1. Startup

Creately: Aplikasi Online dan Kolaboratif Untuk Membuat Diagram

Creately merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk membuat diagram secara online serta menyediakan fasilitas bagi para penggunanya untuk bekerjasama secara kolaboratif. Creately merupakan aplikasi asal Australia yang dikembangkan oleh Cinergix.

Creately menyediakan layanan, dimana pengguna bisa membuat diagram secara online, Anda bisa membuat flowcharts, wireframes, mindmaps, UML serta berbagai diagram lain. Selain itu pengguna juga bisa melakukan kerja kolaborasi dengan mengundang pengguna lain, dengan fasilitas satu klik pengguna juga bisa mengajak tim kerja atau klien berada pada satu halaman kerja yang sama.

Aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur untuk mempercantik diagram seperti penambahan warna serta berbagai fitur lainnya. Bulan ini Creately masuk pada usianya yang pertama dan pada ulang tahunnya ini, Creately mengumumkan beberapa pembaruan produk, penyegaran interface serta penambahan fitur yang dinamakan Creately Diagram Viewer.

Bentuk-bentuk baru yang lebih cerdas ditambahkan oleh Creately, yang bisa digunakan dalam membuat Wireframing, UML serta pembuatan database diagram. Misalnya jika Anda sedang membuat tampilan sebuah website dengan Creately, maka kini Anda bisa memambahkan keterangan untuk elemen web yang menyediakan fitur drop down menu pada desain dari website Anda dan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang berbagai fungsi yang ada di mockup yang sedang Anda buat.

Sedangkan Creately Diagram Viewer merupakan fasilitas yang ada di Creately yang memungkinkan pengguna untuk meng-embed hasil diagram pada blog atau situs mereka. Diagram Viewer ini merupakan  HTML5 web widget yang memungkinkan tampilan diagram dalam relosusi yang baik meskipun diagram yang di embed berukuran besar. Terdapat juga fasilitas zoom yang dengan bar navigasi yang akan muncul ketika pengguna mengarahkan mouse pada diagram.

Creately merupakan produk berbayar, ada 3 paket yang bisa Anda pilih dengan fasilitas yang berbeda dengan kisaran harga mulai dari $4,95 sampai $ 9,95, namun mereka juga menyediakan fasilitas gratis yang bisa Anda gunakan, namun dengan fasilitas yang terbatas, seperti hanya bisa mengajak dua teman untuk berkolaborasi.

Saya mencoba untuk menggunakan Creately Public, yang merupakan versi gratis. Meski terbatas tapi beberapa fitur serta elemen diagram yang diberikan cukup lengkap, terutama beberapa penambahan detail diagram yang baru mereka luncurkan, misalnya ketika mencoba mendesain halaman web kita bisa menambahkan keterangan dan membuat gambaran yang lebih detail. Fasilitas embed atau viewer juga memberikan kemudahan untuk melihat detail diagram, termasuk pilihan zoom, unduhan serta pilihan untuk membagikannya ke Twitter atau Facebook.

Tingkat persaingan di aplikasi pembuat diagram memang tidak sedikit, misalnya ada Lovely Charts yang pernah dibahas DailySocial atau beberapa aplikasi lain sepertu Flowchart, Gliffy dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Creately juga merupakan salah satu aplikasi, bersama dengan 15 aplikasi asal Indonesia yang masuk ke kompetisi yang diadakan oleh e27, Asia’s Top 50 Apps. Berikut video penjelasan singkat tentang Creately.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again