1. Lifestyle

Dalam 24 Jam Sony PlayStation 4 Terjual Satu Juta Unit

Ada yang bilang, kesuksesan jangka panjang sebuah platform game bisa dilihat dari kesuksesan di hari pertama peluncurannya.

Setelah dilaporkan bahwa terdapat kerusakan sistem pada beberapa unit PlayStation 4, sebuah berita gembira diteriakkan lantang oleh sang presiden Sony. Kabarnya console baru mereka ini terjual satu juta unit dalam waktu 24 jam untuk di wilayah Amerika Serikat.

Berita ini didapatkan dari Tweet Shuhei Yoshida, ia berkata dengan gembira, "PS4 telah terjual satu juta unit hanya dalam 24 jam untuk di wilayah Amerika Utara!" Dalam peluncurannya, beberapa petinggi sang rival Microsoft bahkan juga selamat untuk Sony. Pada presentasi Gamescom 2013 lalu, Sony sempat membeberkan bahwa saat itu terhitung sudah lebih dari satu juta orang melakukan pre-order PlayStation 4.

Satu juta unit adalah angka yang sehat, dan jumlah ini bahkan belum termasuk angka penjualan di negara-negara Eropa dan Asia yang rencananya akan menyusul beberapa minggu lagi. Mereka berharap penjualan platform game baru ini bisa menyuntuh angka lima juta unit di bulan Maret 2014. Mampukah mereka melakukannya? Saya sendiri cukup optimis. Sudah tujuh tahun berselang semenjak PlayStation 3 diluncurkan, tentu saja fans Sony sudah tidak sabar untuk mengganti console lama mereka. Jumlah penggemar Sony di Asia sendiri bisa dibilang mampu mengalahkan mereka yang ada di Amerika Serikat dan Eropa.

Saya mendapatkan sebuah data perbandingan penjualan tiap console di bulan pertama. Tampaknya Sony berhasil mencetak sebuah rekor baru dengan angka penjualan ini, mengalahkan Nintendo Gameboy Advance.

Sony PlayStation 4 di Indonesia Saya mendapatkan sebuah update terbaru dari salah satu importir PS4 di Indonesia, GSShop.co.id. GSShop mengumumkan bahwa PlayStation 4 akan tersedia di stok mereka tanggal 22 November besok.

Di artikel Trenologi sebelumnya, IGN melaporkan bahwa Sony akan secara resmi merilis PS4 di negara-negara Asia lain (Indonesia, Filipina dan lain-lain) sebelum ia diluncurkan di Jepang tanggal 22 Februari 2014. Jadi kita bisa berasumsi bahwa yang GSShop lakukan adalah mengimpor beberapa ratus unit ke pasar lokal dari Amerika. Dengan membeli paket ini, Anda mendapatkan satu unit console, sebuah controller DualShock 4 dan game Killzone: Shadow Fall.

Kabar buruknya adalah mereka membanderol PS4 dengan harga yang sangat mahal - jauh lebih mahal dari perkiraan saya sebelumnya: Rp 9 juta. Dengan uang sebesar itu, Anda bisa merakit gaming PC dua kali lebih performa PS4. Di Indonesia, paradigma 'gaming platform ringkas dengan harga ekonomis' tampaknya bergeser menjadi sebuah barang mewah...

Saran saya, menunggu peluncuran resmi Sony di Asia (dan Indonesia, pada akhirnya) adalah langkah tepat jika Anda ingin membelinya dengan harga yang lebih 'masuk akal'.

Via IGN.

Koreksi: Perbaikan judul, seharusnya unit bukan kopi. Telah diperbaiki, terima kasih. 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again