Categories

Berita

Dompetku Indosat dan HomeSend Mudahkan Pengiriman Uang Secara Global Melalui Mobile Money

Amir Karimuddin - 14 August 2014

Indosat berusaha mendorong produk mobile money-nya Dompetku untuk lebih sukses secara global dengan menjalin kerja sama dengan HomeSend untuk layanan pengiriman uang (remittance). HomeSend adalah joint venture internasional yang melayani pengiriman dana langsung secara mobile yang didukung oleh MasterCard, eServGlobal, dan BICS.

Melalui kerja sama ini setiap pengguna layanan HomeSend akan dapat mengirimkan dana ke pengguna Dompetku khususnya, dan pengguna Indosat umumnya yang mencapai sekitar 60 juta orang, dari manapun di seluruh dunia. Salah satu yang dibidik oleh kerja sama ini adalah pengiriman dana kembali ke Indonesia oleh pekerja Indonesia yang di luar negeri. International Fund of Agricultural Development (IFAD) memperkirakan ada sekitar 6,5 juta orang Indonesia yang bakal mengirimkan dananya ke tanah air sepanjang tahun 2014, dengan nilai yang diperkirakan oleh Bank Dunia mencapai $7,5 miliar (mencapai hampir Rp 88 triliun).

HomeSend sendiri melayani pengiriman dana ke dan dari akun mobile money, kartu pembayaran, rekening bank, ataupun outlet tunai di manapun di seluruh dunia.

CEO HomeSend Stephen Doyle dalam rilisnya mengatakan, “Kemampuan untuk mengirim dana secara cepat dan menerima secara nyaman merupakan hal yang sangat penting dalam kesuksesan program remiten. Kami sangat bangga bahwa kerja sama kami dengan Indosat akan memudahkan konsumen di seluruh Indonesia untuk mengakses layanan pembayaran remiten yang didukung oleh jaringan terluas (mobile money) negara ini.”

Sementara itu CEO Indosat Alexander Rusli menambahkan, “Menyediakan dukungan finansial bagi keluarga dan kerabat adalah suatu tanggung jawab. Pekerja seharusnya tidak perlu khawatir apakah dana tersebut bisa mencapai tujuannya. Dengan menggunakan jaringan Dompetku dan kehandalan HomeSend, pengguna Indosat bisa yakin bahwa pendapatan yang susah payah diperolehnya bakal diterima dengan cepat dan mudah.”

Adopsi penggunaan Dompetku sebagai “dompet mobile” saat ini memang cukup lambat ketimbang pesaingnya, seperti Telkomsel T-Cash dan XL Tunai, dan mereka membutuhkan suatu lompatan untuk mengejar ketertinggalannya.

Selain inovasi yang dilakukan dengan layanan global, Indosat memiliki sejumlah rencana menarik untuk Dompetku, misalnya penerbitan kartu Dompetku layaknya kartu debit yang bekerja sama dengan ATM Bersama dan bisa digunakan untuk tarik tunai di semua ATM. Dompetku adalah peraih penghargaan GTB Innovation Awards di kategori layanan inovasi konsumen.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter