Categories

Gadget

DJI Zenmuse X5 Adalah Kamera Mirrorless Khusus untuk Drone Inspire 1

Glenn Kaonang - 11 September 2015

Tidak perlu diragukan, DJI Inspire 1 adalah drone yang ditujukan buat kalangan videografer profesional berkat segala keunggulannya. Kendati demikian, sensor CMOS berukuran 1/2,3 inci milik kameranya tampaknya kurang bisa memenuhi permintaan para sineas film, terlebih jika digunakan dalam kondisi minim cahaya.

Melihat masalah semacam itu, DJI tidak mau tinggal diam. Dalam event InterDrone yang dihelat di Las Vegas, pabrikan asal Tiongkok tersebut memperkenalkan dua kamera kelas atas untuk menemani drone kelas atasnya tersebut. Bernama DJI Zenmuse X5 dan X5R, keduanya merupakan kamera Micro Four Thirds yang dirancang secara spesifik untuk keperluan videografi maupun fotografi dari udara.

Info menarik: DJI Hadirkan Mode Penerbangan Otomatis Ke Semua Lini Phantom 3 dan Inspire 1

Di dalam masing-masing kamera ini terdapat sensor Micro Four Thirds yang memiliki ukuran fisik 8 kali lipat lebih besar dari milik kamera bawaan Inspire 1, menjadikan performa low-light-nya jauh lebih sempurna. Resolusi foto still yang dihasilkan mencapai angka 16 megapixel, dan tentu saja tersedia opsi perekaman video dalam resolusi 4K 24 fps atau 30 fps.

Bukankah kamera bawaan Inspire 1 juga bisa merekam video 4K? Betul sekali, akan tetapi DJI mengklaim sensor milik Zenmuse X5 bisa merekamnya dalam format RAW. Ini berarti pengguna bisa memanipulasi hasil rekamannya lebih lanjut guna mendapatkan dynamic range yang begitu luas dengan mudah.

Perekaman video 4K dalam format RAW ini berpadu apik dengan fitur istimewa Zenmuse X5R. Model ini memang mengemas sensor yang sama dengan Zenmuse X5, akan tetapi ia turut dibekali modul SSD berkapasitas 512 GB yang bisa dilepas-pasang. Seperti yang kita tahu, ukuran video 4K sama sekali tidak kecil, jadi kapasitas penyimpanan memegang peranan penting di sini.

Info menarik: Simak Aksi Penerbangan Dua Drone Prototype Garapan Sony

Sebagai kamera Micro Four Thirds, kelebihan lain dari Zenmuse X5 dan X5R adalah soal kompatibilitas lensa. Keduanya pada dasarnya adalah kamera mirrorless, sehingga pengguna bisa menambatkan berbagai lensa Micro Four Thirds buatan Panasonic, Olympus, atau DJI sendiri. Pengguna juga bisa mengatur berbagai parameter exposure saat drone tengah mengudara, mulai dari shutter speed, aperture sampai tingkat ISO dan fokus manual.

DJI rencananya akan memasarkan drone Inspire 1 bersama Zenmuse X5 dan lensa DJI 15 mm f/1.7 seharga $4.499. Kamera DJI Zenmuse X5 sendiri bisa ditebus secara terpisah seharga $2.199, dan pengguna bebas memasangkan lensa Micro Four Thirds apapun yang mereka punya.

Khusus Zenmuse X5R, kamera ini akan dirilis di lain waktu di kuartal ke-4 tahun ini. Belum ada info soal harga satuannya, namun DJI berencana membundelnya bersama Inspire 1 seharga $7.999.

Sumber: TechCrunch dan PR Newswire.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter