1. Lifestyle

Domain Xiaomi.co.id Ternyata Dimiliki oleh Himax Mobile

Popularitas Xiaomi yang mulai merambah pasar Asia Tenggara (dan sebentar lagi Indonesia) nampaknya mendorong produsen ponsel lain untuk mendomplengnya. Meskipun biasanya untuk pembelian secara online Xiaomi tidak menggunakan domain lokal, tetapi kami baru menemukan bahwa domain Xiaomi.co.id akan mengarahkan pengakses ke situs Himax Mobile, salah satu produsen smartphone Android lokal.

Menurut penelusuran terhadap pemilik domain tersebut, kami memperoleh informasi bahwa pemilik domain Himax.co.id dan Xiaomi.co.id adalah orang yang sama yang mendaftar secara personal. Hal ini cukup menarik mengingat pendaftaran domain co.id seharusnya menyertakan SIUP/TDP/Akta Notaris/Surat Ijin yang setara untuk Kepemilikan Merk (bila ada). Dokumen apa yang digunakan oleh Himax Mobile untuk memperoleh domain Xiaomi.co.id? Apakah Himax Mobile memiliki trademark Xiaomi di Indonesia?

Himax Mobile sendiri merupakan vendor ponsel lokal yang menjual produknya secara online, persis seperti metode yang digunakan oleh Xiaomi. Produk Android-nya memiliki desain yang cukup menarik dengan spesifikasi yang bagus, yaitu prosesor MTK Octa-core dan RAM 1 GB. Seandainya Himax Mobile benar memiliki trademark Xiaomi di sini, maka bisa terjadi kisruh seperti halnya perebutan merk HTC beberapa tahun yang lalu yang sempat menunda operasional HTC di Indonesia.

Selain itu, kepemilikan domain Xiaomi.co.id oleh Himax Mobile, sedikit banyak bisa mendorong terjadinya kondisi misleading dan alih-alih mengakses situs Xiaomi, konsumen malah diarahkan ke situs kompetitor.

Patut dicatat bahwa Himax Mobile Indonesia seharusnya tidak terafiliasi dengan produsen elektronik Himax yang berasal dari Taiwan dan merupakan salah satu supplier untuk pembuatan Google Glass.

Xiaomi sendiri sudah serius memasuki pasar Indonesia, ditandai dengan datangnya VP Global Xiaomi Hugo Barra dalam ajang Indonesia Cellular Show 2014 lalu. Hugo mengkonfirmasi bahwa Xiaomi akan hadir di tanah air sekitar bulan Agustus dan bakal mengusung 3 produk unggulannya, Redmi 1S, Mi3, dan Redmi Note. Xiaomi juga bakal bekerja sama dengan berbagai distributor tradisional untuk penjualannya.

Di negara asalnya Tiongkok, smartphone buatan Xiaomi sudah mulai menggusur hegemoni Samsung dan Apple sebagai produsen smartphone unggulan. Melihat hasil ekspansinya di Singapura dan Malaysia, di mana semua produk yang ditawarkan secara online selalu terjual habis dalam hitungan menit, semua vendor sepatutnya mulai memperhitungkan Xiaomi sebagai kompetitor yang kuat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again