25 March 2015

by Bambang Winarso

Di Video Bocoran Ini Oppo R7 Menampakkan Diri dengan Bezel Nyaris Tak Terlihat

Kala Oppo memperkenalkan R5, banyak orang terpesona dengan tampilannya yang seksi dengan body ramping dan desain cantik. Berselang hanya 6 bulan dari debut perdananya, Oppo berpotensi besar kembali membuat kejutan lewat Oppo R7 yang konon menurut rumor mempunyai body yang lebih ramping.

Kabar soal kemunculan Oppo R7 sudah merebak sejak pertengahan Maret lalu. Sejumlah pihak bahkan mengatakan perangkat sudah digodok oleh Ditjen Postel Indonesia dengan nama Oppo R7f.

Keberadaan perangkat makin menunjukkan titik terang dengan kemunculan sebuah video yang dikatakan sebagai Oppo R7. Dalam video ini tampak jelas desain unik yang diusung oleh varian penerus Oppo R5 tersebut.

Info Menarik:Smartstones Touch Memungkinkan Kita Bicara Lewat Sentuhan

Walau sulit untuk mengetahui seberapa tipis body perangkat, namun terlihat jelas Oppo R7 mempunyai ukuran bezel yang sangat tipis, bahkan nyaris tidak ada.

Pada dasarnya Oppo R7 mendapatkan perlakukan ekstrim dengan tarikan di bagian layar hingga ke sisi paling tepi frame. Dilihat dari luar perangkat memang tampak menarik, bezel yang minimum membuat layar terlihat lebih lebar.

Tetapi yang membuat saya penasaran, apakah ukuran bezel yang tipis tersebut tidak mempengaruhi tingkat kenyamanan penggunaan, sebab sisi itu menjadi titik persinggungan antara perangkat dan jari. Akan cukup sulit mengoperasikan perangkat dengan satu tangan tanpa menyentuh tepi layar dan membuat perubahan yang tidak diinginkan karenanya. Terutama bagi pengguna yang mempunyai rentang jari lebih pendek.

Info Menarik:Cyanogen Kantongi Investasi Sebesar $80 Juta, Smartfren Jadi Salah Satu Investornya

Namun dari video yang dipublikasikan (walau keasliannya belum dapat dipastikan), tampak si pengguna sudah sangat mahir mengoperasikan perangkat dengan satu jari. Jadi, jika pun sulit sepertinya kita bisa berlatih dan membiasakan diri.

Sayang tak banyak informasi hardware yang disertakan dalam bocoran tersebut. Praktis kita masih mengandalkan kabar burung sebelumnya yang berkicau soal prosesor octa-core MT6795 berbasiskan 64-bit buatan MediaTek, kamera 20,7MP dan layar beresolusi visual 2K atau 2560 x 1600 piksel.

Perangkat juga diyakini membawa perbaikan berupa tambahan audio jack 3,5mm yang tidak dimiliki oleh Oppo R5. Pertanyaanya, jika audio jack 3,5mm tersedia maka mustahil Oppo R7 bisa memiliki body lebih ramping atau bahkan seramping Oppo R5. Kecuali Oppo punya solusi ekstra cerdas untuk mengatasi persoalan tersebut.

Sumber berita GSMArena.