1. DScovery

Digital Nomad: Bekerja Sambil Traveling Keliling Dunia

Selain WFA, istilah digital nomad juga bisa digunakan untuk kamu yang bekerja tapi dari mana aja bahkan sambil travelling!

Work from home (WFH)mungkin sudah tidak asing lagi di zaman sekarang, bahkan banyak orang yang memilih untuk bekerja remote karena bisa dilakukan di mana saja dan tidak perlu pergi ke kantor sejak jam 8 pagi. Selain, WFH ternyata ada yang disebut sebagai digital nomad, yang memiliki konsep seperti WFH tetapi bisa dikerjakan di mana saja.

Namun, digital nomad ini lebih ke arah work from anywhere (WFA) karena kamu bisa bekerja di mana saja tidak terikat bangunan kantor, seperti perpustakaan, cafe, hingga di tempat liburan.

Lalu gimana caranya bekerja dengan konsep digital nomad tanpa mengganggu produktivitas kerja? Cari tahu serba-serbi ringkasan digital nomad di bawah ini!

Apa itu digital nomad?

Digital nomad adalah orang-orang yang tidak bergantung pada lokasi dan memanfaatkan teknologi untuk melakukan pekerjaan sekaligus menjalani gaya hidup nomaden atau berpindah-pindah.

Secara umum, para penikmat nomad digital akan bekerja secara remote dengan konsep berpindah-pindah.

Tentunya untuk mendukung nomad digital ini kamu harus memiliki semua kebutuhan untuk bekerja yang mendukung seperti akses internet yang lancar, wifi, smartphone, hingga voice over internet protocol (VoIP).

Digital nomad ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki jam pekerjaan 4-5 hari dalam seminggu dan suka melakukan perjalanan.

Manfaat digital nomad

Bekerja di tempat yang berbeda seperti digital nomad ini memiliki banyak manfaat, loh! Manfaat digital nomad adalah:

Menjadi produktif

Karena konsep digital nomad adalah berpindah-pindah tepat hal ini bisa menjadi motivasi kamu untuk menyelesaikan pekerjaan sesegera mungkin. Sehingga produktivitas dan petualangan bisa menjadi motivasi utama dalam menjalani digital nomad.

Kamu akan memperoleh banyak ide

Bekerja di tempat yang berbeda setiap harinya akan membuat kamu memperoleh banyak ide kreatif karena kamu akan banyak menemukan berbagai referensi baik referensi pekerjaan sampai referensi kehidupan dari tempat yang kamu kunjungi.

Membantu kamu untuk mudah beradaptasi

Kamu sulit beradaptasi dengan hal yang baru? Digital nomad bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin keluar dari zona nyaman dan mengunjungi tempat-tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya, sehingga kamu bisa melakukan adaptasi secara cepat di tempat yang lain.

Memiliki banyak waktu untuk hal yang kamu sukai

Dengan menyelesaikan pekerjaan lebih cepat, kamu akan memiliki banyak waktu luang untuk mengeksplor sesuatu yang kamu sukai atau baru kamu temui.

Digital nomad Bali

Mungkin kamu masih bingung dengan konsep digital nomad ini, apakah hanya bisa dilakukan di sekitar tempat tinggal atau bisa keluar negeri? Jawabannya adalah kamu bisa melakukannya di mana saja.

Biasanya untuk para digital nomad Indonesia, Bali menjadi tempat yang paling sering ingin dituju. Mungkin kamu juga sudah tidak asing dengan orang-orang yang work from Bali.

Digital nomad Bali ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang menyukai daerah pesisir pantai dan tidak mau repot ke luar negeri.

Menjadi digital nomad Bali juga tidak akan menyusahkan pekerjaan, karena sekarang di daerah Seminyak, Ubud, Canggu, hingga Sanur sudah banyak cafe dan coworking space yang nyaman bahkan ada yang jam yam bukanya sampai 24 jam. Atau kamu mau menikmati digital nomad di villa-villa yang homey dan dekat pantai agar bisa sekalian healing? Bisa banget, karena ada banyak villa cantik dengan harga yang terjangkau juga.

Digital nomad visa

Bosen bekerja di Indonesia? Tentunya kamu bisa menjadi digital nomad visa yaitu para pengembara digital yang melakukan pekerjaan di luar negeri. Jadi, digital nomad visa adalah sebuah program yang diberikan kepada seseorang untuk bekerja dari jarak jauh saat orang tersebut tinggal jauh dari negara yang ia tempati secara permanen.

Beberapa negara pilihan yang bisa dipilih bagi kamu yang ingin mengikuti program digital nomad visa di antara lain:

  1. Jerman
  2. Kroasia
  3. Meksiko
  4. Norwegia
  5. Portugal
  6. Islandia
  7. Georgia
  8. Yunani
  9. Republik Ceko
  10. Italia

Negara-negara tersebut banyak dipilih oleh para digital nomad visa, tentunya setiap negara memiliki aturan dan kebijakan terkait digital nomad visa. 

Beberapa negara sudah bisa melakukan pendaftarannya secara online tetapi tidak jarang juga ada yang menghwajinkan untuk datang ke kedutaan setempat terlebih dahulu. Jadi, negara mana yang menjadi pilihan untuk kamu menjadi digital nomad visa?

Gaji nomad digital

Untuk gaji nomad digital akan disesuaikan dengan pekerjaan atau divisi yang kamu pilih nantinya. Untuk itu kamu harus memilih tempat untuk menjadi nomad digital yang sesuai dengan penghasilan kamu saat ini, agar keuangan juga tetap seimbang.

Perlu diingat juga untuk kamu yang ingin menjadi digital nomad visa untuk menyiapkan dana terlebih dahulu karena ada biaya akomodasi atau biaya visa yang harus dibayarkan. Kamu juga bisa bergabung ke komunitas digital nomad yang ada di media sosial atau digital nomal blog yang tersebar di internet untuk mendapatkan informasi dan tips and trick menjadi digital nomad lokal atau digital nomad visa.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again