bisa menghasilkan banyak output desain, misalnya poster, banner, sampul buku, infografis, dan masih banyak lagi.

Untuk mengoperasikan perangkat lunak ini, seorang desainer grafis harus mampu menguasai tools yang ada. Corel Draw memiliki banyak keunggulan yang ditawarkan. Berikut artikel mengenai Corel Draw.

Pengertian Corel Draw

Corel Draw merupakan salah satu perangkat lunak desain grafis berbasis vektor. Perangkat lunak ini biasanya digunakan oleh seorang desainer grafis untuk mengerjakan pekerjaannya memproduksi berbagai hasil desain dengan basis vektor. Berdiri sejak tahun 1985, terhitung sudah lebih dari 90 juta pengguna menggunakan Corel Draw untuk memenuhi kebutuhan desainnya.

Versi pertama Corel Draw dirilis pada tahun 1989, saat itu versi pertamanya dikenal dengan Corel Draw 1.0. Corel Draw 1.0 berjalan di sistem operasi Windows 2.1. Sementara, versi terbaru Corel Draw, yaitu Corel Draw Graphic Suite 2021 telah dirilis pada Maret tahun lalu. Versi ini tersedia dalam berbagai platform, seperti Windows, Mac, iPad dan perangkat seluler.

Menggunakan Corel Draw, pengguna bisa dengan mudah membuat kombinasi teks dan gambar. Tersedia juga fitur layout untuk memudahkan pengguna Corel Draw. Perangkat lunak Corel Draw bisa diunduh melalui situs resminya. Pengguna bisa memilih uji coba gratis, membeli langganan tahunan atau membeli lisensi untuk sekali membayar.

Fungsi Corel Draw

Seperti perangkat lunak berbasis vektor pada umumnya, Corel Draw bisa digunakan untuk mengerjakan proyek desain. Banyak produk desain yang bisa dihasilkan dari Corel Draw, seperti layout, leaflet, iklan, brosur, kalender, dan masih banyak lagi. Nah, Corel Draw juga mendukung penggunanya untuk melakukan zoom dengan kualitas yang baik. Sehingga, desainer bisa menjadi lebih teliti dalam mengerjakan proyeknya.

Keunggulan Corel Draw

Perangkat lunak Corel Draw memiliki beberapa keunggulan, berikut keunggulan Corel Draw.

1. Mudah Digunakan

Corel Draw mudah dioperasikan oleh penggunanya, bahkan pemula sekalipun. Corel Draw memiliki fitur help dan bantuan online yang bisa dimanfaatkan bagi pengguna yang merasa bingung dan membutuhkan bantuan. Tampilan Corel Draw pun mudah dipelajari.

2. Memiliki Format File yang Lengkap

Sebagai perangkat lunak, Corel Draw bisa menyimpan banyak format untuk keperluan export dan import data. Perlu diketahui, Corel Draw juga menyediakan format AI untuk digunakan di perangkat lunak Adobe Illustrator.

3. Memiliki Banyak Tools

Corel Draw memiliki beragam tools yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Berikut beberapa tools yang tersedia di Corel Draw, selection, editing, effect, dan masih banyak lagi. Tentu saja dengan banyaknya tools yang tersedia membuat penggunanya semakin kreatif dalam membuat proyek desain.

Kekurangan Corel Draw

Walaupun perangkat lunak Corel Draw menawarkan banyak keunggulan, terdapat beberapa kekurangan Corel Draw yang perlu kamu ketahui. Berikut kekurangan Corel Draw.

1. Memerlukan Banyak Kapasitas

Mengingat hasil penyimpanannya besar, Corel Draw memerlukan banyak kapasitas memori pada perangkat laptopmu. Selain itu, pengguna Corel Draw harus mempunyai spesifikasi laptop yang mumpuni didukung dengan kapasitas RAM yang besar.

2. Color Space Perlu Dikoreksi

Kekurangan lain yang dirasakan pengguna Corel Draw yaitu akurasi warna. Tidak jarang, hasil cetakan warna berbeda dengan hasil proyek desain yang dikerjakan. Maka dari itu, pengguna Corel Draw harus mengoreksi color space terlebih dahulu.

Harga Lisensi Corel Draw

Corel Draw menyediakan tiga paket harga yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhanmu, antara lain: paket tahunan dengan kisaran harga sekitar Rp5.678.089, paket sekali pembayaran seharga Rp11.171.178, serta versi gratis yang bisa kamu nikmati selama 15 hari.

Beerikut artikel mengenai Corel Draw. Corel Draw bisa dijadikan pilihan untukmu saat mengerjakan proyek desain berbasis vektor. Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again