Categories

Mobile

CyanogenMod Dipastikan Telah Mendukung Platform Android One

Bambang Winarso - 13 January 2015

CyanogenMod merupakan salah satu custom ROM Android yang paling populer. Dimulai pada tahun 2009, kini tak kurang dari 20 juta pengguna secara aktif menggunakan CyanogenMod. Angka ini berpotensi membengkak setelah pihak Cyanogen Inc memastikan bahwa custom ROM mereka telah sepenuhnya mendukung Android One.

Biar tidak membingungkan, kita ulas kembali apa sebenarnya Android One. Android One pertama kali diperkenalkan pada pertengahan tahun lalu, ini merupakan program dari Google yang dijalankan untuk menghadirkan dukungan atas perangkat Android dengan harga murah. Google selaku pengembang secara khusus merancang program ini untuk perangkat berbanderol terjangkau berkisar $100-an per unitnya.

Dengan alasan itu pulalah kemudian Google memilih India sebagai pasar perdana lewat beberapa varian, menggandeng vendor perangkat lokal seperti Micromax, Karbonn dan Spice Mobile.

 

Info Menarik:Micromax Luncurkan ‘Yureka’, Smartphone Hasil Kolaborasi Dengan Cyanogen

 

Kembali ke topik utama, soal dukungan CyanogenMod ke Android One. Dalam keterangan yang dirilis di blog resminya, Cyanogen menjelaskan bahwa versi terkini yang dapat dipergunakan adalah CyanogenMod 11 yang masih menggunakan Android 4.4 KitKat.

Namun pihak Cyanogen memastikan saat ini timnya sedang bekerja mengembangkan CyanogenMod 12 yang sudah menggunakan Android 5.0 Lollipop. Setiap minggunya di hari Senin, dimulai hari ini tim akan melakukan perubahan-perubahan kecil sebelum mencapai versi final.

Bagi Cyanogen Inc, menjangkau platform Android One merupakan langkah besar yang menantang. Meski bukan pertama kali menggarap sistem operasi Android, namun dengan adanya fakta bahwa Android One menggunakan komponen MediaTek membuat pekerjaan mereka menjadi tidak mudah.

Perangkat MediaTek dikenal sulit untuk dikustomisasi dengan fungsi-fungsi yang sepenuhnya bekerja dengan baik. Tidak hanya menurut mereka tapi juga pengembang lainnya. Sehingga hari ini dianggap sebagai sebuah pencapaian yang menggembirakan.

 

Info Menarik:Game Android Terbaru Edisi 1 – 11 Januari 2015

 

Pengembangan CyanogenMod 11 untuk Android One sebenarnya sudah dimulai sejak Oktober lalu oleh salah seorang kontributor bernama Varun Chitre namun versi tersebut tidak dapat menjalankan fitur dual sim radio atau data seluler.

Di versi resmi ini, masalah tersebut sudah diperbaiki dimana Cyanogen juga menyatukan ROM sehingga dapat bekerja di hampir semua perangkat Android One yang ada, misalnya Spice Dream Uno, Karbonn Sparkle V dan Micromax Canvas A1 yang notabene memiliki spesifikasi hardware serupa.

Sumber gambar header DroidForums.

Koreksi: Ada perbaikan untuk penjelasan tentang Android One.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter