26 March 2015

by Oki Rosgani

Dua Smartphone Huawei Ini Siap Sambangi India

Huawei siap menghadirkan dua buah produk smartphoneAndroid mereka ke India, kedua produk tersebut adalah Huawei Honor 4X dan Huawei Honor 6 Plus.

Kedua smartphone ini sebenarnya bukanlah produk baru, karena baik Honor 4X maupun Honor 6 Plus keduanya telah dirilis di pasar Tiongkok pada tahun lalu. Pasar India cukup besar untuk smartphone, agaknya ini menjadi salah satu alasan bagi Huawei untuk merilis produknya ini ke India dan siap dijual bulan April.

Huawei Honor 4X | Foto: Huawei

Huawei Honor 4X adalah salah satu produk smartphone kelas menengah yang memiliki layar IPS LCD berukuran 5,5 inci, layar ini juga mampu untuk menampilkan tayangan HD dengan resolusi 720p.

Dijejali dengan kamera 13 megapiksel yang memiliki kemampuan untuk merekam gambar berkualitas HD 1080p, keberadaan lampu kilat LED yang dibenamkan bagian belakang perangkat memungkinkan bagi penggunanya untuk menangkap gambar dalam kondisi rendah cahaya.

Info Menarik: Di Video Bocoran Ini Oppo R7 Menampakkan Diri dengan Bezel Nyaris Tak Terlihat

 

Huawei Honor 4X diotaki dengan prosesor empat-inti 64-bit Snapdragon 410 besutan Qualcomm yang dapat berlari pada kecepatan 1.2 Ghz, smartphone ini juga didukung dengan RAM 2GB serta media penyimpanan internal 8GB dan tambahan slot memory yang dapat dijejali dengan kartu microSD berkapasitas sampai 32GB.

Huawei Honor 6 Plus | Foto: Huawei

Sedangkan Huawei Honor 6 Plus merupakan perangkat yang masuk dalam smartphone kelas atas, kendati ia menyematkan angka '6 Plus' pada namanya, namun smartphone ini hanya mengusung layar IPS LCD berukuran 5.5 inci, sama seperti ukuran layar pada Honor 4X.

Namun untuk prosesornya, smartphone Honor 6 Plus telah dijejali dengan prosesor delapan-inti HiSilicon Kirin 925 yang jauh lebih gahar, prosesor yang dikembangkan di 'rumah' Huawei sendiri ini merupakan gabungan dari chipset ARM A15 quad-core 1,8GHz dan chipset ARM A7 quad-core 1.3Ghz. Prosesor ini mengusung teknologi big.LITTLE dengan arsitektur SoC (system-on-chip) 64-bit melalui proses 28nm HPM serta memiliki dukungan koneksi ke jaringan LTE Cat.6.

Kapasitas RAM yang disematkan pada Honor 6 Plus juga lebih besar yakni 3GB dengan ruang penyimpanan internal 16GB. Satu hal unik atas perangkat ini, Huawei Honor 6 Plus memiliki dua buah kamera 8 megapiksel (paralel) di bagian belakang ponsel.

Dua kamera ini dilengkapi dua lampu kilat LED yang diklaim mampu menghasilkan gambar berkualitas Full HD dengan ketajaman gambar yang sempurna karena memiliki fitur autofokus yang sangat baik.

Sedangkan kamera 8 megapiksel lainnya juga telah disematkan di bagian depan, yang tentu lebih dari cukup untuk digunakan mengambil foto selfie atau digunakan melakukan video calling.

Info Menarik: Inilah Bocoran Spesifikasi dari Xiaomi Ferrari

Sama seperti produk-produk smartphone Android yang digelontorkan oleh Huawei, kedua model smartphone di atas juga telah dijejali dengan antarmuka Emotion UI, yakni v3.0 berbasis Android 4.4.2, sayangnya tidak ada konfirmasi apakah kedua smartphone tersebut akan mendapatkan update ke Android 5.0 Lollipop atau tidak.

Di pasar India rencananya smartphone Huawei Honor 4x ini akan dibanderol dengan harga Rs 10,499 atau setara dengan harga US$170, sedangkan smartphone Huawei Honor 6 Plus akan dijual dengan banderol harga Rs 26,499 atau setara dengan US$425 per unitnya. Situs resmi Huawei India akan segera memasarkan kedua smartphone ini melalui metode flash sale dengan jumlah unit terbatas.

Huawei sendiri belakangan aktif dalam merilis perangkat, misalnya pada ajang Mobile World Congress 2015 lalu, perusahaan ini bahkan sempat membuat kejutan dengan menghadirkan perangkat pintar teranyar mereka, Huawei Watch. Ini merupakan perangkat jam tangan pintar pertama yang mereka rilis dengan platformAndroid Wear, produk lain adalah Huawei 4.5G Smartband, sebuah gelang pintar pertama yang mengusung teknologi LTE-M.

Sumber: Softpedia, Huawei India, WikiPedia | Gambar Header: Huawei.